Siapa nih yang suka minum jus buah kemasan?

Memang kalau cuaca lagi panas, minum jus buah kemasan yang dingin itu pasti seger banget. Tinggal buka botolnya atau tusuk kemasannya pakai sedotan dan minuman jus buah siap dinikmati. Rasanya pun ada macam-macam. Ada buah jeruk, apel, mangga, jambu, dan sebagainya. Bahkan karena embel-embel merek dagangnya disertai kata-kata “jus” atau “juice”, nggak jarang orang tua membelikan jus kemasan ini untuk anak-anaknya karena dianggap sehat.

Advertisement

Iklannya pun dibuat seolah minuman tersebut terbuat dari sari buah asli. Sama seperti kontroversi susu kental manis baru-baru ini, minuman kemasan yang kebanyakan kita kenal sebagai jus buah itu komposisinya bukan 100% sari buah asli. ‘Jus’ atau minuman buah kemasan pun, tidak bisa dipukul rata atau sama semua. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ternyata punya penggolongan sendiri terhadap minuman-minuman buah yang dituangkan dalam Peraturan Kepala BPOM RI Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan. Mau tahu apa saja jenis-jenis minuman buah menurut BPOM? Biar tahu pasti apa yang biasanya kamu beli, yuk simak langsung uraian dari Hipwee News & Feature…

1. Ini dia yang disebut dengan minuman sari buah. Minuman ini merupakan hasil pencampuran sari buah dengan salah satu bagian buah.

Minuman sari buah yang tidak 100% berisi sari buah via www.hipwee.com

Coba deh mulai cermati minuman buah kemasan yang sering dibeli. Jika dikemasan mencantumkan bahwa minuman itu adalah minuman sari buah, artinya kandungan sari buah dalam minuman tersebut harus lebih dari 35%. Nah, sari buah tersebut dicampurkan dengan air dan gula.

2. Sedangkan minuman buah adalah minuman yang terdiri atas satu atau lebih jenis buah. Nah, kandungan sari buahnya antara 10 sampai 35%

Minuman buah memiliki kandungan sari buah lebih sedikit dibandingnya dengan minuman sari buah via www.hipwee.com

Selain minuman sari buah, ada juga yang digolongkan dengan minuman buah. Jika di kemasan tercantum sebagai minuman buah, maka minuman tersebut mengandung 10-35% sari buah. Seperti halnya minuman sari buah, campuran utama minuman buah ini adalah air dan gula.

3. Minuman yang paling sedikit kandungan sari buahnya adalah minuman rasa buah. Bahkan, kandungan buahnya tidak sampai 10%

Kalau sari buahnya cuma sedikit, sisanya apa ya? via www.hipwee.com

Advertisement

Ini nih minuman yang paling sedikit kandungan sari buahnya yaitu minuman rasa buah. Karena kandungan sari buahnya yang sangat sedikit, nggak heran kalau harganya juga cenderung murah. Untuk memperkuat rasa buahnya, biasanya dicampur dengan perasa buah. Selain itu, sisanya ya hanya air dan pemanis saja. Yang membuat minuman ini kurang sehat adalah banyaknya pemanis yang ditambahkan. Terkadang, pemanisnya bukan gula asli lho.

Penting lho untuk mengenali komposisi dan nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Ada kok labelnya di belakang kemasannya. Jangan salah kaprah lagi deh dengan istilah pada kemasan.

Biasakan cek komposisi dan juga nutrisi pada kemasan via www.hipwee.com

Setelah heboh susu kental manis yang ternyata bukan susu karena kandungan susunya sangat kecil dibandingkan dengan kandungan gulanya. Dan sekarang, yang dianggap jus buah, eh ternyata isinya nggak semuanya sari buah aja lho. Coklat pun juga kebanyakan gula dibandingkan lemak coklatnya.

Mulai sekarang, yuk belajar membiasakan diri buat baca label nutrisi dan juga label kemasan pada makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. Belajar juga untuk membedakan istilah-istilah pada makanan dan minuman biar bisa mengenali mana yang baik bagi kesehatan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya