Selain Monstera, 6 Tanaman Ini Juga Memiliki Bentuk Unik dan Nggak Biasa

Tanaman berbentuk unik

Sejak beberapa bulan belakangan, tanaman khususnya tanaman hias meraih popularitasnya dari masyarakat Indonesia. Tren ini dipercaya berkembang karena kondisi pandemi Covid-19 memaksa orang-orang mencari kesibukan, biar nggak bosan meski harus di rumah saja.

Advertisement

Usut punya usut, tren yang membuat beberapa jenis tanaman hias jadi berharga sangat mahal, dimulai dengan populernya tanaman berdaun aneh bernama monstera. Kendati aneh, tanaman yang berasal dari hutan tropis ini punya pesona sendiri dan menarik banyak orang untuk memilikinya. Nah, kalau kamu juga tertarik dengan tanaman berbentuk aneh tapi ingin yang anti-mainstream, Hipwee sudah rangkum 6 di antaranya. Yuk simak.

1. Tanaman Anggrek ini punya bentuk menyerupai lebah betina yang sering bikin lebah jantan tertipu

Anggrek lebah (dok. IG/petevoditel) via www.instagram.com

Sesuai dengan nama generiknya, anggrek lebah memiliki bentuk bunga yang sekilas seperti lebah sedang tersenyum. Nggak hanya itu, bunga dengan nama ilmiah ophrys apifera ini juga memiliki bau mirip lebah betina. Bahkan saking miripnya, lebah jantan sering hinggap karena tertipu dan kemudian menyerbuki sang bunga. Lucu ya. Nah, bunga yang umum dijumpai di Asia dan Afrika ini juga bisa kamu miliki di rumah lo. Bibitnya banyak yang jual di e-commerce.

2. Seperti kamu yang suka bergincu, tanaman ini punya selubung kuncup mirip bibir yang merona

Bunga Bibir (dok. IG/cpgwinters) via www.instagram.com

Sulit untuk nggak tertarik dengan bunga bibir bernama ilmiah psychortia elata ini karena bentuknya sangat unik. Di beberapa negara, tanaman ini punya nama generik ‘bunga bibir’ dan ‘lips like Jagger‘ merujuk pada nama vokalis band Rolling Stones. Uniknya lagi, “bibir” merah merona pada tanaman ini sebenarnya bukan kelopak bunga utama, melainkan selubung yang melindungi kuncup bunga sebelum mekar. Sayangnya, tanaman yang sering ditemui di hutan Amerika Selatan dan Tengah ini sedang terancam oleh penggundulan hutan yang mengakibatkan menurunnya spesies hewan penyerbuk.

Advertisement

3. Tanaman lithops atau living stones ini punya bentuk unik karena menyerupai batu

Lithops (dok. IG/sukulen_id) via www.instagram.com

Di antara sekian banyak tanaman hias, sukulen atau tumbuhan yang mampu menyimpan air pada setiap bagiannya, merupakan tanaman dengan beragam jenis berbentuk unik. Salah satunya lithops yang memiliki bentuk seperti batu (atau bahkan alat peraga otak pada pelajaran biologi?). Tanaman asli Afrika Selatan ini nggak akan tumbuh besar, tapi punya bunga indah yang akan muncul di tengah celah tanaman. Untuk merawat tanaman sukulen ini cukup sederhana kok. Sama seperti kaktus, ia mampu hidup dalam kondisi kering. Kamu hanya perlu menyiraminya ketika media tanam benar-benar kering.

4. Tanaman Haworthia Cooperi punya daun seperti gelembung berisi cairan

Haworthia Cooperi (dok. IG/succulentsssss) via www.instagram.com

Masih dari keluarga sukulen, haworthia cooperi ini merupakan tanaman endemik Afrika yang punya daun unik berbentuk gelembung-gelembung berisi cairan. Tanaman ini biasanya dijual dalam pot-pot kecil sehingga cocok jadi dekorasi di meja. Pesona alami dari kombinasi warna daun dan cairan di dalamnya dijamin bikin betah memandanginya lama-lama. Ingat ya, tanaman sukulen nggak suka terlalu banyak air. Jadi siram secukupnya saja ketika media tanam telah benar-benar kering, dan tempatkan di area dengan sinar matahari nggak langsung.

5. Kaktus buat para pecinta Mickey Mouse karena daunnya mirip kepala salah satu ikon Disney lengkap dengan sepasang telinga

Opuntia Microdasys (dok. IG/vivero_raishell) via www.instagram.com

Kali ini dari keluarga kaktus. Tanaman ini punya nama ilmiah opuntia microdasys, tapi sering disebut kaktus Mickey Mouse dan rabbit ears karena daunnya menyerupai kepala kelinci lengkap dengan sepasang telinga. Tanaman asli Meksiko ini termasuk lambat dalam pertumbuhannya, sehingga cocok untuk pemanis meja karena lucunya awet. Meski begitu, penjual tanaman hias biasanya punya berbagai ukuran untuk kaktus ini. Tinggal pilih sesuai keinginan.

Advertisement

6. Kaktus mistletoe punya bentuk unik dengan bentuk daun menyerupai ranting-ranting berwarna hijau

Mistletoe Cactus (dok. IG/mcr_jungle) via www.instagram.com

Nggak seperti kaktus pada umumnya, kaktus mistletoe ini memiliki bentuk daun yang menyerupai ranting-ranting berwarna hijau. Tanaman unik yang umum ditemui di Amerika dan daerah tropis ini bisa kamu tempatkan dalam pot gantung untuk mendapatkan pertumbuhan daun yang rimbun menjuntai, atau dalam pot kecil untuk diletakkan di meja atau ambang jendela.

Nah, itu dia 6 tanaman berbentuk unik yang bisa jadi pilihan. Khusus untuk kaktus dan sukulen, kamu bisa menempatkan mereka di dalam atau luar ruangan lo asal pencahayaannya cukup. Ada yang sudah kamu miliki?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE