Dalam beberapa hari ke depan, bulan suci Ramadan akan segera datang. Untuk menyambut bulan yang begitu dinantikan ini, pastilah kamu bakal menyiapkan banyak hal untuk melengkapi khusyuknya ibadah yang akan kamu jalani selama satu bulan ke depan.

Mungkin saat ini kamu sudah mulai membuat draf broadcast message yang berisikan ungkapan maaf-maafan, juga sudah terpikir untuk menyiapkan baju baru untuk lebaran. Masih ada lagi nih persiapan yang kayaknya perlu kamu lakukan agar melewati bulan Ramadan dengan afdol.

1. Pesan maaf siap-siap kamu rangkai dan kirimkan. Mumpung ada momen bersih hati menyambut Ramadan

maafin ya...

maafin ya… via www.brisbanetimes.com

Advertisement

Biasanya jelang puasa akan ada banyak broadcast message yang masuk di telepon genggammu. Ya, pesan itu pun berisikan ungkapan maaf-memaafkan serta ucapan untuk menjalani ibadah puasa.

Memulai bulan suci dengan hati bersih memang jadi awal yang bagus untukmu. Sebagai persiapan, kamu bisa mulai merangkai kata dan mengirimkannya ke orang-orang di kontakmu. Kalau orangnya dekat, ucapan maaf bisa disampaikan langsung. Selain membersihkan hati, maaf-maafan juga bisa menyambung silaturrahmi.

2. Kalau sama mantan ada urusan yang belum terselesaikan, sekalian kirimi dia pesan. Siapa tahu bisa bikin lega sebelum kalian berpuasa

Dek...

Dheg! Dihubungi mantan! via www.mundotkm.com

“Hai, udah mau puasa nih, maafin semua salahku yang dulu, ya.”

Advertisement

Kalau sebelumnya hubungan kalian setelah putus jadi dingin dan nggak baik, kamu bisa mulai menghubungi si mantan duluan untuk sekadar meminta maaf atas semua kesalahan yang mungkin belum selesai. Siapa tau dari pesan tersebut, hubungan kalian bisa jadi lebih baik lagi.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen jelang Ramadhan sebagai ajang untuk kamu bernostalgia dengannya. Daripada baper sendiri dan hanya memendam, sah-sah aja kok kalau kamu mau memulainya dengan memancing hal-hal yang dulu dilakukan bersama. Ya, siapa tau aja nanti kalian bisa jadi balik sama-sama.

3. Ramadan di perantauan bikin anak kos kangen rumah. Siap-siap dapet kiriman asupan gizi dari keluarga buat amunisi puasa

nyum :3

nyum :3 via masteresep.com

Persiapan yang satu ini mungkin jadi hal yang paling ditunggu oleh para perantau dan anak kost. Yap! Asupan gizi dari makanan yang dibuat keluarga di rumah dan dikirimkan padamu untuk menemani makan sahur dan buka puasa yang menjamin kesehatanmu terjaga dengan baik.

4. Persiapan amunisi makanan siap saji penting banget! Apalagi kalau kamu bangun sahur mepet imsak

nugget~

makanan siap saji, tinggal goreng jadi via www.ibudanbalita.com

Membeli amunisi makanan siap saji seperti mie instan, nugget, sosis, dan susu kental manis juga menjadi sebuah persiapan yang nggak boleh kamu lewatkan gitu aja. Ya, terutama bagi kamu anak rantau yang tinggal sendiri di kostan, karena itu akan menjadi teman terbaikmu saat sahur datang.

5. Buka puasa bersama alias bukber bakal jadi ajang kumpul penuh canda. Mulai lacak kembali kontak teman-temanmu yang lama

bukber!

bukber! via smubr.com

Hal yang perlu kamu siapkan berikutnya adalah kembali mengumpulkan kontak teman-temanmu yang mungkin hilang, agar acara buka puasa bersamamu bisa lebih berwarna. Ya, daripada kamu buka puasa sendirian aja kan, lebih baik bersama-sama sambil menjaga jalinan pertemanan kalian supaya bisa lebih erat lagi.

6. Kan nggak tau kalau belum dicoba, siapa tau ada momen juga untuk buka puasa bersama si dia! Siapkan mental ya 🙂

buka puasa bareng

buka puasa bareng dia via www.siobg.com

Keseruan kumpul-kumpul dengan teman lama dan juga kenalan baru dalam berbagai acara selama puasa bersama mungkin bikin kamu jadi penasaran sama satu orang. Siapa tahu setelah ajang bertemu dan komunikasi selanjut itu, ada kesempatan lebih untuk kamu dan dia bisa buka puasa sama-sama. Kamu nggak tau kan kalau belum dicoba? 😀

7. Pulang tarawih disambut suara petasan dan meriahnya kembang api. Biar nggak penasaran, ikutan ramein boleh juga sesekali

dorrr!

dorrr! via www.kaskus.co.id

Rasanya bermain mercon saat bulan puasa adalah sebuah hal yang bisa dipisahkan oleh anak-anak saat setelah pulang tarawih. Nggak masalah juga kalau kamu mau kembali bernostalgia masa kecilmu dengan menyiapkan petasan dan kembang api untuk puasa nanti.

Tapi selalu ingat untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan ya. Jangan sampai mengganggu warga sekitar juga. Kalau orang lain jengkel kan, pahala puasamu jadi berkurang juga. Hehe.

8. Stok film juga jangan lupa kamu siapkan. Waktu puasamu nanti bisa jadi nggak terasa. Tau-tau udah saatnya buka aja~

nonton film.

nonton film. via id.aliexpress.com

Kalau kamu mau jam puasamu nggak akan terasa, coba deh untuk stok banyak film. Ketika kamu menikmati film-film yang kamu suka itu, dijamin rasanya saat puasa nggak akan terasa. Tau-tau udah waktunya buka aja. Menyenangkan, kan?

9. Minggu terakhir sebelum Ramadan, mall bakal penuh oleh yang berburu baju lebaran. Kamu juga tergoda ikutan, kan?

mall...

rame banget orang belanja via urbanradiobandung.com

Rasanya puasa aja belum, tapi pada weekend terakhir sebelum puasa tiba, entah kenapa mall menjadi tempat yang paling diburu oleh manusia. Termasuk kamu mungkin salah satunya yang turut berburu baju baru untuk lebaran. Pasti pikiranmu adalah kalau saat sudah puasa dan dekat dengan lebaran, harga-harga yang dibandrol jadi nggak wajar. Lagipula, kayaknya kamu bakal terlalu lemas untuk keliling mall. Hihihi.

10. Khusus buat kamu yang udah bekerja, jangan lupa juga siapkan uang baru untuk bagi-bagi THR

uang baru~

uang baru~ via www.rri.co.id

Hai, kamu yang saat ini udah bekerja, hal yang nggak boleh luput kamu siapkan adalah uang baru untuk dibagikan pada adik-adik kerabat atau tetangga yang bertamu ke rumah. Tunjangan Hari Raya atau THR ini memang jadi tradisi yang mesti dipersiapkan jauh-jauh hari ketika Ramadan.

Cobalah untuk membuat budget sendiri agar tidak tercampur dengan pengeluaran lainnya. Untuk mendapatkan uang kecil dalam jumlah banyak, kamu bisa menukar uangmu di bank dengan pecahan dua ribuan, lima ribuan, juga sepuluh ribuan. Saat ada yang minta THR, kamu ya tinggal bagi-bagi aja.

11. Kalau kamu lagi jomblo dan mantanmu tadi nggak nerima permintaan maafmu, cobalah untuk punya pacar baru biar ada yang bangunin sahur

yuk, bangun sahur...

yuk, bangun sahur… via madten.com

Kalau saat ini kamu masih jomblo dan si mantan udah kepalang benci padamu, cobalah untuk mencari pacar baru. Ya, siapa tau dia akan berguna untuk membangunkanmu saat sahur. Daripada malas-malasan bangun karena alarm yang berisik, nggak ada salahnya kan kalau berusaha mencari alarm hidup. :p

Itulah hal-hal yang mungkin perlu kamu siapkan untuk menyambut bulan Ramadan yang akan segera datang supaya saat puasa nanti kamu bisa lebih nyaman menjalaninya. Tapi ingat, hal utama yang wajib kamu siapkan adalah hati yang tenang dan jiwa yang lapang untuk menyempurnakan ibadah.

Semoga puasamu berkah! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya