Zaman sekarang serba digital. Ke depannya pun dunia digital akan terus berkembang. Nggak heran kalau video blogging (vlog) makin banyak digemari. Kalau dulu banyak menceritakan kegiatan sehari-hari, kini vlogger berlomba-lomba menunjukkan konten video ciri khasnya.

Menariknya, banyak sekali sisi yang bisa diangkat ke dalam sebuah kisah lewat nge-vlog. Berbagai konten positif seperti menunjukkan keberagaman Indonesia adalah salah satu tema yang dapat dipakai untuk bantu memperkenalkan identitas Tanah Air. Ngomong-ngomong, Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus telah menggelar talk show interaktif bagi finalis Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018 bersama dewan juri yaitu Kevin Hendrawan (YouTuber) dan Faisal Abdul Muhsin (Praktisi industri kreatif dan alumni Beswan Djarum 2010/2011). Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengambil tema #IndonesiaRumahKita, Djarum Foundation mengajak para penerima Beswan Djarum untuk meningkatkan kreativitasnya dalam mengeksplorasi keberagaman Tanah Air lewat Vlog Competition

talk show interaktif Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018

Advertisement

“Profil mereka ini datang dari seluruh Indonesia. Kita melihat bahwa keberagaman ini suatu aset karena teman-teman Beswan Djarum ini sudah ikut berbagai soft skills, karakternya sudah kita bantu lebih baik, kepemimpinannya, dan visinya. Sehingga kita melihat dengan tema keberagaman ini dapat memberikan ruang buat mereka untuk bisa mengeksplor banyak hal yang menarik,” – ungkap Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Laksmi Lestari, pada Minggu (16/9/2018), di Jakarta.

Media sosial dan teknologi digital merupakan bagian keseharian dari generasi muda saat ini. Untuk itu, Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018 memberi tantangan kepada Beswan Djarum untuk menuangkan ide dan pemikiran mereka dalam bentuk vlog bernuansa keberagaman bangsa. Harapannya, lahir konten – konten positif yang tak hanya bisa menjadi tayangan yang menghibur, edukatif. Tapi, juga membawa perubahan.

bersama para dewan juri

Kompetisi ini merupakan bagian rangkaian pembekalan soft skills program beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus. Cakupannya meliputi Character Building, Leadership Development, Nation Building, Community Empowerment, Writing Competition serta International Exposure. Kompetisi Vlog ini telah dibuka bagi 500 Beswan Djarum yang berasal dari 90 perguruan tinggi di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tiap peserta (bisa secara individu maupun membentuk kelompok) telah mengunggah hasil karya ke situs berbagi video dengan hastag #IndonesiaRumahKita.

Dari hasil penjurian, telah terpilih 10 finalis yang hari ini menghadiri talk show interaktif  bersama dewan juri. Acara ini juga berbarengan dengan pengumuman pemenangnya

karya terbaik membuktikan kepekaan dan kreativitas tinggi Beswan Djarum

Advertisement

Karya-karya Beswan Djarum sangat luar biasa, terlihat dari antuasiasnya dalam membuat vlog berkonten positif yang sangat beragam karakter dan unik. Saat ini banyak konten merajai platform digital yang mengandung hal negatif atau kontroversi. Talk show ini menjadi proses edukasi pembuatan vlog, agar kualitas konten vlog generasi muda bisa semakin berkembang,” – jelas YouTuber dan dewan juri Vlog Competition  Beswan Djarum 2017/2018, Kevin Hendrawan, pada Minggu (16/9/2018), di Jakarta.

Konten yang berkualitas harus mengandung keaslian, informatif dan menghibur. Hal ini dipadukan menjadi empat kriteria penjurian Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018 yakni keaslian, keunikan, cara penyampaian pesan serta sinematografi. Sebelum menjadi vlogger harus ada pemahaman rinci mengenai seperti apa dunia media sosial, segala peluang dan tantangannya hingga untung dan ruginya. Untuk itulah dibutuhkan edukasi serta juga tips dan trik bagi konten kreator melalui talk show interaktif seperti ini.

Karya terbaik membuktikan kepekaan dan kreativitas tinggi Beswan Djarum

para juara Vlog Competition

Kompetisi berhadiah total Rp40 juta ini memberikan apresiasi sebesar Rp15 juta bagi juara pertama, Rp12 juta untuk juara kedua, Rp8 juta bagi juara ketiga serta Rp5 juta bagi juara favorit. Selain itu, semua pemenang mendapat kesempatan vlogging di rangkaian soft skills Djarum Beasiswa Plus berikutnya, yakni Nation Building Beswan Djarum 2017/2018 pada 20-25 September 2018 di Semarang.

Ngomong-ngomong, karya vlog yang membuktikan kepekaan menangkap tema perrmainan tradisional Jaranan dan mengolahnya secara kreatif dalam aplikasi game ponsel sukses meraih juara pertama Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018. Vlog ini dipandang unik dan berbeda dari vlog lainnya menurut para dewan juri.

ini nih juara 1-nya

Peraihnya adalah Bimaswara Adam Noval (Beswan Djarum 2017/2018) mahasiswa jurusan Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Menurutnya, kompetisi ini merupakan tantangan besar bagi dirinya untuk mencoba hal baru. Karena dalam karya vlog, ia dituntut percaya diri berbicara di depan kamera.

“Ide awalnya itu, orang kan tahunya cuma main game. Nah, saya coba buka bagaimana sih sebenarnya kerja para pembuat game di balik layar. Game yang saya pilih adalah Jaranan dengan harapan masyarakat juga semakin mengenal budaya lokal yang ada di Indonesia. Ini juga sejalan dengan tema besar yang ada di vlog competition yaitu Indonesia Rumah Kita,” – ujar Juara 1 Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018, Bimaswara Adam Noval, pada Minggu (16/9/2018) di Jakarta.

karyanya unik

Vlog Competition perdana Djarum Beasiswa Plus ini bukti nyata upaya komitmen memberikan ruang eksplorasi mahasiswa dalam membangun keragaman Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya