Tokocrypto Perkenalkan TokoMall untuk Kreator Lokal Perluas Monetisasi Karya dan Perlindungan Hak Cipta

NFT TokoMall

Hidup di dunia maya harus ekstra cermat. Sebab, batasan antara yang asli dan duplikasi sangat tipis. Sebagai contoh, kita bisa dengan mudah tertipu menganggap sebuah karya digital asli milik seniman A jika tidak benar-benar mengusut keautentikannya. Dalam hal ini, bukan hanya calon pembeli karya yang akan rugi. Seniman yang karyanya diduplikasi lebih lagi. Pengakuan tak didapat royalti apalagi.

Advertisement

Syukurnya, saat ini ada solusi jitu untuk mengetahui keautentikan sebuah karya digital sekalipun duplikasinya bertebaran di dunia maya. Non-Fungible Token (NFT) namanya. Dengan teknologi kripto semacam sertifikat digital ini, sebuah karya digital dapat dipastikan keasliannya karena memiliki nomor kode unik yang tercatat dalam blockchain dan nggak akan bisa direplikasi.

Nah, untuk memperluas manfaat dari teknologi tersebut, Tokocrypto pun meluncurkan TokoMall, marketplace yang memungkinkan para kreator lokal mendapatkan perlindungan hak cipta untuk karya-karyanya, sekaligus memperluas jangkauan monetisasi hingga ke luar negeri melalui NFT.

TokoMall menjadi jawaban atas permasalahan kreator saat menjual karya di dunia nyata

Konferensi pers peluncuran TokoMall, Kamis (19/8) | dok. TokoMall

Chief Strategy Officer Tokocrypto Chung Ying Lai menjelaskan konsep digital meets reality yang diusung TokoMall merupakan jawaban atas permasalahan kreator di dunia nyata, yaitu memastikan keberlangsungan royalti dan jangkauan pemasaran karya. Kehadiran NFT juga bermanfaat bagi pembeli atau kolektor, karena keaslian suatu karya dapat dipastikan dan NFT juga bisa ditukarkan dengan barang atau karya asli dari merchant partner eksklusif TokoMall. Poin terakhir ini membedakan NFT TokoMall dengan NFT pada umumnya.

Advertisement

“Dengan beralih ke NFT dan menjadikannya mainstream, kreator lokal berbakat Indonesia tidak hanya bisa memasarkan karyanya ke pasar yang lebih luas, tetapi juga memastikan keunikan atau kelangkaan karyanya sebagai nilai lebih yang ditawarkan kepada para kolektor. Selain itu, kreator bisa memastikan keberlangsungan royalti dari tiap NFT yang dipasarkan,” kata Ying dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8).

Dijelaskan bahwa TokoMall memiliki beberapa kategorisasi. Marketplace untuk kreator dan kolektor umum mengunggah karya NFT mereka, dan NFT Exclusive yang berisikan TKO Original, TKO Lifestyle, TKO Creative, TKO Stars. Untuk kategori terakhir ini, tiap lininya menggandeng brand dan kreator lokal sebagai merchant partner eksklusif, seperti Nevertoolavish, MaximallFootwear, DAMN! I Love Indonesia, Banyan Core, Si Juki, ONIC E-Sports, SoreSore, Mr. Kinur, Karya Karsa, Jakarta Metaverse, dan Museum of Toys.

Advertisement

Adapun TKO merupakan exchange yang diterbitkan oleh Tokocrypto dan telah diakui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Ying mengatakan TKO ini akan jadi tulang punggung seluruh aktivitas pada platform TokoMall, di mana para kreator dapat melakukan minting dan menawarkan karya yang dimiliki.

“Sementara kolektor bisa mendapatkan NFT tersebut dengan menukarkan TKO sesuai nilai yang tercantum dalam setiap karya,” lanjut Ying.

NFT juga bisa jadi alternatif bagi kreator mendapatkan revenue stream tambahan

Kreator Si Juki Faza Meonk menyambut kehadiran NFT. Menurutnya, NFT tidak hanya berguna untuk memastikan perlindungan hak cipta, tetapi juga bisa jadi alternatif bagi kreator mendapatkan revenue stream tambahan dan kolektor dapat mengapresiasi kreator favoritnya dengan mengoleksi NFT.

Blockchain dan NFT bisa jadi salah satu solusi perlindungan hak cipta kreator karena karya akan tercatat jelas dan transparan di blockchain. (Selain itu) ini juga bisa menjadi alternatif kreator mendapatkan revenue stream tambahan dan para kolektor juga bisa mengapresiasi kreator dengan mengkoleksi NFT,” ujar Faza.

Sementara COO ONIC E-Sports Justin Widjaja optimistis kerja sama pihaknya dengan TokoMall dapat membangun tren pengembangan pasar NFT di Tanah Air. Sebagai informasi, TokoMall merupakan pelopor pasar NFT di Indonesia. Untuk itu Justin pun mengatakan ONIC E-Sports telah menyiapkan koleksi eksklusif dan digital merchandise khusus di TokoMall.

“Potensi kerjasama ONIC dan TokoMall sangat besar untuk membangun hype dan pengembangan pasar NFT di Indonesia. ONIC sendiri akan menghadirkan koleksi eksklusif yang ada nilai historis juga digital merchandise khusus di TokoMall,” katanya.

Selain fokus pada peluncuran platform, TokoMall juga akan menghadirkan “Miss Crypto Indonesia”, sebuah campaign yang menawarkan berbagai NFT merchandise dari TKO Angels dalam bentuk postcard, video, dan lainnya. Keseluruhan dana yang terkumpul dari kolektor melalui campaign ini akan didonasikan melalui TokoCare, CSR program dari Tokocrypto yang akan bekerjasama dengan Wecare.id.

Nah, kalau tertarik mengulik lebih jauh apa itu NFT yang ditawarkan TokoMall, kamu bisa menyambangi laman mall.tokoscape.com.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE