Bagi segilintir orang, platform media sosial Tumblr merupakan wadah untuk berkarya melalui gambar, video, maupun dalam bentuk narasi. Tak sedikit penulis di Indonesia yang namanya meroket dari plaform media sosial yang satu ini. Serupa blogger namun lebih praktis, Tumblr sering dijadikan tempat pelarian mencurahkan segala bentuk quotes isi pikiran si penulis, sajak-sajak romantisme, cerpen, cerita sharing bahkan sampai ada loh komunitas Tumblr setiap daerah. Sayangnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) baru saja memblokir platform media sosial yang satu ini.

Menurut akun resmi Kemkominfo sih, Tumblr dinilai mengandung konten negatif dan nggak punya tools bagi penggunanya untuk melaporkan hal tersebut. Nah banyak yang nggak setuju nih guys sama klaim ini. Buat yang belum tahu info selengkapnya, yuk simak ulasan Hipwee News & Feature ini!

Advertisement

Dianggap rentan konten asusila, per tanggal 5 Maret kemarin, Kemkominfo resmi memblokir Tumblr di Indonesia. Kebijakan yang terkesan mendadak ini langsung menimbulkan kontroversi 

Kemkominfo dinilai tidak bijak via www.twitter.com

Sebelumnya akhirnya diblokir, Kemkominfo memang sudah pernah menggaungkan wacana pemblokiran Tumblr pada tahun 2016 yang lalu. Namun kali ini Kemkominfo tampaknya tidak main-main dengan rencananya. Tumblr dinilai ‘bandel’ karena tak kunjung membersihkan akun-akun yang dinilai melanggar asusila. Keputusan Kemkominfo tersebut langsung menuai protes dari berbagai kalangan yang menilai Tumblr justru lebih banyak konten positifnya. Apalagi kalau dibandingkan dengan platform medsos lain, konten negatif kayak bokep di Facebook atau Twitter.

Bukan hanya masalah konten yang sebenarnya juga banyak yang positif, netizen juga berargumen bahwa Tumblr sebenarnya sudah banyak memiliki fitur pengaman. Apa Kemkominfo tidak tahu ya?!

loh? ini ada kan! via www.twiter.com

Disamping masalah kontennya, Kemkominfo juga dikritik karena tampaknya tidak tahu-menahu perihal fitur pengamanan yang sudah ada di Tumblr. Dari report tools sampai safe mode, pengguna Tumblr sebenarnya memiliki berbagai pilihan untuk menyeleksi dan mengamankan diri dari konten negatif. Alhasil, justru banyak warganet budiman yang ‘berbaik hati’ menunjukkan cara atau instruksi penggunaan safe mode Tumblr kepada Kemkominfo. ‘Kan kocak ya….

Enggak cuma di Indonesia, ternyata Tiongkok juga melakukan pemblokiran terhadap Tumblr dengan alasan yang sama

Advertisement

Tiongkok yang pemerintahnya otoriter emang terkenal suka blokir medsos

Dilansir dari Techinasia, Tumblr telah diblokir di Tiongkok sejak tahun 2016. Tapi ya sebenarnya tidak mengejutkan juga, mengingat negara otoriter ini memang ‘alergi’ dan sering memblokir berbagai media sosial. Bahkan jika dibandingkan dengan Facebook atau Twitter, Tumblr justru terhitung bisa bertahan cukup lama sebelum akhirnya disensor oleh pemerintah Tiongkok. Nah ketika pemerintah kita juga mulai ikut-ikutan langkah Tiongkok memblokir berbagai media, sebenarnya perlu diwaspadai juga sih~jangan-jangan kebebasan informasi di negeri ini juga mulai terancam. 

Kalau kalian tahu komunitas Tumblr, pasti kalian juga akan berfikir bahwa Tumblr jauh dari perihal konten asusila

Ini loh komunitas yang terbentuk dari platform sosial media Tumblr yang sering mengadakan gathering dan sayembara pena, seperti lomba menulis puisi ataupun cerpen. Mereka ini adalah kumpulan user aktif Tumblr dan punya Hobi yang sama, apalagi kalo bukan dunia kepenulisan. Bahkan komunitas yang bernama KITA ini ada disetiap daerah loh, seperti KITA Jawa Timur, KITA Jawa Barat, KITA Kalimantan, dan KITA Sumatera. yah, sayang banget yah media sosial yang menyatukan mereka malah diblokir:(

Lantas, bagaimana nasib tulisan dan jejak jejak romansa kami yang sudah tertulis disana? Dimana lagi platform yang menyediakan rasa yang sama? Yah, Semoga aja pihak Tumblr dan Kemkominfo saling sepakat sehingga dapat merubah kebijakan pemblokiran Tumblr, tapi jika memang tetap akan seperti ini keputusannya mau gimana lagi? Negara juga pasti juga sudah berupaya memberikan yang terbaik untuk warganya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya