Twitter Uji Coba Dua Fitur Baru: Shopping & Undo Send untuk Belanja Online dan Edit Twit~

Twitter shopping card undo send

Kita hidup di era di mana tiap hari ada update terbaru yang silih berganti. Bukan cuma terbatas update berita atau trending topic saja, update aplikasi pun jadi satu aktivitas yang semakin rutin (harus) kita lakukan. Dari aplikasi yang kita pakai sehari-hari seperti media sosial atau messenger, sampai aplikasi toko online yang kita bikin cuma demi dapat diskon, semua pasti butuh update. 

Advertisement

Nah baru-baru ini, platform medsos raksasa Twitter menguji coba dua fitur baru yang sangat menarik.

Fitur “belanja” terbaru di Twitter membawa pengguna pada pengalaman berlanja melalui cuitan yang terhubung ke dalam laman e-commerce

Menyusul media sosial lain seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram yang sudah menggunakan fitur serupa, Twitter akhirnya mulai mengujicobakan fitur “belanja” di bulan ini. Uji coba ini pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial, Matt Navarra dalam cuitannya ia membagikan tampilan fitur tersebut. Ia mengatakan fitur ini pertama kali ditemukan pada pengguna Android asal Qatar.

Advertisement

Fitur ini memiliki format Twitter card yang nantinya perusahaan akan menyertakan tombol belanja dan akan mengintegrasikan detail produk langsung ke dalam cuitan tersebut. Detailnya termasuk nama produk, nama toko, harga produk dan tombol untuk membeli.

“Twitter card baru ini sedang diuji untuk tweet yang berisi tautan ke halaman produk di situs web toko,” tulis Matt Navarra di Twitter. Jangan khawatir jika fitur ini akan bekerja sebagai iklan, karena Twiiter telah mengonfirmasi bahwa fitur belanja ini ditujukan untuk tweet organik yang berfokus pada e-commerce saja. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan adanya spam iklan di time line mereka.

Advertisement

Sebelumnya, Twitter memang berencana untuk memulai investasi di dunia e-commerce. Dilansir dari laman TechCrunch, Bruce Falck selaku Twitter Revenue Lead mengatakan pihaknya sudah mulai mencari cara untuk mendukung berdagangan di Twitter.

“Kami tahu orang-orang datang ke Twitter untuk berinteraksi dengan brand dan mendiskusikan produk favorit mereka. Bahkan, mungkin bisa dilihat beberapa jenis bisnis yang telah mengambangkan cara-cara kreatif untuk memungkinkan penjualan di platform kami,” Jelas Falck.

Fitur baru ini diharapkan bisa memudahkan pengguna untuk berdiskusi dan menentukan produk yang akan dibeli dalam satu tautan.

‘Undo Send’ jadi fitur baru di Twitter yang mulai uji coba bulan ini juga. Fitur ini sudah lama diminta oleh para penggunanya

Fitur ini mirip dengan fitur yang ada di Gmail ketika pengguna bisa mengurungkan pengiriman pesan hingga 30 detik. Sebenarnya fitur semacam ini sudah banyak diminta oleh pengguna Twitter sejak lama. Mereka meminta fitur “edit” untuk Twit yang sudah dikirim. Pasalnya Twitter memang tidak seperti media sosial lain yang bisa mengedit atau mengubah postingan yang sudah dikirim. Dilansir dari Social Media Today, pihak Twitter sudah berulang kali menyebutkan bahwa permintaan fitur pengeditan tidak bisa mereka wujudkan. Namun, setelah sekian lama Twitter bisa berkompromi dan mewujudkannya melalui fitur ‘Undo Send’ ini.

Fitur ini ditemukan pertama kali oleh Jane Manchun Wong, seorang pengembang aplikasi yang memiliki rekam jejak kuat dalam menemukan alat baru di jejaring sosial sebelum rilis. Melalui cuitannya, Jane membagikan GIF yang menampilkan proses kerja fitur ‘Undo Send’.

Cara menggunakan fitur ini seperti membuat twit pada umumnya, setelah klik send atau kirim, akan ada kotak peringatan bertuliskan “your tweet was sent” dan “undo” di bawahnya. Fitur ini akan memberikan waktu 5 detik untuk kamu memikirkan kembali twit sebelum benar-benar dikirim. Jika ada kesalahan, kamu bisa klik undo lalu bisa mengedit twitmu.

Semua fitur baru Twitter ini diharapkan bisa menambah pengalaman bagi pengguna dan memberikan kemudahan untuk berinteraksi di media sosial

Nah, bagi pengguna Twitter coba cek, apakah sudah muncul uji coba fitur terbaru mereka? Harap tenang ya, uji coba ini memang tidak disebarkan ke seluh pengguna. Hanya pengguna yang terpilih sebagai sampel saja yang bisa menemui fitur uji coba ini. Setelah diuji coba, fitur akan dikaji melalui survei pengguna. Jika tanggapannya baik, kemungkinan besar fitur ini akan segera rilis. Semoga fitur baru di Twitter semakin menambah kenyamanan pengguna, ya. Semoga!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE