Nggak Melulu Online, Blibli.com Buka Toko Offline BlibliMart dengan Konsep Cashless & Cashierless 

BlibliMart

Belanja online bukan lagi kegiatan asing. Dari mulai kebutuhan dapur hingga kamar tidur udah bisa dibeli via online. Kamu nggak perlu lagi repot dan ngabisin banyak waktu hanya buat beli beberapa barang. Tinggal buka gawai, transfer sejumlah uang, dan tunggu barang dikirim.

Advertisement

Tapi meski beragam kemudahan ditawarkan platform belanja online, ada saja yang masih nyaman belanja langsung di tempat. Ada kesan tersendiri ketika barang yang dicari di toko ketemu, beberapa saat meneliti baru lantas membelinya. Hal itu nyaris nggak ada dalam pengalaman belanja online.

Blibli.com berambisi menangkan pasar groceries

SVP of Trade Partnership Blibli.com, Fransisca Krisantia Nugraha di acara peresmian BlibliMart, Sarana Jaya Building Fl.1, Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020). (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Nah, untuk tetap memenuhi perbedaan gaya pelanggan dalam belanja, Blibli.com melalui kategori BlibliMart membuka toko offline pertama mereka. Beroperasi untuk umum mulai 28 Januari 2020, SVP of Trade Partnership Blibli.com, Fransisca Krisantia Nugraha, mengatakan selain mempertegas posisinya sebagai online superstore, pembukaan toko offline ini juga karena Blibli.com melihat potensi pasar industri ritel groceries cukup besar di Indonesia.

“Proyek ini diwujudkan karena potensi pasarnya sudah pasti. Bahkan untuk pasar Indonesia potensinya sampai USD2000B. Kita melihat potensi ini dan kita mau main di dalamnya,” ucap Fransisca di acara peresmian BlibliMart, Sarana Jaya Building Fl.1, Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Usung konsep ‘Scan & Go’ untuk kamu yang males ngantri

BlibliMart, Sarana Jaya Building Fl.1, Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Berbeda dengan ritel groceries lainnya, BlibliMart mengandalkan data dari pelanggan online mereka dalam menghadirkan barang-barang untuk dijual. Dalam penerapannya, mereka merekam data online untuk diselaraskan dengan kebutuhan offline. Seperti contoh dalam pilot project ini, Fransisca mengatakan rak mainan dihadirkan karena data menunjukkan pelanggan Blibli.com butuh itu.

Advertisement

“Data kita gunakan untuk penempatan toko. Selain itu, pemilihan barang-barang yang akan dijual juga berdasarkan data. Kayak ini kita tempatkan rak khusus mainan, yang mana harga mainannya sama kayak di toko mainan mal. Hal ini karena (menurut data kita) pasarnya memang ada, khususnya dari internal employee kita,” jelas Fransisca.

BlibliMart, Sarana Jaya Building Fl.1, Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Secara umum BlibliMart tampak seperti ritel groceries kebanyakan. Namun yang menarik, ia bersifat cashless dan cashierless dengan dukungan teknologi ‘Scan & Go’. Di sana kamu cukup menggunakan aplikasi Blibli.com untuk memindai barcode harga di kemasan produk, lalu melakukan pembayaran via Go-Pay atau Blibli-Pay. Di BlibliMart kamu nggak perlu ketemu kasir. Tapi kalau butuh informasi, ada shopkeeper yang akan membantu.

Toko offline BlibliMart adalah bagian dari strategi BlibliMart 2020

Peresmian BlibliMart, Sarana Jaya Building Fl.1, Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020). (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Untuk strategi selama 2020, BlibliMart akan memperkuat manajemen rantai pasokan atau supply chain dengan mempererat hubungan dengan perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Selain itu akan ada fitur inovatif seperti scheduled delivery agar pelanggan bisa memilih waktu penerimaan barang belanjaan, dan fitur berlangganan produk yang bisa diatur periodik untuk barang yang rutin kamu butuhkan.

Advertisement

Satu lagi usaha BlibliMart memperluas kehadiran omnichannel adalah dengan mengusung konsep Click & Collect. Melalui fitur ini, para pelanggan dimungkinkan untuk merasakan kemudahan belanja online di situs dan aplikasi Blibli.com (click) dan langsung mengambil pesanan di jaringan toko offline (collect).

Fransisca menambahkan, dengan strategi yang diusung ini Blibli.com menargetkan 3 kali lipat pertumbuhan order, dan 2,5 kali lipat kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) sepanjang tahun 2020. Untuk saat ini BlibliMart baru dibuka di Sarana Jaya Building Fl.1, Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat. Meski masih ingin berfokus pada pilot project ini, Fransisca mengatakan nggak menutup kemungkinan untuk BlibliMart ekspansi ke berbagai tempat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

lebih menyukai titik. ketimbang koma,

CLOSE