Acara televisi di Indonesia memang sering menampilkan variety show, di mana artis-artis kelihatan bergaya di depan kamera tanpa skenario. Nggak heran kalau penonton sering banget menuduh ‘drama’ yang nggak berhubungan dengan acara sebagai gimik dari para artis.

Sejatinya, gimik itu sudah disusun rapi oleh tim kreatif dan dapat persetujuan langsung dari produser lo. Tapi memang, dalam acara live, kru televisi nggak bisa mencegah hal-hal yang nggak terduga yang bisa saja terjadi. Misalnya ketika artis mengucapkan kata kasar, artis menghina lambang negara, hal tersebut jauh di luar kemampuan tim.

Advertisement

Tapi ada beberapa gimik yang sering banget dipakai di televisi kita lo. Kali ini Hipwee Hiburan bakal mengelompokkan jenis-jenis gimik yang ada di televisi dan laris manis sebagai bumbu sedap acara televisi. Cekidot!

1. Gimik yang menguak kehidupan pribadi pelakon. Biasanya dipakai di acara ajang pencarian bakat nih~

Pembahasannya sensitif nih. 🙁 via www.youtube.com

Ajang pencarian bakat tentu akan membosankan jika penonton nggak sengaja ‘diperkenalkan’ dengan peserta. Kehidupan pribadi peserta akan banyak dikuak dan dibicarakan. Mulai dari kehidupan dengan sentimen menyedihkan, tragis, hingga menyenangkan seperti prestasi dan pengalaman peserta. Gimik ini memang dipersiapkan sejak awal, peserta juga sudah diwawancarai oleh kru televisi. Hasil wawancara tersebut kemudian digodok dan disampaikan kembali saat acara berlangsung. Makin seru, kan, jadinya?

2. Gimik cinta lokasi dari yang terskenario sampai yang beneran, tapi sengaja dijadikan konsumsi publik. Biar sinetron dan filmnya makin terkenal nih

Sempat cinlok nggak sih? via today.line.me

Gimik cinta lokasi memang mudah banget dibuat dan ampuh buat mendulang animo penonton. Terlepas dari artis yang ‘dijodohkan’ benar-benar saling suka atau nggak, asumsi penonton justru membuat gimik ini semakin laris. Biasanya sih gimik ini ada di penggarapan sinetron atau film fiksi. Nggak masalah jika kamu berharap artis sinetron kesayanganmu pacaran beneran. Tapi jangan berharap kisah mereka akan sama persis dengan di sinetron, mereka juga manusia biasa yang mungkin menemui permasalahan dalam hubungan.

3. Gimik kejutan yang ringan dan selalu lucu. Orang terdekat pelakon yang tiba-tiba didatangkan dan bikin pelakon salah tingkah

Tiba-tiba didatangkan keluarganya via www.youtube.com

Advertisement

Nah, kalau gimik yang satu ini sering muncul di acara komedi. Misalnya saja ketika Sule sedang jadi pembawa acara, tiba-tiba saja istrinya datang tanpa sepengetahuannya. Gimik semacam ini jamak muncul di televisi karena menyenangkan menonton bagaimana ekspresi kaget dari pelakon di panggung. Ada yang ketahuan lagi gombal-gombal ke bintang tamu cewek juga, jadi tengsin, kan?

4. Gimik yang dimanfaatkan untuk ‘menjual’ produk hiburan. Drama yang terjadi nyata, tapi disetir untuk jadi komersil

Momen yang bikin melejit. via www.kapanlagi.com

Ketika Anang dan Krisdayanti bercerai, seluruh media seolah menampilkan bagaimana rumah tangga mereka. Mulai dari penyebab perceraian, persidangan, hingga ketok palu seolah jadi konsumsi publik. Namun, sebagai seniman yang tenar lewat media televisi, Anang dan Krisdayanti tentu akan sayang jika melewatkan momentum ini. Mereka kemudian masing-masing menciptakan lagu yang langsung terkenal pada masa itu. Anang dengan lagu “Separuh Jiwaku” sedangkan Krisdayanti dengan “Kamu di Hatiku Selamanya”.

5. Gimik pertikaian di panggung. Entah beneran atau nggak, yang jelas pertengakaran memang nggak seharusnya jadi konsumsi publik ya…

Kalau diem bae nggak seru, ya? via jabar.tribunnews.com

Masih ingat ketika Farhat Abbas dan Vicky Prasetyo saling adu mulut dan hampir saling tonjok di atas panggung? Bukan nggak mungkin jika pertengkaran ini awalnya ada skenario tim kreatif atau berdasarkan kesengajaan agar ‘terjadi sesuatu’ di atas panggung. Tujuannya tentu biar heboh, kemudian dibicarakan banyak orang, dan diulang di acara gosip. Acara semakin ramai, artis juga semakin terkenal. Tapi kita juga perlu cerdas memilah mana tayangan yang benar-benar memfasilitasi gimik secara berlebihan dan mana tayangan yang memang tampil sesuai format acaranya. Nggak semua pertikaian di televisi adalah gimik, tapi nggak semua yang tampil di televisi hasil sandiwara, ya.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis gimik yang sering muncul di televisi. Namun, biasanya yang laris manis dan jadi buah bibir di masyarakat kita memang lima gimik di atas. Gimik sebenarnya bukan sebuah pelanggaran dalam penayangan, justru gimik bisa dibilang sebuah cara kreatif untuk mengembangkan acara. Namun, kalau gimiknya sudah berlebihan, nggak berhubungan dengan tayangan, dan seolah jadi panggung sandiwara, ya, siap-siap ganti channel aja!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya