Peringati Ulang Tahun ke-11, Tokopedia Bikin Bikin Perayaan Lewat Festival Virtual ‘Tokopedia Play Fest’

Tokopedia Play Fest

Tanggal 17 Agustus adalah momen yang penting bagi perjalanan bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut 75 tahun silam kita secara resmi merdeka dari penjajahan. Dalam peringatan tanggal sakral itu setiap tahunnya, masyarakat di seluruh tanah air punya cara tersendiri. Mulai dari yang wajib seperti upacara bendera, hingga mengadakan berbagai perlombaan atau festival yang mengusung semangat perjuangan.

Advertisement

Tapi ternyata, tanggal 17 Agustus 2020 nanti bukan hanya akan diperingati oleh masyarakat sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Namun juga oleh Tokopedia yang memasuki usia ke-11 bertepatan dengan HUT RI ke-75. Untuk merayakan usia ke-11 mereka sekaligus menyemarakkan peringatan kemerdekaan yang tahun ini agak berbeda karena pandemi, perusahaan teknologi ini akan menggelar festival virtual bertajuk ‘Tokopedia Play Fest’.

Festival virtual yang diharapkan bisa memicu semangat masyarakat untuk terus beradaptasi dengan kondisi yang penuh tantangan

Tokopedia Play Fest (Dok. Tokopedia) via www.tokopedia.com

Festival virtual Tokopedia Play Fest nantinya akan digelar via kanal video streaming Tokopedia Play, dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Mulai dari pakar teknologi, UMKM lokal, hingga pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Founder sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya, mengatakan dengan adanya festival virtual ini diharapkan bisa memicu semangat masyarakat untuk terus beradaptasi dengan kondisi hari ini yang penuh tantangan.

“Walau peringatan kemerdekaan Indonesia sekaligus ulang tahun Tokopedia tahun ini berada di situasi yang penuh tantangan, kami berharap dengan adanya acara ini, masyarakat selalu punya asa untuk merayakan semangat baru demi terus beradaptasi dengan kebiasaan yang juga baru,” ucap William dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima, Rabu (12/8/2020).

Advertisement

William juga menyampaikan lewat perayaan usia ke-11 ini, Tokopedia mengapresiasi seluruh pihak yang mendukung misi mereka sebagai perusahaan teknologi buatan dalam pemerataan ekonomi secara digital. Nantinya salah satu pegiat usaha yang berhasil memetik manfaat dari adanya teknologi dari Tokopedia, akan hadir membagi cerita inspiratif yang sekaligus bisa mendorong masyarakat untuk bangga produk buatan Indonesia.

“Dewanti Amalia Artasari, pemilik Dewa Collection Bali adalah contoh pegiat usaha yang gigih memperjuangkan kemerdekaan bagi keluarga dan lingkungan sekitar walau di tengah pandemi. Cerita inspiratifnya kami harap bisa mendorong masyarakat agar lebih bangga buatan Indonesia,” jelas William.

Akan ada konser amal dari penyanyi papan atas tanah air

Advertisement

AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap. Jessica adalah Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di balik pertumbuhan Tokopedia Official Store. Ia menggagas berbagai kampanye yang membantu penjual, salah satunya di sektor FMCG, beradaptasi di tengah pandemi. (Dok. Tokopedia) via www.tokopedia.com

Selain menghadirkan pegiat usaha yang menikmati teknologi Tokopedia, festival ini juga akan menghadirkan AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, yang berjasa menggagas berbagai kampanye yang membantu penjual beradaptasi di tengah pandemi. Selama pandemi, Jessica telah berhasil membuat kampanye yang bisa dijadikan panggung oleh pegiat usaha offline untuk bisa beradaptasi ke penjualan online.

“Tokopedia mengakselerasi adopsi digital bagi para pegiat usaha, yang sebelumnya beroperasi offline secara penuh namun terdampak pandemi seperti Big Bad Wolf bahkan penjual daging di pasar tradisional. Harapannya, para pegiat usaha ini bisa kembali menjalankan bisnis lewat kanal online dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi negeri,” ucap Jessica.

Selain talkshow dengan sejumlah pembicara inspiratif di atas, Tokopedia juga mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan berdonasi melalui kampanye Tokopedia Berbagi selama periode 14-17 Agustus 2020. Donasi yang terkumpul akan didistribusikan oleh BenihBaik untuk membantu masyarakat terdampak pandemi. Nggak hanya itu, Tokopedia juga akan menyelenggarakan konser amal penyanyi papan atas, seperti Bunga Citra Lestari, Ari Lasso dan Andmesh Kamaleng yang bisa disaksikan melalui kanal streaming Tokopedia Play. Agenda Tokopedia Virtual Play sendiri direncanakan mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 21.00 tanggal 17 Agustus 2020.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE