Kamu mungkin pernah dengan ungkapan nobody is perfect atau everybody had a mistake. Ya, barangkali semua itu benar. Di dunia ini memang nggak ada yang sempurna. Orang pintar sekalipun pernah melakukan hal bodoh. Orang cerdas sekalipun pasti pernah melakukan kecerobohan. Singkatnya, semua pasti pernah melakukan kesalahan.

Ujaran atau nasihat untuk teliti dari orangtua, guru, teman, atau kadang-kadang dari orang lain yang belum kita kenal sekalipun sangat perlu kita perhatikan sebelum hal yang nggak diharapkan terjadi. Namun bagaimana jika kita melakukan kesalahan yang berdampak besar bagi banyak orang? Menyesal, kecewa, lalu meminta maaf, merupakan hal yang pasti kita lakukan setelahnya. Hipwee mencoba mengumpulkan kesalahan-kesalahan besar di dunia yang mungkin kata maaf saja nggak cukup untuk menutupi kesalahan mereka.

Kompleks perumahan di China ini runtuh karena nggak sesuai dengan standar konstruksi dan pondasi yang berkualitas rendah. Untung nggak kena bangunan disebelahnya, ya!

Lokasi bertempurnya Ultramen via www.pinterest.se

Advertisement

Kompleks perumahan Lotus Riverside di Shanghai, China terdiri dari 11 gedung tinggi. Pada suatu pagi, salah satu bangunan berlantai 13 runtuh. Untungnya, pada saat roboh bangunan itu nggak mengenai bangunan yang lain.

Gitar “150 tahun” dalam film The Hateful Eight seharusnya diganti dengan yang palsu, namun sang aktor malah merusaknya. Waduuuh!

“Jennifer Jason Leigh” yang dipakai dalam film The Hateful Eight adalah gitar langka dari abad ke-19. Gitar itu disewa dari Martin Guitar Museum sebagai properti film, seharusnya diganti dengan yang palsu untuk adegan tertentu. Namun tampaknya Kurt Russell nggak mengetahui fakta ini, dan merusak gitarnya.

Perusahaan SNCF memesan 2.000 kereta. Sayangnya, mereka diberi kereta  yang nggak sesuai dengan stasiun, akhirnya stasiun harus diperlebar dan menelan biaya tambahan deh

Keretanya nggak sesuai dengan stasiun via commons.wikimedia.org

Pada 2014, perusahaan SNCF memodernisasi jaringan transportasinya dengan dana €15 miliar. Namun terjadi salah komunikasi, mereka diberi kereta yang dibuat untuk rancangan 30 tahun terakhir.  Akhirnya mereka memperlebar peron dengan biaya tambahan  €50 juta.

Menjual satu saham seharga ¥610.000 (sekitar $ 5.000), namun yang diposting 610.000 saham dengan harga ¥1. Mungkin dia lelah …

Rugi bandar via brightside.me

Advertisement

Perusahaan Jepang, Mizuho Securities menjual satu sahamnya seharga ¥610.000 di Bursa Saham. Mungkin karena mengantuk si pialang saham salah memasukkan data menjadi 610.000 saham dijual hanya seharga ¥ 1. Bursa Efek akhirnya memproses ulang pesanan tersebut dan rugi $225 juta.

Karena salah perhitungan konstruksi, kapal selam yang dibuat ini berisiko nggak bisa naik ke permukaan setelah menyelam

Teliti sebelum membeli via brightside.me

Spanyol menginvestasikan £1,75 miliar untuk kapal selam. Seseorang membuat kesalahan perhitungan sejak awal. Untuk memperbaikinya mereka harus mengatasi kelebihan berat kapal dengan meningkatkan panjang lambung kapal. Duit lagi deh …

Rusia menjual dataran tinggi Alaska ke Amerika Serikat karena dianggap hanya ada tanah tertutup es. Dari kesepakatan ini, di taksir Rusia kehilangan sumber daya alam senilai miliaran dolar

Di Indonesia pernah ada rumor jual pulau lho, semoga nggak benar-benar kejadian ya. via pixabay.com

Pada Maret 1867, Alexander II dari Rusia memutuskan menjual Alaska ke Amerika Serikat seharga $7,2 juta. Kurs rubel terhadap dolar hampir sama saat itu, Rusia sedikit mendapat keuntungan dari kesepakatan ini, namun kehilangan sumber daya alam senilai miliaran dolar.

Dana sebesar 5 juta poundsterling dihabiskan untuk melakukan rekonstruksi ulang hingga jembatan aman untuk digunakan

Apa kabar dengan jembatan gantung di Indonesia? via pixabay.com

Kerumunan orang membuatnya jembatan Milenium yang menghubungkan 2 bank di London goyang. Setelah diperbaiki, sekarang jembatan itu aman untuk digunakan. Harus cepat tanggap supaya nggak ada korban.

Dengan bentuk yang cekung dengan lapisan kaca pada dinding, gedung ini dapat melelehkan mobil yang parkir didekatnya. Bahaya juga nih!

Desain modern juga harus mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain, ya! via www.flickr.com

Terik matahari memantul dari gedung pencakar langit “Walkie-Talkie” di London sehingga melelehkan mobil yang diparkir di dekatnya. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, perlindungan sinar matahari dipasang pada bangunan. 

Karena ceroboh pria Inggris ini kehilangan $7,5 juta, karena membuang bitcoin sembarangan!

Pikir-pikir dulu kalau mau lempar barang kalau lagi marah atau ngambek. via www.geograph.org.uk

Tahun 2009, James Howell mengumpulkan 7.500 bitcoin. Seiring berjalannya waktu, tahun 2013 nilai bitcoin-nya meningkat menjadi $ 7,5 juta. Ketika ia menyadari hal tersebut itu, ia lupa bahwa ia telah membuang hard drive yang ada bitcoin-nya ke tempat pembuangan.

Karena konstruksi yang nggak beres, jembatan di atas sungai Han, Seoul runtuh dan memakan korban jiwa

Fatal banget! via commons.wikimedia.org

Bagian tengah jembatan nggak bisa menahan beban dan jatuh ke sungai bersama dengan mobil, minibus, dan bus penuh muatan. Penyebab kecelakaan itu ditengarai karena struktur baja yang dilas dengan kurang memadai.

Meski sebuah kesalahan dalam pembangunan, tapi menara Pisa malah jadi keajaiban di dunia

Ada-ada aja kelakuan netizen via style.tribunnews.com

Kemiringan menara Pisa terjadi karena ada salah perhitungan konstruksi bangunan. Tapi kesalahan itu mengantarkan menara Pisa sebagai salah satu keajaiban dunia.

Yang terakhir datang dari dalam negeri. Kesalahan fatal yang belum juga tertangani

Akibat ulah manusia. via news.idntimes.com

Semburan lumpur panas ini bersumber dari sumur eksplorasi gas milik perusahaan Lapindo Brantas di Porong, Sidoarjo. Konon, peristiwa itu akibat dari kesalahan prosedur dalam pengeboran. Bencana itu memengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang pernah terjadi dalam sejarah kita. Semoga kesalahan-kesalahan di atas bisa jadi pelajaran buat kita untuk lebih teliti dalam mengerjakan apapun, ya. Lalu, apa kesalahan apa yang pernah kamu lakukan sepanjang hidupmu ini, Guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya