4 Tipe Siswa Saat Belajar Online, Kamu Termasuk yang Mana?

Belajar Online

Waktu kamu belajar di kelas, pasti hafal dengan kebiasaan teman-teman di sekitarmu. Ada yang tekun menyimak dan rajin bertanya, ada juga yang berusaha menyimak sembari menahan kantuk, dan ada juga yang diam-diam sambil buka HP atau baca komik di dalam kelas.

Ternyata di kelas online pun sama, lho. Metode belajar yang umum dilakukan sejak pandemi Covid-19 juga membagi-bagi beberapa tipe siswa dan mahasiswa berdasarkan kebiasaannya. Misalnya, ada yang sukanya belajar dari video-video yang mengedepankan visual, ada juga yang tetap lebih suka dijelasin sama pengajar. Nah, berikut 4 tipe umum siswa saat melakukan kelas online yang nggak kalah menarik. Kira-kira kamu yang mana?

1. Tipe serius, nggak cukup mendengarkan, penjelasan guru juga direkam

tipe serius yang melakukan segalanya dengan serius | sorrapong / iStockphoto via www.hipwee.com

Biasanya tipe ini dikenal sebagai tipe serius juga saat belajar tatap muka. Saat mengikuti kelas online, ia akan mendengarkan penjelasan pengajar dengan sangat baik, rajin mencatat, dan bahkan merekam jalannya kelas untuk bisa dipelajari lain waktu. Siswa tipe ini juga biasanya rajin bertanya atau menjawab saat pengajar mengajukan pertanyaan. Meski kadang membuat kesal teman-teman sekelas karena bikin pelajaran nggak kelar-kelar, siswa tipe ini berjasa untuk memperkaya materi pembelajaran online, lho.

2. Tipe “yang penting hadir”, adalah tipe mahasiswa rajin yang nggak pernah absen tapi biasanya off cam

tipe-tipe off cam | RamCreativ / iStockphoto via www.hipwee.com

Selain siswa tipe rajin, ada juga tipe “rajin” yang lain. Tipe yang satu ini selalu hadir di semua kelas dan mungkin juga datang tepat waktu. Ibaratnya dia nggak pernah absen. Namun, biasanya tipe rajin yang satu ini nggak banyak berkomentar sepanjang kelas berlangsung. Karena prinsipnya “yang penting hadir”, biasanya siswa tipe ini off cam. Jadi, nggak kelihatan deh pas lagi kelas online gitu sebenarnya lagi ngapain ;p

3. Tipe multitasking yang kalau belajar yaa … disambi-sambi, namanya juga multitasking

Belajarnya disambi-sambi | The Creative Exchange / Unsplash via www.hipwee.com

Ada tipe rajin, ada juga siswa tipe multitasking. Ya namanya multitasking, tentu saja dia nggak bisa hanya belajar saja saat mengikuti kelas online. Mungkin dia nyambi diam-diam baca buku, makan, atau malah mengerjakan tugas lainnya. Nah, biasanya siswa tipe multitasking ini punya daya konsentrasi tinggi. Meski disambi-sambi, karena sudah terbiasa, dia bisa mengerti materi yang sedang berlangsung. Well … tentu saja tetap akan lebih maksimal jika fokus mengerjakan satu kegiatan dulu, sih.

4. Tipe mudah penasaran. Saat ada materi yang kurang jelas, langsung browsing sendiri di internet

Tipe mandiri yang suka cari tahu sendiri | Liza Summer / Unsplash via www.hipwee.com

Bisa dibilang, yang satu ini adalah tipe yang paling mandiri dalam belajar. Dorongan untuk mencari tahu berasal dari dalam dirinya sendiri. Mungkin dia bukan tipe yang paling aktif saat pembelajaran, tetapi setiap ada penjelasan yang kurang dimengerti atau materi yang menurutnya belum memuaskan, ia akan langsung browsing sendiri. Mungkin tipe yang satu ini sering dibilang ambi. Padahal sebenarnya ia hanya terlalu mudah penasaran, dan nggak akan berhenti sampai ketemu jawabannya.

Itulah beberapa tipe siswa saat belajar online. Meski mungkin sedikit sulit bagi sebagian orang, sebenarnya belajar online bisa menjadi waktu yang tepat untuk mencari tahu bagaimana cara belajar yang paling efektif untuk diri sendiri, lho. Karena belajar online memberi kita waktu lebih banyak untuk belajar secara mandiri.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang online learning, kamu bisa mengikuti Binus Online Learning Expo atau ONE-X. Online Learning Expo terbesar yang diselenggarakan oleh Binus University ini mempertemukan lebih dari 70 tenant yang terdiri dari institusi formal, non-formal, dan para praktisi pendidikan lainnya, dengan lebih dari 100 ribu peserta.

Kamu bisa cari tahu banyak hal di acara BINUS ONE-X ini, SoHip. Mulai dari pemaparan tentang program belajar formal maupun non-formal. Nah, jika kamu sedang mencari informasi-informasi tentang pendidikan tingkat universitas, inilah kesempatannya. Selain itu, ada talkshow-talkshow menarik dengan berbagai topik dari berbagai industri yang bisa kamu ikuti, lho. Misalnya RelationTips (John Robert Powers), Siapkah Generasi Milenial Menghadapi Transformasi Digital? (Telkom), Lingkungan & Engineering (Bank Sampah Sahabat Alam), Investing for Millenials (Danamart), Neobank, the Future of Banking Industry (Finpoint), dan Dive in Customer Experience with Intelligent Assistant (Virtus Technology Indonesia). Macam-macam banget, ‘kan? Ibaratnya melalui satu platform, kamu bisa belajar tentang banyak hal sekaligus. Rugi kalau sampai ketinggalan, euy!

Catat tanggalnya, ya! ONE-X diselenggarakan tanggal 23-25 September 2021, mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00. Ada 3 webinar setiap harinya. Yuk, daftarkan dulu keikutsertaanmu melalui Binus One-X 2021. GRATIS!

See you there, SoHip!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi