Sebagai makhluk sosial, tentu kita nggak bisa hidup sendiri. Kita butuh orang lain agar bisa bertahan dalam menghadapi apa pun. Mulai dari lingkaran paling kecil, yaitu keluarga, hingga lingkaran yang lebih besar lagi seperti pertemanan, atau perkolegaan pasti dimiliki oleh setiap orang. Hubungan satu sama lain ini sedikit banyak pasti bakal memengaruhi kehidupan seseorang.

Nah, ngomongin soal pertemanan nih, kita bisa merasa sedekat itu dengan seseorang yang bahkan nggak ada hubungan darah sama sekali. Bukannya nggak mungkin, memang ada kok teman yang sudah seperti saudara sendiri. Mereka sering kita sebut sahabat. Sayangnya, nggak semua orang beruntung punya teman dekat yang bisa kamu andalkan kapan saja. Memang apa sih perbedaan teman dan sahabat? Kamu bisa lihat dari ilustrasi perbedaan sikapnya ke kamu nih. Yuk, simak ilustrasi dari Brightside.me berikut ini!

1. Saat temanmu memilih untuk memuji, sahabatmu justru lebih memilih bicara apa adanya sembari menggodamu πŸ˜€

nggak masalah becanda kelewatan via brightside.me

2. Ketika teman mendukungmu saat memutuskan sesuatu, sahabat justru lebih tahu apa yang kamu inginkan saat itu

gampang digoyahkan via brightside.me

3. Ketika teman datang, kamu bakal mempersiapkan tempat sebersih dan serapi mungkin. Kalau udah sahabat mah kamar amburadul juga nggak masalah

apa adanya via brightside.me

4. Ketika galau, sahabat bakal ikut merasakan sedihnya hatimu~

galau berdua via brightside.me

5. Saat kamu putus, sahabat juga merasakan posisi yang sama denganmu~

sama-sama merasakan satu sama lain via brightside.me

6. Sampai kapan pun, persahabatan akan tetap sedekat ini. Bahkan ketika sudah jadi bapak-bapak, kalian masih bisa seru-seruan kayak gini

nggak mau ngalah via brightside.me

7. Kalau sama teman sih alasannya dibuat-buat, kalau sama sahabat, ya, terus terang aja πŸ˜€

jujur via brightside.me

8. Teman memang tahu apa yang baik untukmu, tapi sahabat tahu yang terbaik dan yang paling kamu inginkan πŸ™‚

tahu yang terbaik via brightside.me

9. Ketika sakit, temanmu hanya bisa mengirimkan ucapan semoga cepat sembuh, tapi sahabat bakal langsung menghampirimu sambil membawa makanan πŸ™‚

nggak cuma nanyain via brightside.me

10. Kalau masih temenan masih ada rasa segan, tapi kalau sudah sahabat mah nggak ada rasa β€˜nggak enak’-nya lagi πŸ˜€

nggak segan-segan bangunin via brightside.me

11. Sementara temanmu memberikanmu petunjuk saja, sahabatmu justru langsung turun tangan menolongmu~

ngomong to the point via brightside.me

Advertisement

Kalau kamu sudah menemukan ciri-ciri di atas, maka kamu bisa dibilang beruntung. Karena bahagia nggak cuma diukur oleh harta benda atau jabatan saja, tapi juga hubungan. Nggak melulu hubungan asmara, tapi ikatan persahabatan seperti justru lebih penting. Karena mereka yang menganggapmu sahabat akan selalu ada dalam suka dan duka, paling mengerti apa yang kamu butuhkan saat itu, dan selalu menjadi orang yang bisa kamu andalkan. Bahkan kalian bisa menjaga persahabatan itu selamanya, sampai maut memisahkan! Tag sahabatmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya