Sekarang ada banyak banget pilihan media sosial yang bisa kita gunakan. Twitter, Path, Foursquare, dan Instagram cuma 4 di antaranya. Ini beda banget dari 5-6 tahun yang lalu, waktu Facebook masih jadi “raja” tunggal.

Pernah nggak sih kamu penasaran: di antara sekian pilihan media sosial, kenapa sampai sekarang kamu masih bertahan di Facebook? Apalagi kamu pasti punya teman yang sekarang udah “pindah” ke platform medsos yang lain, entah karena ngerasa Facebook terlalu rame, atau karena di Facebook ada bokap sama nyokapnya. Ha, kalau kamu bingung juga kenapa kamu masih main Facebook sampai sekarang, disini Hipwee punya beberapa jawabannya!

1. Bagi sebagian orang, Facebook adalah pengingat bahwa dulu ada seonggok situs yang namanya Friendster

Advertisement

Facebook mulai merebut perhatian secara global di tahun 2008. Sebelumnya? Kita cuma bisa mengandalkan seonggok situs yang namanya Friendster. Padahal tampilan Friendster tuh alay banget, b3Lum La9i banYaK tuLiisannn-tuLisaNN m0deL 9iNi yang sebenarnya ganggu mata.

Satu lagi: kalau di Friendster, stalking gebetan ada notifikasinya! Selain malu kalau ketahuan, kamu pun jadi harus ninggalin testimonial buat dia. Misalnya: “Eh,, fOt0 kAmU bA9us,,”  Nggak enak banget ‘kan buat stalking?

2. Makanya kamu jatuh cinta sama Facebook, yang punya tampilan rapi dan memudahkan stalking

Yang masih stalking mana suaranya???

Yang masih stalking mana suaranyaaaa? via nt.interia.pl

Dibandingin Friendster, Facebook punya tampilan yang jauh lebih berkelas. Warnanya biru, tulisannya putih. Simpel. Rapi. Dulu sih belum ada yang namanya FarmVille. Iklan produk yang aneh-aneh pun belum banyak atau bisa dikatakan jarang. Gimana kamu nggak jatuh cinta?

Advertisement

Lebih kerennya lagi, ngelihat-lihat profile page temen jadi lebih nikmat karena Facebook. Fotonya banyak dan lebih bagus daripada Friendster. Informasinya pun lebih genah: sekolah yang dicantumin ya sekolah beneran si temen kita itu (bukan Harvard), hometown ya hometown asli dia (bukan New York atau Tokyo), dan namanya ya nama asli dia! Nilai plusnya? Stalking di Facebook gak ketahuan!

3. Setelah beberapa lama, FB jadi “biasa aja”. Kamu pun jarang main FB lagi. Kamu hanya mempertahankan akun buat jualan…

KZL...

KZL… via www.facebook.com

Kamu bisa jualan di Facebook, men! Temen-temen kamu banyak yang masih disini, dan memang di Facebook kamu bisa nge-tag sebebas-bebasnya.  Tapi ini ada imbasnya juga lho. Belum tentu temen-temen kamu itu sebenernya rela namanya di-tag di foto produk/jasa mereka… #numpangpromoyah

4. Mungkin juga, kamu punya Facebook biar gak ribet log-in ke situs lain…

Denger musik aja perlu Facebook

Denger musik aja perlu Facebook via www.deezer.com

Selain Twitter, Facebook adalah salah satu alternatif buat mendaftar maupun login ke beberapa situs saat ini. Daripada ngisi formulir dari awal dan menyerahkan alamat email kamu, mending daftar pake Facebook aja kan? Cerdas!

5. Mungkin juga kamu bertahan berkat fitur chat dan video calling-nya

Kalau kamu mau video siapa?

Kalau kamu mau video siapa? via www.techgoondu.com

Gak perlu punya Skype, kamu pun bisa melayani panggilan video lewat Facebook. Mudah, jernih, oke. Asal koneksi internetnya ngedukung sih. Nah yang terakhir ini sih yang agak mustahil. *nyengir*

6. Atau, karena kamu punya terlalu banyak kenangan berharga disini

Kenangan manis di Facebook

Kenangan manis di Facebook

Mungkin kamu memang termasuk orang yang susah move on. Udah males sih sebenernya sama Facebook, tapi disini banyak banget foto-fotomu sama mantan, keluarga, temen-temen SMA, atau temen kuliah. Ga mungkin lah kamu ngebuang itu semua! Alhasil kamu pun tetap rutin nongol di Facebook, cuma buat ngecek teman-teman atau keluarga yang sekarang udah beda kota.

7. Bisa juga kamu pakai Facebook karena terlalu malas bikin undangan beneran

Ciyeee kawin...

Ciyeee kawin… via weddingengagementnoise.com

Maaan!!! Undangan lewat Facebook aja, meeen Hemat, ramah lingkungan. Yang datang pun juga hemat alias dikit!

8. Facebook itu sebenarnya penting, karena kalau gak ada itu, kamu gak bakal tahu kapan teman-temanmu ulang tahun.

Untung ada facebook via www.facebook.com

Facebook adalah metode termudah untuk mengingatkan kamu kapan teman-temanmu ultah. Biar kamu disangka selalu perhatian! Kalau kamu perhatian banget, bahkan kamu juga akan menyempatkan diri nyelametin mereka yang sebenarnya nggak terlalu kamu kenal juga.

8. Facebook adalah tempat yang terbuka buat beropini!

Siapa aja boleh beropini dan menyebar berita

Siapa aja boleh beropini dan menyebar berita

Harga BBM naik? Facebook rame. Kolom KTP boleh dikosongin? Facebook rame. AADC? Facebook rame! Wajar sih, karena Facebook adalah tempat yang terbuka dan siapa aja boleh beropini disana. Syukur-syukur sekali-kali kamu menemukan opini yang membuka mata, terus bisa kamu kasih jempol.

 9. Karena Facebook masih jauh lebih mending daripada Google+

Lebih baik daripada Google+, untuk sekarang

Lebih baik daripada Google+, untuk sekarang via www.huffingtonpost.com

Waktu pertama kali diluncurkan, harapannya Google+ bisa menyaingi Facebook. Tapi kenyataannya, not even close. Ngacung deh, siapa dari kamu yang masih gak tahu sebenernya Google+ itu okenya apa?

10. Kamu masih aktif di Facebook … karena fitur share ke Facebook ada di Path

Dari Path ke Facebook

Dari Path ke Facebook via rendipeterson.com

Jadi daripada News Feed teman-teman kamu sepi, mending isi Path-mu di-share ke Facebook. Sebenernya sih kamu juga jarang banget ke situs Facebook-nya sendiri, karena hampir semua aktivitasmu di Facebook adalah hasil share kamu dari Path.

11. Alasan terakhir? Kamu gak mau pisah dari Facebook karena ingin baca Hipwee tiap hari…

Aduh jadi tersanjung

Aduh jadi tersanjung via www.facebook.com

Aduh, Hipwee juga gak mau pisah dari kamu kok. 🙂

Intinya entah itu buat jualan, buat hiburan, buang-buang waktu, maupun untuk membaca situs kalian tercinta ini, Facebook sepertinya akan menjadi bagian hidup yang sulit dipisahkan dari dirimu. Nah, apa ada alasan yang lupa Hipwee cantumkan di atas? Boleh kamu bagikan di kolom komentar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya