Ulang Tahun Ke-65, Bank Danamon Rayakan dengan Semangat “Tumbuh Melalui Kolaborasi”

Bank Danamon

Inovasi dan kolaborasi adalah kata yang sering kita dengar kalau bicara tentang kunci mempertahankan bisnis di tengah persaingan yang kian ketat. Kalau melihat kenyataannya, dua hal tersebut memang bukan omong kosong belaka. Bisnis-bisnis berumur panjang diketahui memang menjalankan dua hal tersebut.

Advertisement

Bank Danamon yang pada tanggal 16 Juli 2021 memasuki usia ke-65 adalah salah satu bukti kalau inovasi dan kolaborasi adalah kunci untuk bertumbuh, berkembang sekaligus berumur panjang. Oleh karena itu, dalam menyambut usia baru sekaligus merespons kondisi pandemi yang menantang bagi semua pihak pada momentum ulang tahunnya, Danamon pun mengusung tema perayaan “Tumbuh Melalui Kolaborasi”.

Inovasi dan kolaborasi yang membawa Bank Danamon menyentuh usia 65 tahun

(dok. Bank Danamon)

Sejak didirikan pada tahun 1956, Danamon telah melakukan banyak inovasi. Salah satu yang krusial adalah menjadi anggota MUFG Bank pada tahun 2019. Langkah ini secara langsung memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah hingga franchise Danamon, dan mendukungnya bertumbuh menjadi yang terkemuka di Indonesia. Sinergi dengan MUFG ini meliputi pembiayaan rantai pasok otomotif, perbankan ritel, inovasi digital dan kemampuan manajemen risiko.

Terbaru pada tahun 2020, bank yang dikepalai Yasushi Itagaki ini meluncurkan Danamon Optimal untuk memberikan solusi finansial bagi nasabah pada segmen upwardly mobile. Sejalan dengan itu, bank ini dianugerahi penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI), dengan predikat Highly Recommended untuk kategori Best Digital Banking Initiative.

Advertisement

Pada tahun yang sama Danamon juga diganjar penghargaan Best Digital Bank oleh Asiamoney pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2020. Tak berselang lama, tepatnya pada 27 Mei 2020, Danamon ditetapkan sebagai Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 4 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Tahun 2020 dan awal tahun ini kita dihadapkan pada banyak tantangan. (Meski begitu) Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian,” kata Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki dalam acara virtual “A Conversation with Mr. Yasushi Itagaki, 65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia”, Jumat (16/7).

Yasushi pun menegaskan, kesuksesan Danamon selama 65 tahun ini terjadi tidak lain karena kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan. Kontribusi yang diberikan secara langsung dan tidak langsung dari berbagai pihak lah yang membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Advertisement

Bank Danamon di tengah pandemi Covid-19

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki dalam acara virtual “A Conversation with Mr. Yasushi Itagaki, 65 Years of Dedication & Growth Through Collaborations for Indonesia”, Jumat (16/7/2021) (dok. Tangkapan layar/Zoom)

Lebih lanjut Yasushi menyampaikan, di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, kolaborasi menjadi kian penting dijalankan agar kita bisa melewati krisis. Dalam hal ini, sejak satu tahun terakhir bank yang ia pimpin telah melancarkan berbagai kegiatan yang bertujuan mendukung masyarakat menghadapi kondisi serba sulit.

Beberapa dari kegiatan tersebut adalah kampanye “Positivity Saves Lives” yang mengajak masyarakat untuk membagikan video bernada positif. Setiap satu video yang diunggah dikonversikan menjadi satu set Alat Pelindung Diri (APD) untuk didonasikan ke berbagai fasilitas kesehatan. Total donasi yang berhasil disalurkan kampanye ini sebanyak 11.000 APD.

Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung kebutuhan pokok mitra pengemudi ojek online, menyediakan asuransi untuk 10.000 relawan Covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan BP Jamsostek, dan distribusi sembako serta APD ke sejumlah wilayah di Indonesia melalui jaringan kantor wilayah dan cabang Danamon.

Terbaru, pada tanggal 23 Juni hingga 2 Juli 2021 lalu, Danamon Bersama MUFG dan Adira Finance menyalurkan 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku UMKM, masyarakat, pengemudi ojek online, masyarakat rentan, hingga karyawan dari tiga lembaga di atas yang berada di lini terdepan melayani nasabah.

Bank Danamon ajak masyarakat tumbuh bersama dan tetap produktif dalam “Festival Kola6ora5i”

(dok. Bank Danamon)

Dengan semangat “Tumbuh Melalui Kolaborasi”, Danamon pada perayaan ulang tahun ke-65 juga meluncurkan ‘Festival Kola6ora5i’, sebuah festival virtual yang mengusung semangat kolaborasi untuk tumbuh bersama, tetap produktif dan bersikap positif walaupun harus di rumah saja. Festival ini berlangsung mulai tanggal 16 hingga 30 Juli 2021.

Pada festival virtual yang bisa diakses secara gratis melalui www.festivalkolaborasi.id, masyarakat diajak menyimak kisah inspiratif perjalanan Danamon, 650 menit talkshow yang menyoroti pentingnya kolaborasi dari berbagai topik, aspek, dan sudut pandang, hingga mendapatkan produk-produk promosi kolaborasi spesial ulang tahun ke-65. Keseruan festival ini bisa diakses oleh nasabah maupun non-nasabah Danamon loh.

“Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, kami ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk optimis menatap ke depan, bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini,” pungkas Yasushi.

Kegiatan lain yang akan menjadi bagian dari ulang tahun ke-65 Danamon adalah Aksi Danamon Peduli. Kegiatan ini berupa dukungan pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh. Selain itu akan ada Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara, program fasilitas sanitasi serta sumber air bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan. 

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE