Dunia balap.

Untuk mengharumkan nama bangsa di dunia ada banyak cara, salah satunya lewat pertandingan olahraga. Nah, pembalap Yamaha Racing Indonesia, Galang Hendra Pratama, sebentar lagi bakal berlaga di ajang World Supersport (WSS) 300 musim 2018. Pembalap asal Yogyakarta ini memiliki potensi berada di jajaran Top Rider di musim pertamanya berlaga di balapan dunia ini. Wah, asik banget ya Indonesia punya wakil di ajang bergengsi kayak WSS 300 musim 2018.

Potensi Galang Hendra pada laga kali ini diyakini berhasil baik karena saat menjadi pembalap wild card musim 2017, dirinya mampu meraih podium 1 di sirkuit Jerez, Spanyol. Saat test resmi awal musim Februari lalu di sirkuit Aragon, Spanyol, dia juga menjadi pembalap dengan catatan waktu tercepat. Seperti apa persiapan Galang Hendra menuju WSS 300 musim 2018? Simak dalam ulasan berikut ini.

Galang Hendra Pratama telah berlatih keras dan mengikuti latihan seperti pembalap kelas dunia seperti Valentino Rossi

siap berlaga di kejuaraan balap motor

Advertisement

“Saya telah mempersiapkan diri sebelum keberangkatan ke Eropa. Berbagai program latihan juga saya lakukan selama di Indonesia. Mulai dari latihan fisik dengan lari dan bersepeda, flat track, sampai menggunakan simulator balap,” – ujar Galang Hendra Pratama, pada Minggu (8/4/2018) di Sentul, Jawa Barat.

Persiapan Galang Hendra ini diadaptasi dari menu latihan yang didapat saat menempuh pendidikan di Master Camp VR│46 Academy, Tavullia, Italia. Dia menerapkan standar latihan seperti idolanya, Valentino Rossi, agar tetap dalam kondisi prima saat di Eropa nanti. Bertarung di negara Eropa semusim penuh, butuh fokus, reliability dan komitmen untuk terus dalam kondisi terbaik.

Perjalanan Galang Hendra selama ini pun nggak secara instan. Dia melalui proses yang cukup panjang, hingga bisa seperti sekarang

semakin di depan

“Proses perekrutan Galang yang cukup panjang sejak berkiprah di Motoprix, promosi ke Indoprix, IRS, ARRC, hingga WSS300 bisa di pelajari prosesnya. Saat ini, Yamaha Indonesia sudah mempersiapkan pembalap muda lainnya untuk project jangka panjang berikutnya,” – kata GM Motorsport & Aftersales PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), M. Abidin, pada Minggu (8/4/2018) di Sentul, Jawa Barat.

Advertisement

Kiprah Galang Hendra di dunia balap berjalan secara bertahap. Pembinaan sejak dini yang dia alami melalui kompetisi balap One Make Race YCR (Yamaha Cup Race), YSR (Yamaha Sunday Race), dan YRA (Yamaha Riding Academy). Hal ini di kombinasi dengan Motoprix dan IRS, serta mengirimkan pembalap muda berprestasi ditempa di VR|46 Academy, adalah program yang terarah dan realistis.

Musim 2018 ini, Galang Hendra akan balapan menggunakan motor YZF-R3 yang merupakan produksi pabrik Yamaha Indonesia. Motor ini sudah terbukti handal dengan menjadikan Galang Hendra sebagai orang Indonesia pertama yang juara di kejuaraan dunia. Terlebih, akan semakin istimewa karena tersemat logo “Semakin di Depan” pada bagian motornya dan baju balap pembalap, semua mewakili Indonesia untuk berprestasi di level dunia.

Selama balapan di WSS300, Galang Hendra akan disponsori oleh sponsor besar dari Indonesia diantaranya ENEOS dan PIRELLI serta didukung oleh HELMT SHOEI dan ALPINESTAR RACING SUIT. Untuk sponsor Eropa, Galang akan didukung oleh PATA SNACK yang merupakan sponsor Yamaha Motor Europe.

Yuk, terus dukung Galang Hendra Pratama untuk menjadi yang terbaik di ajang WSS300 2018!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya