10+ Rahasia di Balik Efek Suara Keren di Film. Ternyata Cara Bikinnya Nggak Semudah yang Kita Kira~

Proses pembuatan efek suara di film

Pernah kepikiran nggak sih, detail suara-suara seperti tebasan pedang, gelegar petir, kuda berlari, atau suara pintu berderit di setiap adegan film itu asalnya dari mana? Itu suara benda yang berkaitan atau bukan, ya?

Advertisement

Saat merekam gambar, ada kemungkinan efek suara yang muncul terlalu kecil atau ada banyak gangguan yang menyebabkan suaranya jadi nggak begitu terdengar. Nah, di sinilah muncul yang namanya foley atau teknik pengambilan efek suara yang dilakukan secara terpisah oleh orang yang sudah ahli di bidangnya. Teknik pengambilan efek suara ini memang sering dilakukan untuk membuat suara yang ada dalam film jadi lebih realistis dan selaras dengan adegan yang ditampilkan.

Faktanya, dibutuhkan usaha keras dan keterampilan khusus untuk bisa menghasilkan efek suara yang representatif dan maksimal. Kamu nggak bakal nyangka kalau ternyata proses pembuatan efek suara ini lebih memukau ketimbang nonton filmnya lo.

1. Biar suara langkah kaki lebih kentara, ditebalin lagi dong sama artis foleyMau pakai heels juga hajar!

Advertisement

2. Karena mungkin bakal berisik saat mengambil gambar pas jalan di semak-semak, maka efek suara bisa diciptakan~

3. Apalagi pas syuting berenang di laut yang sudah pasti bakal susah ambil suaranya. Jadi, ya, minta tolong digarapin efek suaranya …

4. Jadi ngilu kalau makan tomat, berasa jadi zombie. Iyuuuhhh~

Advertisement

5. Suara berdecit kayak gini pas banget buat mengisi langkah kaki tikus yang lagi cari makan malam-malam di meja makanmu

6. Begini nih caranya ngisi suara mesin mobil di film-film balapan~

7. Ada yang nyeri nggak gigi atau kupingnya dengar beginian? Tapi kok pas nonton Transformer biasa saja, ya?

View this post on Instagram

Suaranya Bumblebee! ? #burokhim #soundeffects

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

8. Bisa jadi ini efek suara yang dibikin saat Awkarin naik kuda waktu itu 😀

View this post on Instagram

Berasa mau pacuan kuda~ ? #burokhim #soundeffects

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

9. Pasti kamu sering dengar suara ini pas nonton film-film horor. Atau malah tutup kuping?

View this post on Instagram

Annabelle~~ #burokhim #soundeffects

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

10. Suara ini bisa buat mengisi beberapa scene sih. Kereta dorong bisa, goncangan atap bangunan pas kena bencana juga bisa

View this post on Instagram

Ini suara keret didorong?? #burokhim #soundeffects

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

[BONUS]

Efek suara apakah ini? Yang sudah dewasa pasti tahu dooooong~ :p

Pada prosesnya, kerap kali para artis foley ini menggunakan benda-benda sederhana untuk bisa menghasilkan efek suara di berbagai adegan. Selain itu, mereka juga menggunakan obyek asli untuk meniru efek suara dalam adegan. Itu baru satu adegan, bayangkan saja, mereka harus membuat efek suara untuk keseluruhan film! Sekarang paham, kan, bahwa proses bikin film itu nggak gampang?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE