Viral Suporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Nonton Piala Dunia Qatar 2022, Banjir Pujian!

Turnamen akbar sepak bola bergensi Piala Dunia Qatar 2022 baru saja dibuka pekan lalu, Minggu (20/11). Antusiasme penggemar sepak bola di seluruh dunia pun memadati Stadion Al Bayt, al Khor untuk mendukung tim idola mereka. Berbagai kejadian unik berkumpulnya suporter dari berbagai negara pun sering menjadi perhatian. Salah satunya aksi suporter Jepang yang kompak membersihkan sampah di stadion.

Advertisement

Warga Qatar pun dibuat takjub dengan aksi suporter Jepang tersebut, kemudian merekamnya dan mengunggah video itu di media sosial. Sontak aksi suporter Jepang membersihkan sampah di Stadion Al Bayt itu pun mencuri perhatian dan banjir pujian dari masyarakat dunia.

Suporter Jepang kompak memunguti sampah di stadion meski bukan timnasnya yang bertanding

Suporter Jepang di dunia sepak bola memang dikenal dengan budayanya yang tertib dan bersih hampir di setiap pertandingan. Seperti yang terlihat pada laga pembuka Piala Dunia Qatar 2022 kemarin. Suporter Jepang mencuri perhatian publik lantaran aksi terpuji mereka memunguti sampah di stadion pascalaga Qatar vs Ekuador.

Advertisement

Melansir dari Sport Bible, suporter Jepang kompak memunguti sampah setelah pertandingan meski bukan timnas mereka yang bertanding. Aksi tersebut mereka lakukan ketika semua penonton telah meninggalkan tempat duduk. Kemudian suporter Jepang baru memulai aksinya membersihkan sampah di tribun. Aksi suporter Jepang tersebut pun membuat warga Qatar takjub. Seorang warga bahkan merekam aksi tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

“Suporter Jepang membersihkan (sampah) stadion. Padahal ini tidak terkait (pertandingan timnas) mereka,” kata warga Qatar, OMaer Faruq dalam unggahannya yang viral di media sosial.

Advertisement

Dalam video tersebut tampak suporter Jepang terlihat dari atribut yang dikenakan sedang bergotong-royong memunguti sampah bungkus makanan dan botol-botol minuman, kemudian mengumpulkannya dalam kantong sampah besar. Hal yang membuat warga Qatar semakin takjub adalah ketika ia menanyakan alasan aksi bersi-bersih sampah itu.

“Kami tidak pernah meninggalkan sampah di sekitar. Ini bentuk kepedulian kami juga dengan tempat ini,” kata seorang suporter Jepang.

Bahkan, ketika ditanyai apakah aksi tersebut karena ada kamera yang merekam, lalu seorang suporter Jepang membantahnya. Ia menegaskan bahwa kebiasaan membersihkan sampah di sekitar mereka bukan karena adanya kamera atau karena ingin jadi sorotan. Sontak si warga Qatar semakin dibuat takjub, apalagi saat melihat tribun sekitarnya sudah bersih dari tumpukan sampah.

Aksi suporter Jepang memunguti sampah juga dilakukan saat Piala Dunia Rusia 2018 dan Para Asian Games 2020 di Gelora Bung Karno

Suporter Jepang bersihkan sampah

Aksi suporter Jepang bersihkan sampah | Foto dari Twitter

Aksi terpuji suporter Jepang yang memunguti sampah usai menonton pertandingan ini ternyata bukan pertama kali terjadi. Bahkan, di Piala Dunia Rusia 2018 silam aksi suporter Jepang memunguti sampah di stadion sempat jadi sorotan masyarakat dunia saat itu. Melansir dari CNN, ternyata nggak hanya para suporternya saja loh, para pemain pun selalu meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih, meski mereka kelelahan setelah bertanding.

Selain Piala Dunia Rusia 2018, di gelaran Para Asian Games 2020 yang digelar di Indonesia pun tak luput dari aksi bersih-bersih para suporter Jepang. Saat itu, seorang warga negara Jepang Mr. Tsuyoshi Ashida membentuk tim sukarelawan untuk mengumpulkan sampah bekas makanan, minuman, hingga puntung rokok di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Meski aksi memunguti sampah usai menonton pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 bagi suporter Jepang bukan yang pertama kali, tapi tetap saja membuat publik terutama warga Qatar takjub. Apalagi bagi mayoritas orang, tentu itu bukan hal yang lumrah dilakukan. Nggak heran bila suporter Jepang dibanjiri pujian warganet di berbagai media sosial atas aksinya tersebut.

Banyak warganet yang memuji sikap suporter Jepang yang tertib, bersih, dan menghormati tuan rumah dengan membantu petugas kebersihan. Banyak pula yang berharap aksi suporter Jepang bisa dicontoh oleh suporter lainnya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE