Mungkin kamu pernah mendengar cerita desas-desus tentang kotoran manusia yang jatuh dari langit ketika seorang gadis kecil sedang berulang tahun. Kotoran itu jatuh ke kue dan merusak pesta bahagia tersebut. Sayangnya, tidak ada sumber yang jelas soal cerita tersebut. Sebagian orang tidak percaya, namun sebagian lagi percaya tapi dengan meninggalkan tanda tanya : Kok bisa?! 

Cerita yang bak plot film komedi itu ternyata kekhawatiran nyata bagi penduduk kota New Delhi, India. Bukan karena ada ledakan septictank atau secara ajaib hujan kotoran, tapi ‘hujan’ kotoran manusia itu diduga kuat berasal dari pesawat terbang. Setahun yang lalu warga New Delhi bahkan sampai mengajukan protes resmi pada maskapai untuk tidak membuang kotoran pembuangan dari pesawat ketika terbang. Jijik banget ya kalau kotoran manusia itu beneran dibuang sembarangan sama maskapai penerbangan. Emangnya nggak ada prosedur pembuangannya apa?! Yuk simak uraian Hipwee News & Feature biar kamu tercerahkan!

Penduduk New Delhi mengaku atap rumah mereka sering kejatuhan ‘hadiah’ dari langit. Sampai mengajukan protes ke pengadilan lho

Kalau kejatuhannya pas lagi outdoor party juga nggak lucu via www.foxnews.com

Advertisement

Penduduk New Delhi menganggap masalah ini adalah hal serius yang sudah seharusnya dituntaskan. Bahkan peristiwa ini bukan akhir-akhir ini saja terjadi. Dilansir melalui Vice, pada tahun lalu mereka juga mengalami hal serupa, atap rumah penduduk sering kejatuhan benda yang diduga kotoran manusia. Namun setelah konflik ini diajukan ke jalur hukum, hakim memutuskan bahwa kotoran yang jatuh dari langit itu bukanlah kotoran manusia melainkan kotoran burung. Tetapi tidak ada penjelasan burung macam apa yang menjatuhkan feses di sana. Justru berdasarkan analisis kimia menyatakan benda itu adalah kotoran manusia. Duh, ngeri juga sih.

Hukum di India sampai sebenarnya sudah cukup jelas, maskapai tidak boleh membuang kotoran di angkasa. Jika kontainer kotoran ditemukan kosong, maskapai bisa kena denda

‘Hujan kotoran’ jelas tidak disengaja, tetapi mungkin kebocoran sistem pembuangan pesawat via en.wikipedia.org

Sudah semenjak 2016 lalu pemerintah India melarang keras pesawat yang membuang sisa toilet saat mereka terbang. Bahkan mereka menerapkan sanksi jika ada pesawat yang kedapatan membawa kontainer sisa toiletnya kosong saat mendarat. Peraturan ini dibuat demi keselamatan dan kebersihan. Membuang sesuatu saat pesawat dalam keadaan terbang sama saja dengan membuang sampah sembarangan. Apalagi jika sampah tersebut adalah kotoran sisa toilet.

Namun kecelakaan atau kebocoran seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi di India. Belasan kasus juga tercatat terjadi di Amerika Serikat dalam rentang beberapa dekade. Kejadian yang paling parah terjadi pada tahun 2006 ketika bongkahan kotoran sampai membuat lubang yang cukup besar di sebuah rumah warga di California, AS. Kejadian serupa juga pernah dilaporkan terjadi di Inggris, Belanda, dan Cina

Kotoran manusia dalam pesawat seharusnya dibekukan dan baru dibersihkan setelah pesawat mendarat di bumi. Begini penampakan kotoran bekunya

Kalau ada benda begini jatuh dari langit, tolong jangan jadikan layaknya batu ponari via dailymail.co.uk

Advertisement

Sebenarnya di dalam pesawat ada teknologi canggih yang mampu merubah kotoran manusia menjadi bentuk es. Nggak serta merta kotoran manusia secara utuh langsung dibuang lho ya :D. Pesawat umumnya menggunakan blue deodorizing liquid yang sering juga disebu Anotec. Bahan kimia ini membantu mengurai kotoran manusia dan kemudian menggiringnya dalam bentuk es ke septictank di dalam pesawat.

Kalau melihat kasus di Delhi, mengapa sisa toilet dari pesawat bisa jatuh dalam bentuk kotoran? Kemungkinan kotoran dalam bentuk es kembali mencair. Nggak heran sih karena suhu panas di India memang mampu melakukannya. Sistem ini juga tergolong sistem lama yang dalam kasusnya sangat mudah septictank mengalami kebocoran. Kalau di New Zaeland, maskapai penerbangan sudah menggunakan teknologi super canggih. Sistem pembuangan dua katup memungkinakan kotoran dan sisa toilet dalam pesawat nggak akan bocor selama pesawat di udara. Sebaliknya, sis kotoran ini akan tetap jadi es dan dibuang ketika pesawat sudah mendarat.

Jadi sebenarnya tidak perlu khawatir karena kejadian ini terhitung langka kok. Cuma kalau beneran terjadi emang menjijikan banget sih!

Ewww via Giphy.com

Jadi kotoranmu nggak bakalan langsung jatuh ke bumi ya. Septictank yang menyimpan sisa toilet itu berada di eksterior pesawat dan hanya awak yang bekerja di teknisi yang bisa ‘membuangnya’ selama di udara. Kotoran dalam septictank ini akan dibuang dan dibersihkan kembali setelah pesawat mendarat. Itu pun kotoranmu sudah berbentuk es semua lho. Jadi jangan khawatir, meski itu artinya selama di pesawat kamu terbang bersama kotoran di toilet. 😀

Sebenarnya bukan masalah jorok, tapi jika sisa kotoran toilet dibuang sembarangan bisa membahayakan orang lho. Sisa kotoran dalam bentuk es tersebut biasanya berukuran besar dan keras layaknya batu. Kebayang kalau sedang jalan di trotoar dan kejatuhan ‘hadiah’ dari langit, kamu mungkin akan berdarah-darah. Sisa kotoran di darat pun bisa berisiko menyebabkan infeksi berbahaya, ternyata sisa kotoran di langit pun punya risiko tersendiri ya guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya