Tiga tahun berlalu setelah peristiwa hilangnya pesawat penumpang Malaysia MH370, akhirnya pencarian resmi dihentikan. Seperti yang dikutip dari CNN, Biro Keamanan Transportasi Australia menyatakan bahwa sejauh ini pencarian sejauh 120.000 kilometer persegi dari titik terakhir pesawat terlacak sudah diupayakan tapi tetap belum menemukan bukti yang relevan. Para pakar penerbangan Australia menyarankan untuk memperluas zona pencarian ke arah utara, namun pihak otoritas Australia dan Malaysia menolak karena tidak ada bukti yang mengindikasikan kemungkinan tersebut.

Sejauh ini, ada tiga penemuan puing pesawat yang diduga merupakan bagian dari MH370 di pantai-pantai Afrika seperti Reunion Island,  Mauritus, dan Tanzania. Membawa 239 penumpang, pesawat Boeing 777 yang terbang dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing itu menghilang pada tanggal 8 Maret 2014 lalu. Peristiwa ini masih menjadi misteri besar dalam dunia penerbangan. Tapi ternyata, peristiwa pesawat menghilang tanpa jejak tidak dialami oleh MH370 saja. Sepanjang sejarah, ada beberapa pesawat yang mengalami hal serupa.

1. Penerbang perempuan pertama, Amelia Earhart menghilang bersama pesawatnya di tahun 1937. Misteri penerbangan terbesar dalam sejarah ini mungkin akan terjawab dengan penemuan tahun kemarin

Amelia Earhart dan pesawatnya via www.ibtimes.com

Niatnya dengan penerbangan itu Amelia Earhart akan menjadi pilot perempuan pertama yang keliling dunia sendiri. 46,671 kilometer perjalanan yang dijadwalkan hampir terpenuhi, namun Earhart bersama penunjuk arah sekaligus pesawatnya hilang pada rute final dari Papua Nugini menuju Pulau Howland. Langit mendung dan sebentar-sebentar hujan membuat Earhart kesulitan mengikuti panduan navigasi. “Kami terbang tak tentu arah”, adalah pesan terakhir yang dikirimkan oleh Earhart, dan pesawat pun tak pernah tiba di tujuan.

Banyak spekulasi yang muncul, mulai dari kecelakaan pesawat hingga ditawan tentara Jepang. Tahun 2016 kemarin ada penemuan besar terkait misteri ini. Setelah uji modern ulang, tulang belulang yang ditemukan di Kiribati pada tahun 1940 ternyata sekarang diduga kuat sebagai Earhart. Jika benar, maka Earhart tidak meninggal dalam kecelakaan pesawat tapi sebagai castaway atau orang terdampar.

2. Tahun 1947, Pesawat penumpang The Star Dust lenyap beberapa menit sebelum mendarat meninggalkan kode morse yang hingga kini belum terpecahkan

Advertisement

Pesawat Lancastarian via www.wikiwand.com

Agustus 1947, pesawat Star Dust yang dimiliki oleh perusahaan Inggris Lancastarian, dijadwalkan terbang dari Argentina menuju bandara Santiago di Chile. Beberapa menit sebelum pendaratan, pesawat hilang dan hanya meninggalkan kode morse yang berbunyi “STENDEC” yang ditransmisikan tiga kali. Sejak itu The Star Dust menjadi misteri. Baru 53 tahun setelahnya ditemukan puing-puing pesawat di sekitar 50 kilometer dari lokasi hilangnya pesawat dalam timbunan gunung es. Reruntuhan ini dipastikan merupakan bagian dari Star Dust. Namun hingga kini, tak ada yang tahu apa maksud kata “STENDEC”. Karenanya banyak yang menganggap kode itu typo.

3. Flight 19, lima pesawat militer Amerika hilang saat latihan pengeboman. Peristiwa itu membuat dunia penerbangan mengenal fenomena Segitiga Bermuda

Torpedo bomber via www.pinterest.com

Awal Desember 1945, lima pesawat peledak Avenger Torpedo berangkat dari markasnya di Florida untuk latihan rutin di sekitar kepulauan Bermuda. Kelima pesawat hilang kontak dengan stasiun di darat, sementara pihak di darat ternyata masih bisa mengikuti komunikasi kelima pesawat. Dari pembicaraan itu diketahui bahwa kelima pesawat kehilangan arah karena kompasnya bermasalah. Pada akhirnya disimpulkan bahwa kelima pesawat mendarat di atas air. Ironisnya, salah satu flying boat yang dikirim untuk memberi bantuan juga lenyap di area yang sama. Hingga kini tidak diketahui apa yang terjadi dan di mana keenam pesawat tersebut. Namun dari situ, mulai dikenal fenomena Segitiga Bermuda yang menelan banyak pesawat.

4. Northwest Orient Flight 2501 menghilang saat terbang di atas Danau Michigan. 58 penumpang ataupun bangkai pesawatnya tak pernah ditemukan

Northwest Orient Flight 2501 via archive.jsonline.com

Pesawat Northwest Orient Airlines Flight 2501 yang terbang dari New York ke Seattle melewati Minneapolis membawa 55 penumpang dan 3 kru diperkirakan berada di dasar danau Michigan. Namun hingga saat ini, rongsokan pesawat itu tidak pernah ditemukan. Komunikasi terakhir tercatat kru pesawat minta izin untuk turun dari level 3500 kaki ke 2500 kaki tanpa alasan yang jelas. Permintaan ini ditolak karena ada penerbangan lain di level itu. Pesawat yang dijadwalkan tiba pukul 23.37 itu tidak pernah datang dan tidak ada kabar apapun. Bertahun-tahun kemudian, beberapa makam masal tanpa nama diklaim sebagai makam korban Northwest Orient. Tapi di mana pesawat itu? Sampai sekarang belum bisa terjawab.

5. Maret 1962, pesawat Flying Tiger Flight 739 mengangkut 93 penasihat militer Amerika Serikat ke Vietnam. Nyatanya, mereka tidak pernah sampai sana

Flying tiger line via www.wikiwand.com

Penerbangan Flying Tiger Flight 739 yang membawa 93 penasihat militer Amerika ke Filipina untuk persiapan perang Vietnam. Penerbangan dilakukan pada bulan Maret dari Guam ke Filipina. Sayangnya pesawat ini tak pernah sampai tempat tujuan. Seorang kru kapal minyak Liberia mengaku sempat melihat ledakan di udara yang kemudian dispekulasikan sebagai ledakan pesawat ini. Yang lebih aneh, pemerintah Amerika baik angkatan militer, Pentagon, State Department, hingga CIA, tidak mengakui keterlibatan dalam misi tersebut. Sementara nama orang-orang yang hilang tidak tercatat di Vietnam Veterans Memoriam. Seakan-akan ada pihak terkait yang ingin kasus ini hilang bak asap, tak berbekas.

6. Puing-puing pesawat Egypt Air Flight 990 memang sudah ditemukan. Namun apakah kecelakaan atau bunuh diri pilot masih menyisakan misteri

Puing-puing pesawat via www.keyword-suggestions.com

Egypt Air Flight 990 lepas landas dari bandara John F. Kennedy di New York menuju Kairo dengan membawa 217, dipimpin oleh pilot senior Ahmad Al-Habashi dan kopilot Gameel Al-Batouti. Pesawat terbang dengan normal selama 30 menit sebelum terjatuh di Samudera Atlantik dan menewaskan seluruh penumpang dan kru. Dari kotak hitam yang ditemukan, terbukti bahwa kopilot mematikan tombol autopilot saat pilot utama ke toilet, dan membuat pesawat terjun bebas. Lebih lanjut, meski dibantah oleh pihak Egypt Air, aksi ini dinilai sebagai bunuh diri dan pembalasan dendam kopilot kepada petinggi perusahaan yang berada di pesawat yang sama, karena diturunkan pangkatnya karena serangkaian tuduhan pelecehan seksual.

7. Sebuah pesawat Boeing 727 – 233 yang ‘dicuri’ dari bandara Luanda di Angola juga tidak pernah ditemukan lagi hingga saat ini

Pesawat N844AA sebelum dicuri via www.suggest-keywords.com

Tanggal 25 Mei 2003, pesawat Boeing 727 – 233 yang terdaftar sebagai N844AA take off begitu saja dari bandara Luanda, Angola, tanpa komunikasi apapun dengan pihak bandara ataupun petugas menara. Pesawat terbang ke arah barat melewati Samudera Atlantik dengan lampu padam dan peralatan transmisi yang tidak difungsikan. Diduga dalam pesawat ini ada seorang private pilot, Ben Charles Padilla  dan asistennya John Mikel Mutantu yang keduanya sebenarnya tak punya lisensi untuk menerbangkan pesawat Boeing. Pencariannya yang bahkan melibatkan FBI dan CIA ternyata tidak membuahkan hasil. Pesawat N844AA seolah lenyap ditelan waktu.

8. Sebelum menabrak bukit, pesawat Helio Airways Flight 522 terbang tanpa pengendara dengan kondisi penumpang membeku semua

Helios Airways Flight via www.wikiwand.com

Pesawat Helio Airways 522 dijadwalkan untuk menempuh rute pendek dari Siprus ke Yunani saat hilang kontak tiba-tiba. Belasan sinyal radio dikirimkan untuk meminta kejelasan, namun tidak ada jawaban dari awak kapal. Dua pesawat F-16s yang mengejar Helio Airways untuk mencari tahu, menemukan bahwa kursi pilot dalam keadaan kosong. Sementara kopilot tidak sadarkan diri, seluruh penumpang ternyata membeku di kursi masing-masing. Pesawat terus melaju dalam kondisi autopilot sebelum menabrak bukit. Keanehan kondisi ini berkembang ke arah mistis dan membuat pesawat ini dijuluki pesawat hantu.

Kasus MH370 menambah daftar panjang misteri di dunia udara. Pesan terakhir ‘all right, good night’ yang diucapkan sang kopilot dengan tenang sebelum pesawat raib sungguh mengherankan. Seperti yang sebelum-sebelumnya, banyak juga spekulasi yang bermunculan. Mulai dari aksi bunuh diri kopilot atau pilot, konspirasi, hingga pembajakan pesawat. Tapi semoga MH370 tidak menjadi seperti pesawat The Star Dust, yang baru ditemukan lebih dari 50 tahun kemudian. Yuk, kita doakan bersama semoga keluarga korban-korban yang hilang bisa mendapat kejelasan dan ketenangan batin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya