5 Caraku Resapi Jiwa Nasionalisme di Tahun 2021. Sesederhana dan Seklise Mengunjungi Museum pun Bisa

Wujud nasionalisme anak muda

Sikap nasionalisme kerap digambarkan dengan hal-hal seperti mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, hingga berjuang seperti para pahlawan terdahulu. Kalau dulu, wujud nasionalisme lebih banyak tertuang dalam bentuk perjuangan secara fisik, saat ini kita tetap bisa melihat wujud nasionalisme dalam bentuk perjuangan yang lain.

Advertisement

Terlebih di situasi pandemi seperti sekarang ini, Indonesia membutuhkan lebih banyak orang yang berjiwa nasionalisme untuk bisa membebaskan Indonesia dari segala buntut permasalahan akibat pandemi. Kita juga bisa berkontribusi untuk mewujudkan sikap nasionalisme melalui kegiatan sehari-hari dan hal-hal yang sederhana.

Kita bisa bantu Indonesia bebas dari pandemi dengan menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker jika ingin pergi ke luar rumah

Memakai masker | Photo by Dollar Gill on Unsplash

Ingat kan di masa awal pandemi kita pernah kesulitan untuk mendapatkan alat perlindungan diri seperti masker dan cairan antiseptik? Saat ini, sudah banyak sekali merek yang menyuplai masker medis dan kain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat beraktivitas dengan nyaman. Tetapi, masih ada saja sebagian orang yang enggan menggunakan masker, padahal itu berguna untuk keselamatan dirinya sendiri dan orang di sekitarnya.

Hoaks juga turut berperan memecah psikis dan emosi masyarakat sehingga banyak yang mudah termakan oleh berita yang belum tentu valid. Di sini, peran kalangan muda sangat diperlukan untuk memberikan edukasi baik dari segi kesehatan maupun informasi terkait kebijakan selama pandemi. Hal sederhana seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan menjadi salah satu wujud nasionalisme kita karena dapat membantu Indonesia agar segera bebas dari pandemi.

Advertisement

Masyarakat juga turut terdampak dari segi ekonomi, sehingga kegiatan sosial dan berbagi kepada sesama juga bagian dari wujud nasionalisme di masa pandemi

Menggalang dana atau berbagi kepada seksama | Photo by Joel Muniz on Unsplash

Selain sektor kesehatan yang sempat lumpuh akibat kenaikan kasus yang tinggi, sektor ekonomi juga nggak kalah rapuh. PHK di mana-mana, kebijakan work from home dengan pemotongan gaji, dan tingkat pengangguran juga semakin tinggi. Bagi kita yang masih diberikan beberapa privilege dan rezeki yang cukup selama masa pandemi, menggalang donasi dan berbagi juga dapat membantu mengatasi keterpurukan ekonomi.

Melalui kegiatan sosial tersebut, setidaknya kita dapat ikut berperan aktif melawan virus yang telah mengacaukan banyak sektor hampir di seluruh dunia. Lewat hal ini juga, wujud nasionalisme dapat terlihat karena sisi kemanusiaan masih bergerak untuk membantu sesama.

Selain itu, kita juga bisa berkontribusi memajukan perekonomian dengan mendukung usaha UMKM dan merek lokal Indonesia

Advertisement

Dukung UMKM dan produk lokal | Illustration by HIpwee

Dunia digital saat ini memudahkan kita untuk mengakses beragam informasi secara cepat. Selain itu, kita juga lebih mudah menjangkau beragam produk yang kita inginkan hanya dengan sebuah ponsel. Dalam satu uliran jari, kita bisa melihat beragam merek dari seluruh dunia.

Kebanyakan merek luar negeri memang selalu mengedepankan kualitas dalam membuat suatu produk dan sepertinya industri di Indonesia sudah mulai bisa beradaptasi dan menghasilkan produk yang nggak kalah berkualitas. Sayangnya, lagi-lagi karena pandemi, para pelaku usaha UMKM juga terkena dampak dari segi ekonomi.

Oleh karena itu, yuk kita sama-sama bangkit dari pandemi dan mendukung pertumbuhan industri lokal Indonesia dengan mulai mengenakan produk dari merek dalam negeri.

Nggak harus berperang seperti pahlawan terdahulu, kita juga bisa mewujudkan sikap nasionalisme dengan mengunjungi museum sejarah yang ada di Indonesia

Mengunjungi museum juga wujud dari nasionalisme | Photo by Zalfa Imani on Unsplash

Kalau zaman dulu, berperang mungkin masih menjadi satu-satunya metode dan usaha yang bisa dilakukan untuk mempertahankan Negara Indonesia. Saat ini, kita tetap bisa kok mewujudkan sikap nasionalisme seperti para pahlawan dengan mengunjungi museum sejarah yang ada di Indonesia. Tenang, saat ini sudah banyak museum yang berbenah dan memerhatikan segi estetika sehingga pengunjung bisa menikmati museum dengan nyaman.

Nggak hanya terpusat di DKI Jakarta, kamu juga bisa mengunjungi museum yang ada di sekitar tempat tinggalmu untuk mempelajari dan mengetahui fakta unik mengenai sejarah zaman dulu. Dengan begitu, kita tetap bisa mengadopsi nilai-nilai nasionalisme dari para pejuang.

Terakhir, menghargai dan menghormati segala bentuk perbedaan juga merupakan bentuk sikap nasionalisme

Menghargai dan menghormati segala perbedaan | Photo by Clay Banks on Unsplash

Belakangan ini, perbedaan kerap dianggap sebagai sesuatu yang diharamkan terjadi. Mulai dari perbedaan pendapat, perbedaan warna kulit, dan masih banyak perbedaan lainnya yang kerap dianggap sebagai sekat untuk berkarya. Padahal, rasanya sesuatu bakal terasa lebih menyenangkan kalau kita bisa menghargai dan menghormasi segala bentuk perbedaan. Yuk, sudahi segala bentuk diskriminasi demi Indonesia yang lebih baik 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE