Bikin Kangen, Ini 11 Wujud Uang Lama yang Masih Sempat Dinikmati Generasi 90-an. Auto Nostalgia!

Wujud uang lama

Layaknya teknologi yang terus berkembang, wujud dan rupa uang rupiah di negara kita ini juga selalu berganti mengikuti perubahan zaman. Nominalnya pun juga terus diperbarui, mengikuti perkembangan kondisi ekonomi negara, seperti inflasi atau kurs terhadap dolar. Zaman dulu mungkin orangtua kita masih bisa jajan pakai duit 1 rupiah doang, sekarang mah nominal segitu udah nggak berlaku lagi. Bentuknya kayak apa cuma bisa kita lihat lewat Mbah Google.

Jangankah zaman ortu kita, uang yang berlaku saat generasi 90-an eksis aja udah banyak yang musnah, berganti dengan desain atau nominal baru. Waktu itu inget banget sih, harga bakso di sekolah masih kisaran 200-500 perak aja! Dapet uang saku Rp 2.000 tuh udah berasa banyak banget sampai bisa traktir chiki temen sebangku. Kalau sekarang duit segitu buat parkir aja nggak cukup ya. Dipikir-pikir kangen juga nggak sih sama uang-uang lama ituuu? Nah, untuk mengobati sedikit kerinduan sama duit-duit jadul, yuk, generasi 90-an merapat, kita nostalgia bareng~

1. Mari mulai dari nominal terkecil dulu. Waktu harga jajanan atau mainan nggak sampai 500 rupiah, uang 50 perak gini masih berharga banget ya, Guys

Kalau sekarang nominal segini biasanya jadi pembulatan, misal harusnya dapet kembalian 150, cuma dibalikin 100 aja via www.tokopedia.com

2. Atasnya 50 ada 100 rupiah. Sebelum ada koin 100 yang sekarang masih berlaku, bentuk koin 100 rupiah tuh kayak gini. Sekarang aja mungkin nominal segini udah banyak dilupakan. Kalau jatuh dibiarin aja

Duit segini zaman dulu masih bisa dipakai beli jajanan depan sekolah via inkuiri.com

3. Selain yang koin, dulu juga masih ada 100 perak berbentuk kertas gini. Bagus nggak sih perpaduan warnanya~

100 rupiah kertas yang sekarang udah nggak berlaku via id.pinterest.com

4. Ini sih yang paling fenomenal. Nggak tahu juga sih kenapa pecahan 500 kertas ini jadi yang paling diinget gitu. Mungkin karena gambarnya orang utan ya?

Pecahan 500 berbentuk kertas yang ada gambar orangutannya via www.bukalapak.com

5. Selain berbentuk kertas, ada juga pecahan 500 yang wujudnya koin gini. Sekarang sih 500 koin juga masih ada ya, cuma dengan rupa dan desain yang berbeda

Koin 500 zaman dulu kayak gini Gaes via www.boombastis.com

6. Nominal 1.000 rupiah zaman sekarang mungkin lebih dikenal yang bentuk koinnya. Sebelum BI ngeluarin yang versi koin, pecahan ini cuma tersedia versi kertas aja dan desainnya beda sama sekarang

Uang kertas pecahan 1.000 beda sama sekarang via www.uang-kuno.com

7. Ada juga nominal 5.000 rupiah, desainnya juga beda sama yang sekarang. Kalau ini dominan warna cokelat gitu

Pecahan 5.000 rupiah bentuk kertas via www.bukalapak.com

8. Sepuluh ribu rupiah zaman kita kecil dulu tuh mungkin nilainya setara kayak 50.000 zaman sekarang ya? Kalau dikasih duit segini rasanya kayak auto kaya

Pecahan 10.000 gambar Cut Nyak Dien via www.boombastis.com

9. Apalagi duit 20.000 gini, yang mungkin cuma bisa kita dapetin dari orangtua atau saudara-saudara kita pas lebaran atau momen-momen bagi angpao

Duit segini kayaknya udah bisa buat beli baju nggak sih? via www.olx.co.id

10. Sebelum mengenal 50.000 kertas warna biru kayak sekarang, dulu desainnya begini Gaes, lebih kalem ya warnanya~

Pecahan 50.000 yang warnanya abu kehijauan via www.tokopedia.com

11. Rupiah dengan nominal tertinggi: 100.000! Sampai sekarang juga masih jadi nominal paling tinggi sih. Cuma beda desain aja

Kalau dulu ada bunga warna merahnya itu yang transparan dan halus kalau diraba via www.goodnewsfromindonesia.id

Gimana Guys nostalgianya? Puas nggak? Kira-kira ada lagi nggak wujud uang yang kamu sempat nikmati dulu, tapi belum masuk daftar di atas? Komen ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE