Apa yang kamu suka saat melihat anjing?

Tingkah lakunya yang konyol…

Kebiasaannya suka menjilat-jilat…

Hidungnya basah

Hidungnya basah via www.huffingtonpost.com

Rasa ingin tahunya…

Yang paling penting, dia akan melakukan apa saja untuk seseorang yang sangat dicintainya…

Dia akan selalu ada untuk orang yang dicintainya

Dia akan selalu ada untuk orang yang dicintainya via www.huffingtonpost.com

Berbagai kisah tentang kesetian anjing terhadap tuannya ini, akan membuatmu semakin yakin bahwa anjing adalah teman bukan makanan.

1. Swansea Jack, si anjing penyelamat dari Sungai Tawe.

Penjaga sungai

Penjaga sungai via listverse.com

Advertisement

Anjing berjenis retriever hitam ini tinggal bersama pemiliknya William Thomas di dekat Sungai Tawe di Swansea, Wales sekitar tahun 1930-an. Anjing ini berkali-kali menyelamatkan nyawa manusia yang akan tenggelam di sungai yang dikenal paling berbahaya di Wales tersebut. Jack telah menyelamatkan sedikitnya 27 orang. Untuk usahanya itu, Jack mendapat penghargaan dari wali kota London. Namanya pun menginspirasi julukan untuk tim sepak bola Swansea FC “The Swansea Jacks”.

2. Bamse, anjing yang cinta damai…

Si cinta damai

Si cinta damai via listverse.com

Anjing berjenis Saint Bernard ini merupakan teman bagi awak kapal saat Perang Dunia ke II. Bamse kerap kali melerai awak kapal yang terlibat perkelahian dan mendamaikan mereka dengan cara berdiri, merangkul pundak pelaut yang terlibat perkelahian seakan berkata “Udah, udah… Jangan berantem”.

3. Bob, anjing yang doyan traveling naik kereta.

Anjing traveling

Anjing traveling via listverse.com

Ternyata bukan cuma kamu saja yang hobi jalan-jalan naik kereta. Bob, anjing asal Australia Selatan ini juga sangat senang berada di kereta api. Entah kenapa Bob senang sekali berada di stasiun, sesekali ikut naik kereta. Keberadaan Bob sudah dikenal oleh seluruh awak kereta dan mereka pun menganggap Bob bagian dari keluarga.

4. Bummer dan Lazarus, dua ekor anjing yang memperlihatkan makna persahabatan.

Juga sahabat bagi satu sama lain

Juga sahabat bagi satu sama lain via listverse.com

Advertisement

Keduanya merupakan anjing liar yang berkeliaran di kota San Francisco. Ketenaran mereka bermula dari persahabatan mereka yang begitu erat. Jika salah satu terluka yang lain merawat. Jika salah satu mendapat masalah, seperti diganggu manusia, yang lain menolong. Ah, mereka so sweet! Mereka berdua adalah selebrity di San Francisco di era 1860-an, setiap kali mereka beraksi koran-koran setempat langsung memberitakan kisah mereka keesokan harinya. Bahkan Mark Twain pernah menulis soal dua ekor anjing ini.

5. Barry, si penyelamat di pegunungan salju.

penjaga gunung salju

penjaga gunung salju via listverse.com

Anjing jenis St. Bernard ini memang dilatih khusus untuk melakukan pencarian dan penyelamatan. Selama hidupnya, Barry telah berkali-kali menyelamatkan wisatawan yang tersesat dan terkubur dalam tumpukan salju.

6. Bud Nelson, seekor teman berpetualang.

teman bertempur

teman bertempur via listverse.com

Kabarnya Bud merupakan anjing terbesar yang pernah ada. Dengan setia dan berani, dia menemani tuannya, seorang dokter bernama Horatio Nelson berkendara dengan mobil melintasi Amerika. Horatio sendiri tercatat sebagai orang pertama yang melintasi Amerika dengan mobil, dengan begitu Bud juga menjadi anjing pertama yang melakukan hal yang sama.

Saat itu mobil merupakan alat transportasi baru yang masih belum aman, bahkan manusia enggan mengendarainya. Tapi Bud dengan gagah berani menemani Horatio demi sebuah petualangan yang tak terlupakan.

7. Ada pula Owney yang begitu mencintai kegiatan pos hingga mengikuti Pak Pos kemana pun dia pergi.

Menjaga kotak pos

Menjaga kotak pos via listverse.com

Jika Bob tertarik dengan kereta api, Owney tertarik dengan surat. Dia pun sering mangkal di kantor pos dan ikut kendaraan pengantar surat. Dia pun memulai perjalanan ke berbagai daerah hingga akhirnya menjangkau seluruh Amerika Serikat.

8. Pickles yang menyelamatkan muka Inggris sebelemu perhelatan Piala Dunia 1966.

anjing pecinta sepak bola

anjing penyelamat sepak bola via listverse.com

Sempat ada kejadian tak enak menjelang Piala Dunia tahun 1966. Piala itu mengilang empat bulan sebelum sepak bola terbersar di dunia tersebut dimulai. Beruntung, Pickles anjing yang sedang diajak jalan-jalan majikannya menemukan piala tersebut di semak-semak.

9. Rolf, anjing yang bisa ‘berbicara’.

Ih bobok!

Ih bobok! via listverse.com

Menurut Nazi dan Hitler, Rolf adalah anjing tercerdas yang dapat berbicara. Rolf dapat berkomunikasi dengan manusia dengan mengetukan kakinya pada papan dan menyusun kode semacam morse.

10. Fido, yang selalu menunggu tuannya pulang.

Tetap setia menunggu

Tetap setia menunggu via listverse.com

Fido lahir di Italia di era Perang Dunia II. Dia ditemukan di ambang kematian oleh seorang pekerja yang membawanya pulang dan merawatnya kembali hingga kesehatan. Kemudian dia pun memiliki loyalitas yang tak tergoyahkan di sisa hidupnya. Setiap hari, Fido menunggu tuannya di halte bus yang sama, menolak untuk bergerak sampai tuannya turun dari bus, bahkan pada saat Italia sedang dibom hampir setiap hari. Suatu hari, tuan Fido tidak kembali. Dia tewas dalam serangan udara di tempat kerja. Fido masih muncul untuk menunggunya. Setiap hari. Selama 14 tahun. Ceritanya tersebar di Italia sampai Fido menjadi sumber perhatian media, baik selama perang dan lama setelah perang berakhir.

11. Muu, seekor bulldog yang punya persahabatan erat dengan bocah Jepang.

Sahabatan via instagram.com

Tasuku sepertinya beruntung memiliki sahabat di masa kecilnya. Ukuran badan mereka juga gak jauh beda (untuk sekarang) bikin mereka berdua jadi sama-sama imut.

12. Anjing pooch pemberani ini cuma ingin menyelamatkan tuannya…

Lagi-lagi penolong

Lagi-lagi penolong via www.huffingtonpost.com

…meskipun si tuan kayaknya emang berniat berenang, bukan tenggelam. Tapi loyalitas anjing tersebut patut diacungi jempol.

13. Zander menjadi penjaga tuannya yang lagi terbaring di rumah sakit.

Penjaga tuannya

Penjaga tuannya via www.huffingtonpost.com

Saat tuannya di rumah sakit, Zender berjalan sejauh 2 mil hanya untuk menjenguk tuannya.

14. Sementara German Shepherd ini dengan setia menemani bocah yang tersesat di hutan hingga bantuan datang.

siap sedia menemukanmu

siap sedia menemanimu via www.huffingtonpost.com

Anjing German Shepherd ini dengan sigap menemani bocah berusia 2 tahun yang tersesat di semak belukar. Selama 14 jam, termasuk melewati badai di malam hari, Dasher menemani Dante Berry hingga tim pencari dan polisi datang. Bahkan tim pencari bisa menumkan lokasi mereka berkat jejak yang ditinggalkan Dasher sebagai petunjuk. Good boy!

15. Wang Cai yang selalu mengikuti tuannya ke kantor dan menunggunya di depan kantor. Setiap hari!

Menunggumu kerja

Menunggumu kerja via www.huffingtonpost.com

Sama kayak jadwal karyawan kantoran pada umumnya, Wang Cai ‘ngantor’ dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore.

16. Boydy tak akan pernah meninggalkan majikannya yang sedang kesakitan.

Tak akan meninggalkanmu

Tak akan meninggalkanmu via www.huffingtonpost.com

Saat majikannya mengalami kecelakaan dan tubuhnya terjepit di kendaraan. Boydy setia menemani tuannya selama empat hari sampai akhirnya datang pertolongan.

17. Pui sang penyelamat bayi di Thailand.

Penyelamat kelahiran

Penyelamat bayi via www.huffingtonpost.com

Seorang bayi ditinggalkan begitu saja oleh orang tuanya. Pui yang kebetulan menemukannya, membawa pulang bayi tersebut dan memberikannya pada tuannya. Bayi itu pun selamat.

18. Hachiko, anjing setia yang kisahnya sudah melegenda.

Yang selalu menunggu tuannya untuk pulang

Yang selalu menunggu tuannya untuk pulang via www.huffingtonpost.com

Setiap hari dia selalu mengantar dan menunggu tuannya pulang di stasiun kereta. Sampai suatu ketika, tuannya meninggal di tempat kerja. Dia pun tetap menunggu kereta jam 6 sore tersebut hingga akhir hidupnya. Jika kamu ke Jepang, kamu bisa melihat patung Hachiko di sekitar stasiun Shibuya sebagai simbol kesetian.

19. Hawkeye bahkan telah dianggap anak sendiri oleh tuannya.

Tetap menemani di peristirahatan terakhirmu

Tetap menemani di peristirahatan terakhirmu via www.huffingtonpost.com

Anjing Petugas Navy SEAL, Jon Tumilson ini seperti anaknya sendiri. Dan sebagai ‘anak’ yang baik, Hawkeye tetap hadir di samping peti mati sepanjang upacara pemakaman Tumilson pada 2011.

20. Anjiang setia ini selalu ziarah ke makam tuannya sejak mereka dipisahkan oleh ajal.

selalu berkunjung

selalu berkunjung via www.huffingtonpost.com

Sejak Maneul Guzman wafat, Capitan (seekor German Shepherd setia) milik Manuel selalu berkunjung ke makam tuannya. Capitan seolah tak ingin Manuel kesepian. Anehnya, keluarga Guzman mengaku tidak pernah mengajak Capitan ke  makam tersebut. Capitan secara misterius menemukan jalannya sendiri.

Kisah anjing yang setia ini membuktikan bahwa ajing memang sahabat setia manusia. Hari ini, di Cina akan diadakan Yulin Festival di mana ratusan anjing (dan kucing) yang lucu akan dibunuh untuk dimakan. Sejumlah aktivis telah meminta menghentikan kegiatan tersebut dengan membuat petisi online.

Sudah kah kamu menandatangani petisinya? Stop makan daging anjing!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya