Dari Wisuda Drive Thru sampai Gunakan Gim Minecraft, ini Beragam Cara Unik Wisuda Semasa Pandemi

Wisuda selama pandemi

Wisuda adalah salah satu momen bahagia dalam kehidupan seseorang. Dapat dikatakan wisuda adalah momen selebrasi atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan yang penuh perjuangan. Biasanya wisuda dilakukan di sebuah tempat besar semacam auditorium atau gedung yang menghadirkan para mahasiswa dan keluarganya masing-masing.

Advertisement

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mereka yang lulus di tahun 2020 harus merasakan momen wisuda yang berbeda. Jika biasanya wisuda dihadiri secara langsung, maka di tahun 2020 ini wisuda dilaksanakan secara virtual. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona karena wisuda berpotensi membuat kerumunan besar di satu tempat. Karena kendala tersebut banyak universitas maupun sekolah yang mencari cara agar para mahasiswa atau muridnya tetap bisa merayakan momen wisuda. Nah berikut ini ada momen-momen kreatif wisuda 2020. Penasaran? yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Salah satu wisuda online atau virtual yang menyita perhatian dunia adalah wisuda robot yang diadakan Business Breakthrough University (BBT University) di Jepang. Negara ini kan memang gudangnya robot!

Wisuda robot diadakan akhir Maret 2020 via bbt.ac

Dengan menggunakan robot dan layar, wisuda BBT University pada awal-awal masa pandemi ini langsung menjadi headline dunia. Meskipun berjarak, semua prosesi normal wisuda seperti pemanggilan ke panggung dan pemberian ijazah tetap bisa dilakukan. Bahkan dalam wisuda yang bertajuk “The Avatar Graduation Ceremony”  ini para wisudawan pun bisa ikut berpartisipasi langsung dan memberikan sepatah dua patah kata melalui layar tablet yang ada di bagian kepala robot.

Sekolah South River High School di Maryland melaksanakan wisuda drive in di area parkir sekolahnya. Momen ini disambut secara antusias oleh para murid dengan menghias mobil mereka sekreatif mungkin

Wisuda di South River Highschool, Maryland via news.detik.com

Wisuda kreatif yang selanjutnya adalah wisuda di South River High School, Maryland Amerika Serikat. Untuk menghindari penyebaran, sekolah ini melakukan prosesi wisuda dengan cara drive-in di areal parkiran sekolah. Wisuda unik ini disambut antusias oleh para murid maupun orang tua. Para wisudawan berlomba-lomba menghias mobil pribadi mereka sekreatif dan semeriah mungkin.

Universitas Katolik Soegijapranata Semarang melaksanakan wisuda secara virtual dengan menggunakan teknologi animasi virtual pendeteksi wajah. Karena kreativitas tersebut, Unika mendapat penghargaan dari lembaga prestasi rekor Lekprid

Nggak hanya di luar negeri, salah satu universitas yang melakukan wisuda dengan kreatif adalah Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. Kampus ini melakukan wisuda dengan teknologi animasi virtual pendeteksi wajah. Unika sendiri sengaja membuat wisuda dengan konsep kreatif ini agar mahasiswanya tetap bisa merasakan suasana wisuda seperti angkatan-angkatan sebelumnya. Dari situs pribadi Unika sendiri, berkat kreativitas Unika, konsep wisuda virtual ini diganjar penghargaan oleh Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Lekprid).

Jika di luar negeri melaksanakan wisuda dengan cara Drive-In, Universitas Sebelas Maret melaksanakan prosesi wisuda dengan cara Drive-thru. Uniknya para wisudawan menggunakan kendaraan bebas emisi dalam prosesi wisuda ini

Wisuda 2020 Universitas Sebelas Maret via uns.ac.id

Jika South River High School melaksanakan wisuda dengan cara drive-in di parkiran sekolah mereka, Universitas Sebelas Maret Surakarta mengadakan wisuda dengan metode drive-thru. Selain prosesi wisuda yang unik dan kreatif, wisuda ini juga ramah lingkungan dan menekan resiko penularan virus corona secara efektif. Pasalnya prosesi wisuda ini hanya dihadiri oleh 15 orang wisudawan sebagai perwakilan setiap mahasiswa lain.

Uniknya lagi Universitas Sebelas Maret menggunakan kendaraan bebas emisi seperti mobil, motor dan sepeda listrik. Bahkan ada yang menggunakan dokar untuk mengantarkan para perwakilan wisudawan. Konsep kendaraan bebas ini dilakukan karena baterai lithium dalam kendaraan tersebut merupakan produk riset dari Universitas Sebelas Maret. Keren kan?

Advertisement

Universitas Diponegoro melaksanakan wisuda dengan menggunakan robot yang ditempeli foto mahasiswa sebagai peraga wisudawan

Wisudawan robot di Universitas Diponegoro via www.urbanasia.com

Para lulusan Universitas Diponegoro 2020 melaksanakan wisuda dengan cara yang berbeda. Sebanyak 2.591 orang wisudawan melaksanakan wisuda secara daring di rumahnya masing-masing. Dalam prosesi tersebut kehadiran para wisudawan digantikan oleh robot peraga. Robot-robot peraga tersebut merupakan hasil riset dari Universitas Diponegoro yang menghabiskan anggaran sebesar 40 sampai 50 juta, seperti dilansir dari Kompas. Sebelum Undip, salah satu universitas di Jepang yakni Business Breathrough University melaksanakan hal serupa.

Terakhir ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang menggemar wisuda dengan menggunakan gim Minecraft

ITS wisuda dengan gim Minecraft via www.youtube.com

Beberapa waktu lalu, kanal YouTube Institut Teknologi Sepuluh Nopember dibanjiri oleh orang yang menyaksikan prosesi wisuda mereka yang terbilang unik. ITS sendiri melakukan prosesi wisuda secara wisuda dengan memanfaatkan gim Minecraft yang mereka langgan. Ide konsep wisuda menggunakan gim Minecraft ini berawal dari salah satu dosen yang dibantu oleh 14 orang lain yang membangun graha Sepuluh Nopember lengkap dengan isinya. Menariknya lagi, gim tersebut dengan sempurna menggambarkan prosesi wisuda lengkap dengan karakter mahasiswa, rektor sampai dekan. Kreatif banget kan kampus ITS ini?

Salah satu karakter dosen via www.its.ac.id

Nah itu dia beberapa cara kreatif kampus dan sekolah saat melaksanakan wisuda virtual di tengah pandemi corona.  Perlu di akui, pandemi virus corona membuat banyak kampus lebih kreatif. Dari semua cara kreatif ini, kampus bertujuan membuat para mahasiswa tetap bisa merasakan prosesi wisuda seperti angkatan-angkatan sebelumnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE