Kelakuan anak-anak saat ikut ke masjid

Bagi umat muslim, beribadah di mesjid memang memiliki keistimewaan sendiri. Jadi nggak heran kalau banyak yang memilih beribadah seperti salat lima waktu berjemaah ke masjid. Bahkan pada ibadah-ibadah tertentu, seperti salat Id, masyarakat berbondong-bondong salat ke masjid. Selain untuk menjalankan ibadah, momen tersebut juga dijadikan sebagai ajang bersilaturahmi dengan sesama.

Oleh karena itulah para orang tua ikut serta membawa anak mereka, meskipun masih balita. Selain karena nggak bisa ditinggalkan, mereka tentu juga pengen membiasakan anak-anak mereka untuk beribadah di masjid. Dan suatu saat nanti mereka diharapkan menjadi anak saleh yang mengisi saf-saf salat jemaah.

Advertisement

Tapi, ya, namanya juga anak-anak, kadang di masjid pun tetap berperilaku sebagaimana anak-anak. Nggak cuma di Indonesia, di luar negeri pun ada anak-anak yang heboh berlarian ke sana ke sini. Selagi nggak mengganggu ibadah sih tentu bukan masalah. Kalau pun iya, nanti orang tua mereka pasti bakal memberikan pengertian agar nanti ketika ikut ke masjid lagi, mereka nggak berisik. Nah, kira-kira bagaimana, ya, perilaku anak-anak dari berbagai belahan dunia ketika ikut orang tuanya salat ke masjid?

1. Iseng banget nih. Ayahnya lagi salat malah naik ke pundaknya. Untung sabar~

harus sabar via netizenindonesia.com

2. Apa anak-anak memang suka naik-naik kayak gini, ya, kalau orang tuanya lagi salat?

hati-hati jatuh via www.shughal.com

3. Kesempatan buat lari-larian di masjid pas pada salat jemaah kayak gini nih

nggak ikut salat via www.religion.dk

4. Sadar kamera banget sih, Dek :*

sadar kamera via www.katibin.fr

5. Kayaknya anak mana pun memang suka heboh, ya, kalau lagi salat jemaah. Tapi jangan sampai ganggu, ya 🙂

lari-lari via www.bik.gov.tr

6. Anak-anak kalau pakai baju muslim kayak gini lucu banget. Apalagi pakai peci, melorot lagi!

pecinya sampai melorot gitu via zonekebumen.blogspot.co.id

7. Pinter banget sih, Dek, mau jagain adik bayinya saat orang tua lagi salat :*

pinter banget via www.sukasaya.com

8. Gerakan salatnya sudah hampir bener sih, tapi kiblatnya kebalik 😀

kiblatnya terbalik via www.masjed.ir

9. Untung nggak rewel, ya, anaknya cuma duduk manis sambil lihatin ayahnya salat

lucu banget via www.pinterest.co.uk

10. Anaknya anteng aja digendoh ibunya salat. Duh, gemas banget sih, Dek :*

digendong sambil salat via www.rumah-benqi.net

12. Antara doanya khusyuk atau ketiduran~

jangan-jangan ketiduran nih via pxhere.com

13. Bebas mau berantakin isi tas juga, yang penting nggak nangis, ya~

untung nggak rewel via muslimmatters.org

14. Semoga nanti jadi anak yang saleh, ya. Sekarang niruin gerakannya aja dulu 🙂

diam-diam meniru via www.masjed.ir

15. Kayaknya ada yang mau kabur nih dari saf 😀

cuma ikut saf via islam.babe.news

16. Memang sudah dasarnya anak-anak itu suka meniru. Meski sekarang mungkin belum mengerti, tapi nggak ada salahnya diajarkan sejak dini

meniru via islam.babe.news

17. Tuh, sampai digendong gitu lho anaknya, biar bisa ikutan salat jemaah. Salut deh!

minta gendong via simomot.com

Ternyata, dari daerah mana pun, yang namanya anak-anak tetaplah berperilaku sebagai anak-anak. Mereka lucu, menggemaskan, dan masih suka main. Mereka belum mengerti situasi dan kondisi. Jadinya, masjid pun dianggap sebagai tempat bermain. Apalagi kalau masjidnya luas. Pasti bakal lari-larian ke sana-sini. Tapi nggak semuanya yang kayak gitu. Ada juga yang ikut salat meski nggak mengerti apa yang mereka lakukan. Semoga anak-anak ini nanti menjadi anak yang saleh, ya. Rajin ikut ke masjid saja dulu sama orang tua 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya