Beberapa waktu lalu viral seorang anak yang menunggang motor kecil di jalanan lalu ditilang oleh polisi yang bertugas. Bukannya bermaksud bikin anak ketakutan, polisi menilang lalu mengantarkannya pulang agar orangtua anak tersebut lebih berhati-hati membiarkan anak bermain dengan risiko yang membahayakan. Meskipun sedikit miris, tapi warganet sempat gemas dan terbahak melihat tingkah anak yang menangis dan takut motornya akan dibawa polisi.

Demi menghindari risiko bahaya yang ada di mana-mana, orang tua memang harus dibekali pengetahuan mumpuni sehingga nggak membiarkan anak sembarangan bermain. Seperti beberapa permainan berikut ini yang sangat nggak cocok buat anak-anak. Meski alasannya agak nyeleneh, tapi masuk akal juga kok. Lagipula, lebih baik membiarkan anak-anak bermain dengan benda-benda asyik yang bisa melatih tumbuh kembangnya lho. Nggak bisa langsung main yang bikin mereka pusing. Yuk, simak!

1. Motor kecil yang sudah menggunakan mesin sebenarnya dilarang dimainkan di luar sirkuit balap. Motor ini memang bisa menaikkan level keren anak-anak 90% tapi nggak sebanding dengan risikonya

Mukanya biasa aja, Dek! via www.hipwee.com

Belajar dari kasus yang pernah kejadian nih, dua bocah menangis ketakutan akibat kena tilang polisi saat mengemudikan motor kecil di jalan raya. Imut sih, tapi kalau kenapa-kenapa, kan, kasian 🙁

2. Main domino juga nggak banget dong buat anak-anak yang masih TK. Mungkin memang ada unsur berhitungnya, tapi masa pakai domino sih? 🙁

nanti keterusan sampai dewasa via www.hipwee.com

3. Nah, Mobile Legend juga nggak seharusnya buat anak-anak lho. Bayangkan kalau dia belanja diamond sampai habis jutaan, tekorlah!

repot kalau sudah begini 🙁 via www.hipwee.com

4. Meski gemas dan bentuknya lucu, mainan slime bisa disalahartikan sebagai makanan sama anak TK. Nanti kalau ketelan bagaimana ngeluarinnya?

pencet-pencet tarik, begitu aja terus sampai lebaran kuda via www.hipwee.com

5. Monopoli juga belum saatnya deh. Selain karena terlalu rumit buat anak-anak, kalau besarnya si anak suka memonopoli semua hal, apa nggak serem? 😀

semua karena uang via www.hipwee.com

6. Beda lagi alasannya kenapa anak kecil belum boleh main Gundam. Mahal, Cyiiin!

kecuali tajir sedari kecil via www.hipwee.com

7. Nggak seharusnya juga mereka main gamebot deh. Sumpah, karena mainan ini terlalu jadul sih~

jadul dan nggak ada nilai tradisionalnya via www.hipwee.com

8. Jangan main Barbie, nanti si anak jadi perfeksionis dalam hal penampilan. “Pokoknya harus secantik Barbie,” kan serem!

berapa banyak yang oplas demi dapat muka Barbie via www.hipwee.com

9. Petak umpet diciptakan untuk mereka yang sudah dewasa dan punya kemampuan navigasi bagus. Anak-anak bisa sembunyi kejauhan dan nggak ketemu-ketemu

apalagi kalau petak umpetnya malem-malem via www.hipwee.com

10. Warna-warna di mainan rubik memang bikin anak kesengsem. Tapi jangan dibelikan karena kemungkinan dia bisa menyelesaikannya itu kecil

nanti pusing cari rumusnya loh via www.hipwee.com

11. Nah, yang terakhir ini belakangan jadi isu serius nih. Aksi robek uang yang viral dan diberitain di mana-mana, takutnya ditiru

Nanti ketagihan dan sobek uang beneran, pusing! via www.hipwee.com

Advertisement

Bukannya berniat membatasi ruang gerak anak, ya. Tapi di zaman yang penuh dengan godaan moral ini anak patut dijaga dari hal-hal yang justru bisa membahayakan mereka tanpa disadari. Konteks bahayanya juga nggak melulu tentang bahaya yang bersifat fisik, tapi juga mental. Tapi tenang saja kok, uraian di atas bukan sebuah hal mutlak, bukan anjuran ilmuwan, bukan anjuran pakar. Jadi santai saja dong, jangan ngegas dan buru-buru mau komentar mencak-mencak. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya