Sejalan dengan kemajuan teknologi dan kemunculan berbagai gadget yang canggih saat ini, selfie atau swafoto menjadi tren yang banyak diminati oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Layaknya penyakit menular, selfie bisa dilakukan oleh siapapun dan dalam kondisi apapun. Para pelaku selfie ini bahkan rela mengejar momen dan mengunggahnya di media sosial demi mencari perhatian.
Mirisnya, beberapa aksi para pelaku selfie justru menuai kontroversi dan kecaman dari berbagai pihak. Pasalnya, cara mereka berfoto dilakukan secara nggak lazim dengan memanfaatkan tempat atau objek yang nggak sepantasnya dilakukan. Hipwee telah merangkum beberapa foto selfie yang dikecam oleh netizen berikut.

1. Nggak cuma dikecam, dokter dan tim medis anestesi yang melakukan foto narsis saat melakukan operasi di Tiongkok dipecat dari pekerjaannya

padahal lagi operasi via i1.wp.com

Foto narsis yang terpampang di jejaring sosial ini memperlihatkan para tim medis sedang asyik berpose di tengah proses pembedahan pasien. Nggak ketinggalan, dokter bedah yang memimpin operasi bahkan beberapa kali ikut berfoto ria.
Pengelola Rumah Sakit Fengcheng, Kota Xian, Provinsi Shangxi, China, sontak menerima kecaman publik setelah foto tersebut beredar di dunia maya. Kejadian ini merupakan tindakan memalukan yang dianggap melanggar kode etik pekerjaan. Bahkan Dinas Kesehatan Kota Xian pun kecewa melihat kejadian tersebut. Setelah serangkaian investigasi, seluruh tenaga medis yang nampak di foto tersebut langsung dipecat.

2. Seorang Polisi di Turki dikecam netizen atas foto selfie-nya di depan orang yang ingin bunuh diri

Advertisement

polisi kok begini kelakuannya.. via assets.nydailynews.com

Ulah seorang polisi di Turki ini menjadi salah satu penyebab kemarahan publik. Bukannya melaksanakan kewajiban dengan sigap, polisi Turki yang belum diketahui identitasnya ini malah berfoto selfie di depan orang yang ingin melakukan bunuh diri.

Peristiwa ini terjadi di jembatan selat Bosphorus, Turki. Naasnya, beberapa menit setelah polisi itu melakukan selfie, pelaku bunuh diri loncat dari jembatan dan dia tewas mengenaskan.
Peristiwa ini terekam oleh kamera yang berada nggak jauh dari tempat itu. Setelah foto selfie beredar di media sosial, kecaman demi kecaman dilayangkan. Publik menganggap bahwa tindakan memalukan yang dilakukan polisi itu sangat mengabaikan norma hukum.

3. Ibu macam apa ini? Ia mengambil dan mengunggah foto anak balitanya yang tengah menghisap rokok

duh, rusak nih moral ibunya via uniqpost.com

Pengguna media sosial geger dan geram dengan foto yang diunggah oleh pengguna Facebook bernama Ve Royy Alvero Ga. Dalam foto yang di beri status “Jagoan mom & papp”, tampak tangan si Ibu menempelkan rokok yang terbakar ke mulut balita.
Netizen yang berkomentar memberi kecaman kepada pengunggah foto tersebut tanpa terkecuali. Mereka menganggap sang Ibu mengajarkan hal yang nggak sepantasnya diberikan untuk anak balita.
Si pengunggah foto, Ve, berkilah bahwa rokok tersebut hanya menempel di mulut dan nggak dihisap oleh anaknya. Menurut Ve, anaknya akan membenturkan kepalanya ke tembok jika nggak di tempeli rokok di mulutnya. Untuk itu Ia menuruti permintaan anaknya tersebut.

4. Sepasang kekasih diprotes karena foto wefie mereka yang berlatar belakang kebakaran di salah satu hotel bintang lima di Dubai

selfie saat hotel terbakar via images.indianexpress.com

Pasangan ini mengunggah foto pada malam tahun baru dengan berlatar belakang kebakaran di salah satu hotel bintang lima di Dubai. Potret yang diunggah oleh AR Alateeqi itu memuat caption, New Year my dear Dubai. May God bless you and keep you safe, you always surprise us with the biggest fireworks.”

Sontak, foto yang diunggah di Instagram tersebut menuai berbagai komentar. Meski ada yang menanggapinya dengan candaan, namun nggak sedikit juga yang menganggap bahwa foto itu nggak pantas. Meluas ke jejaring media sosial lain, yakni Twitter, netizen langsung menyebutnya sebagai satu bentuk ketidaksopanan.

5. Alih-alih khidmat mengikuti acara perkabungan Mandela, Obama dan Thorning-Schmidt tampak asyik berfoto selfie

pak presiden aja selfie.. via techstroke.com

Dalam foto yang tertangkap kamera ini, Obama, Presiden AS tengah asyik berfoto selfie bersama Thorning-Schmidt, Perdana Menteri Denmark dan David Cameron, Perdana Menteri Inggris. Foto ini diambil saat ratusan pemimpin dan tokoh dunia berkumpul di Stadion First National Bank (FNB), Johannesburg, Afrika Selatan, untuk memperingati wafatnya mantan Presiden Nelson Mandela.
Foto narsis Obama, Thorning-Schmidt, dan Cameron mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak, terutama di media sosial. Banyak yang menilai foto itu nggak pantas untuk dilakukan pada acara perkabungan Mandela.

6. Dokter asal Malaysia ini bikin netizen geger, ia berfoto ria saat memegang kelamin pasiennya

bener-bener, ya.. via static.pulse.ng

Foto selfie seorang dokter wanita di Malaysia tengah memegang kemaluan pasiennya ini sempat viral di dunia maya. Foto tersebut menjadi objek bulan-bulanan netizen yang marah melihat adegan tersebut. Dalam foto itu, sang dokter mengacungkan dua jari, sementara tangah kanannya memegang kelamin pasien yang terbaring di tempat tidur.

Foto tersebut menjadi perbincangan setelah diunggah oleh aku Facebook bernama Kak Long. Dalam unggahannya, Kak Long menuliskan, “Saya terkejut oleh tingkat kebodohan dan kesombongan dokter junior di salah satu rumah sakit pemerintah di Johor Bahru. Gambar ini ditunjukkan kepada saya oleh salah satu teman saya, ternyata ibu ini adalah memiliki semacam kebidanan darurat, dan bukannya mengambil masalah ini dengan serius, mereka memilih untuk mengambil foto”. Dalam pengakuannya, Kak Long merasa tersinggung atas kecerobohan yang dilakukan oleh sang dokter.

7. Gara-gara kelebihan muatan para pelaku selfie yang alay, jembatan layang di Aceh roboh

akibat selfie berjamaah

Liburan panjang menjelang akhir tahun kala itu membuat para wisatawan banyak berburu tempat wisata, termasuk jembatan layang di Aceh yang menjadi tujuannya. Jembatan yang terletak di kawasan hutan lindung Langsa Baro, Aceh ini roboh akibat kelebihan para pengunjung yang memaksa berjubel di atas jembatan untuk berfoto selfie.

Akibat peristiwa tersebut, aksi para pelaku selfie ini dikecam banyak orang yang menyayangkan robohnya jembatan layang. Bukannya menggunakan fasilitas wisata dengan baik, malah melakukan tindakan ceroboh yang membahayakan orang banyak.

8. Gadis asal Amerika Serikat dikecam netizen karena foto-foto dengan hewan liar dan langka hasil buruannya

hewan dilindungi lho, ini

Kendall Jones, gadis asal Amerika memiliki hobi berburu hewan-hewan liar dan ganas. Gadis yang mengenyam pendidikan di Texas Tech University ini mendadak jadi perbincangan di dunia maya karena foto-foto yang diunggahnya. Dalam foto itu, Kendall Jones tampak berfoto dengan hewan liar yang sudah mati yang nggak lain akibat ulang tangan jahatnya sendiri.
Sontak foto-foto tersebut mengundang amarah para netizen dan mengecam aksi Kendall Jones yang dianggap merusak ekosistem alam. Puncaknya para aktivis pecinta hewan mengeluarkan petisi online agar Facebook menutup dan menghapus akun Facebook milik gadis muda ini. Petisi online tersebut kini sudah mendapatkan dukungan dari lebih dari 60 ribu orang.

9. Petugas ambulans mengambil foto dengan mengacungkan jari tengah di dekat pasien yang sekarat

lagi sekarat via i.ytimg.com

Petugas medis perempuan asal Rusia bernama Callous Tatiana Kulikova, ditangkap polisi setempat lantaran berfoto selfie dengan pasien sekarat di mobil ambulans.
Dalam sebuah foto yang diunggahnya, Kulikova menampilkan seorang pasien korban kecelakaan yang mengalami luka parah, terlihat juga jari tengah si perawat itu mengacung ke arah pasien yang sekarat. Parahnya lagi foto-foto selfie tersebut justru ia unggah ke akun media sosial miliknya sehingga memicu amarah dan emosi keluarga pasien yang merasa ruang privasinya dilecehkan dan merasa bahwa petugas medis ambulans tersebut melanggar kode etik tenaga kesehatan.

10. Kamu masih ingat tragedi rusaknya Taman Bunga Amarilys di Yoyakarta? Ya, ulah tukang selfie penyebabnya

taman amarilys jadi rusak via liburmulu.com

Taman bunga Amarilys ini begitu indah sampai digadang-gadang mirip taman-taman di Eropa. Hamparan bunga yang terletak di Desa Asemayu, Pathuk, Gunungkidul, Yogyakarta ini awalnya jarang diketahui. Kebun bunga tersebut mulai ramai diserbu ribuan pengunjung setelah foto keindahan taman milik seorang warga setempat itu beredar di media sosial.

Sayangnya, hamparan bunga indah di Gunungkidul ini harus hancur akibat ulah para pengunjung nggak bertanggung jawab. Mereka hanya berburu foto berlatar eksotisnya taman bunga dan tanpa peduli ternyata malah menginjak-injak tanaman itu. Peristiwa ini menyulut perhatian netizen yang kemudian mengecam tindakan yang kurang beretika tersebut.

Selfie adalah hal yang wajar, di mana merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri dengan mengabadikan momen. Tapi, jika selfie ini dilakukan tanpa mengindahkan lingkungan sekitar dan etika yang berlaku, maka akan dianggap sebagai hal yang kurang pantas dilakukan. Terlebih jika mengunggahnya di media sosial. Nah, semoga kamu nggak termasuk salah satunya, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya