Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Versi Terbaru, Yuk Intip Penampakannya!

Uang bagi suatu negara nggak hanya sekadar alat tukar atau jual beli saja. Uang juga bisa mencerminkan identitas suatu bangsa. Maka, nggak heran jika uang biasanya bergambar tokoh-tokoh penting suatu negara. Omong-omong soal uang, Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan uang rupiah baru, loh.

Advertisement

Tepat setelah perayaan HUT RI ke-77 kemarin, BI meluncurkan uang rupiah baru pada Kamis (18/8). Ada tujuh uang rupiah kertas baru yakni pecahan Rp 1000, Rp 5000, Rp 10000, Rp 20000, Rp 50000, dan Rp 100000. Seperti apa penampakan uang rupiah terbaru dan apa keunggulannya daripada uang lama? Yuk simak informasi lengkapnya berikut!

Uang kertas versi terbaru tahun emisi 2022 resmi menjadi alat pembayaran yang sah

Peluncuran uang rupiah baru disiarkan langsung di YouTube Bank Indonesia pada Kamis (18/8). Proses peluncuran dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmannirahim, dengan mengharap ridho Allah yang Maha Kuasa pada hari ini 18 Agustus 2022, saya Perry Wajiyo, Gubernur Bank Indonesia bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati resmi meluncurkan 7 pecahan rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di selruruh wilayah Republik Indonesia,” kata Perry Warjiyo dikutip dari siaran langsung di YouTube Bank Indonesia.

Advertisement

Dalam acara peluncuran tersebut ditampilkan melalui layar penampakan uang rupiah terbaru dengan gambar utama para pahlawan bangsa. Diketahui Presiden Joko Widodo menetapkan tujuh pahlawan nasional sebagai gambar utama uang kertas sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang penetapan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian depan uang rupiah kertas.

Uang rupiah baru

Bagian belakang uang rupiah baru | Gambar tangkapan layar YouTube Bank Indonesia

Sementara itu, dibagian belakangnya terdapat gambar tarian daerah sebagai gambar utama yang mengambarkan kekayaan budaya dan kesenian Indonesia. Di belakang gambar penari itu juga ada gambar penampakan alam Indonesia. Menurut Sri Mulyani, uang rupiah terbaru ini memiliki berbagai narasi kebangsaan dan mencerminkan kekayaan Indonesia dari budaya dan alamnya.

Uang rupiah terbaru hadir dengan warna yang lebih tajam dan memiliki unsur pengaman yang lebih andal

Advertisement

Peluncuran uang rupiah kertas baru ini merupakan wujud komitmen BI dalam menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Menurut Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, uang rupiah emisi 2022 ini memiliki desain warna yang lebih tajam dan dilengkapi unsur keamanan yang lebih andal sehingga ketahanannya lebih baik dan lebih sulit dipalsukan.

“Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit dipalsukan. Rupiah terbaru ini tentunya semakin berkualitas dan terpercaya dan bisa menjadi kebanggan bersama,” kata Erwin.

Pada uang terbaru ini, selisih ukuran pancang tiap pecahan mengalami peningkatan. Sebelumnya selisih panjang hanya 2 milimeter, kini menjadi 5 milimeter. Uang rupiah baru juga menggunakan benang pengaman dengan teknologi terkini (microlenses) sebagai best practice internasional.

Terdapat pula penguatan teknologi pada tinta dengan penambahan fitur magnetic ink yang memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar. Selain itu, ada juga penguatan unsur pengaman ultraviolet dengan perluasan sebaran area dari keragaman warna. Pada pecahan kecil Rp 1000 hingga Rp 5000 terdapat teknologi coating yang membuat uang lebih tahan lama.

Kenali dan cermati ciri-ciri kaslian uang rupiah kertas terbaru

Adanya uang baru biasanya membuat masyarakat penasaran dan ingin cepat mendapatkan uang ini. Namun, jangan lupa untuk waspada terhadap tindak kejahatan uang palsu ya SoHip! Meski uang rupiah baru ini diklaim lebih sulit dipalsukan, tapi kita tetap harus hati-hati dan mengenali ciri-ciri uang yang baru.

Berikut ini beberapa ciri-ciri uang rupiah baru, seperti yang Hipwee lansir dari informasi resmi BI:

  1. Kenali mata uang dari nominalnya, gambar utama (gambar pahlawan), dan benang pengaman yang memiliki teknologi microlence sehingga memiliki efek bercahaya
  2. Pada pecahan besar yakni Rp 20000 hingga Rp 100000 tinta dapat berubah warna, dan ada gambar geometri yang seolah bergerak
  3. Saat diraba, uang rupiah baru terasa kasar di bagian tertentu, dan terdapat kode tuna netra (blind code)
  4. Saat diterawang terdapat gambar air (watermark) dan gambar saling mengisi (rectoverso).

Nah, itulah ciri-ciri keaslian uang rupiah yang harus kita pahami dan cermati ya SoHip. Perlu diketahui juga bahwa adanya uang rupiah baru ini nggak berdampak pada penarikan uang lama atau membuat uang yang dirilis sebelumnya jadi nggak berlaku lo.

Seluruh uang rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah diseluruh wilayah NKRI selama peredarannya belum dicabut oleh BI. Hal ini tertuang dalam UU Mata uang.

Jika ada pencabutan atau penarikan dari peredaran, maka kan diumumkan secara resmi melalui media masa dari pihak BI. Jadi SoHip yang masih menyimpan uang lama jangan khawatir, karena nggak akan terpangaruh dengan adanya uang baru ini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE