Ada beberapa memori dari masa kecil kita yang nggak akan hilang sepanjang masa. Misalnya: memori bahwa dulu pernah ada teman SD yang BAB di celana, atau memori berantem sama anak komplek sebelah gara-gara kalah main Tazos. Atau mungkin sesederhana memori menonton televisi di hari Ahad. Dari pagi sampai sore, kita dihibur oleh acara-acara kartun khas anak ’90-an dari Cardcaptor Sakura sampai Dragon Ball.

Eh, tapi kamu pernah merhatiin lirik jalur suara alias soundtrack acara-acara ini gak sih? Sadar gak kalau lirik mereka sering nggak nyambung, tapi juga lucu-lucu?

Advertisement

Pas kecil dulu, mungkin kita nggak terlalu memperhatikan lirik lagu dari acara-acara kartun ini. Yang penting musiknya asyik dan mudah diingat. Tapi sekarang pas udah gede, yakin deh, penggalan lirik dari acara kartun terkenal di bawah ini bakal bikin kamu bertanya-tanya: “Apa hubungannya lagu ini sama cerita kartunnya, ya?”

1. Kamu mengingat Kobo Chan sebagai balita yang lucu dan ceria. Tapi jangan lupa juga (gak tahu sih apa hubungannya), Kobo benci makan pisang!

Masashi Ueda / UEDA PRODUCTION

Masashi Ueda / UEDA PRODUCTION via tourjapan.ru

Masih ingat dong sama Kobo Chan? Serial anak yang menceritakan hidup sebuah keluarga yang sederhana di kota Tokyo ini terkenal dengan ceritanya yang kocak tapi juga hangat dan menggambarkan kehidupan nyata. Tapi masih ingat nggak gimana lagu opening credits-nya? Dimulai dari bait yang menunjukkan sikap pasrah dan berserah pada kehidupan ini…

Di dunia ini semua hal
Bisa terjadi dan apa
Yang akan terjadi
Kita tak akan pernah mengetahui

Advertisement

Lalu sebuah kalimat yang optimis dan mencitrakan keceriaan khas generasi 90’an:

Marilah kita hadapi
Pasti ada jalan keluar
Hari ini entah siapa
Yang akan bahagia

Lalu entah kenapa ada Galileo di lirik lagu ini…

Nipong..nipong cha cha cha cha
Kobo duduk diatas batu
Nipong..nipong cha cha cha cha
Tralalala Galileo!

Diakhiri dengan Kobo yang mengungkapkan kebenciannya pada buah pisang…

Setiap hari haa haa haa
Tawa canda dimana-mana
Setiap hari haa haa haa
Aku benci makan pisang

(Entah apa hubungannya jalan cerita Kobo Chan sama buah pisang)

2. Dunia Chibi Maruko Chan adalah dunia yang mengerikan. Kalau gak concern sama penampilan, kamu terancam kesepian dan gak punya teman~

Maruko sangatlah stylish

Maruko sangatlah stylish agar mendapat teman via www.motionkids-tv.com

Hal yang menyenangkan hati
Banyak sekali
Bahkan kalau kita bermimpi

Sekarang ganti baju
Agar menarik hati
Ayo kita mencari teman

Sadar gak sih, kalau di dunia Chibi Maruko Chan, syarat untuk mendapatkan teman adalah berpenampilan menarik (Ini  mau temenan atau jadi SPG?). Itulah kenapa bocah imut ini harus rela mengganti bajunya setiap ingin memiliki teman baru. Sayangnya tidak dijelaskan baju seperti apa yang akan menarik teman baru. Mungkin baju yang bermerek-bermerek gitu…

Jalan panjang menuju langit biru
Tiba-tiba kulihat seorang anak
Yang menemukan harta karun di dalam sana
Alangkah senang dan hati gembira

Astaghfirullah, kenapa lagu ini malah mendidik anak jadi mata duitan… :(((( Hmm… Mungkin emang butuh duit buat beli baju bermerek sih…

3. Ada juga Arale, alias wajah besar, wajah besar, wajah besar… TIDAK!

Wajahnya siapa sih yang besar?

Wajahnya siapa sih yang besar? via wallpaper222.com

Kenapa wajahmu begitu besar
Banyak yang memanggilmu wajah besar
Bahkan di foto wajahmu tak terpotret semua
Karena wajahmu besar
Apapun usahamu (wajah besar, wajah besar)
Walau keras upayamu (wajah besar, wajah besar, wajah besar)
Tidak!

Anime ini dulu tayang di salah satu televisi swasta di Indonesia tiap Minggu siang. Tokoh utamanya adalah robot anak kecil cewek bernama Arale, bocah ceria dan ingin tahu yang diciptakan oleh Dr. Slump — penemu dengan selera humor tinggi dan pikiran yang… agak jorok. Arale ini sebenarnya diniatkan supaya menjadi robot wanita cantik. Apa daya malah jadi anak kecil.

Sama seperti banyak banget OST anime Jepang, lirik kartun ini agak absurd sedikit. Mungkin kamu hafal dengan potongan salah satu baitnya: “Orang itu punya kepala besar… Orang itu, orang itu, orang itu punya kepala besar… TIDAK!” 

(PS: Maksudnya kalimat ini apa juga kami nggak ngerti)

4. Kalau menurut Shinchan, semua anak itu sibuk, sibuk sekali. Aduh, emangnya pada sibuk ngapain sih?

Shinchan sibuk

Shinchan sibuk via rcti.tv

Siapa sih yang gak tahu Crayon Shinchan? Komik dan acara TV-nya sama-sama bikin heboh Indonesia di jaman kita kecil dulu. Shinchan adalah anak nakal yang hobinya merepotkan orangtuanya. Dia sering bikin teman-temannya nangis, bikin adiknya kesel, dan punya hobi ngegambar gajah dengan belalainya 🙁 Saking nakalnya, kalau dulu dimarahi Bapak-Ibu, mungkin kamu bakal ngebales: “Masih mending aku bukan Shinchan!”

Tapi kamu inget nggak lagu jalur suaranya kayak gimana?

Di musim panas
Merupakan hari bermain gembira
Sang gajah terkena flu
Pilek tiada henti-hentinya
Sang beruang tidur dan tak ada yang berani ganggu dia
Oh sibuknya, aku sibuk sekali…

Ngebicarain musim panas, terus gajah pilek, terus beruang tidur… terus anak-anak yang sibuk. Gak nyambung sih, tapi iyain aja deh — yang penting lagunya lucu. Hehehe. Tapi emangnya Shinchan dan teman-temannya pada sibuk ngapain sih? ‘Kan beruangnya lagi tidur, gak bisa diajak main~

5. Masihkah kamu hafal lirik lagunya Doraemon? Tiap hari Minggu, robot kucing satu ini selalu mengajak kita berikhtiar.

Doraemon | Creative Commons

Doraemon | Creative Commons via www.flickr.com

Saya hidup di bumi ini
Masa depan dengan kapal angkasa
Mari kita banyak-banyak berikhtiar
Menjadikan satu-satu kita wujudkan!

Doraemon adalah salah satu acara kartun paling populer di zaman kita kecil dulu. Bahkan waktu filmnya keluar Agustus tahun lalu, kita berbondong-bondong menontonnya (dan nangis bareng) di bioskop. Cerita anime ini memang sederhana, seekor (?) kucing robot bernama Doraemon diutus dengan mesin waktu untuk “membimbing” Nobita, bocah SD yang pemalas dan bodoh. Mereka menjalani petualangan yang seru dan cerita khas anak-anak yang menyenangkan bersama Tsuneo, Giant, dan Shizuka.

Tapi sadar gak sih Doraemon di lagunya selalu mengajak kita berikhtiar? Mungkin banyak dari kita yang nggak sadar karena sebagai anak kecil, kita belum tahu apa arti kata ‘berikhtiar’. Haha, lagian yang bikin lagu niat banget ya masukin kata ‘berikhtiar’ di liriknya? Mungkin gak ada kata yang lain kali ya? ‘Berusaha’? ‘Berupaya’? Lebih dahsyat ‘berikhtiar’ sih memang, ya nggak sih~

Kira-kira kenapa ya banyak lirik lagu anime Jepang yang aneh-aneh? Hmm mungkin karena langsung diterjemahkan begitu saja dari bahasa Jepang, atau mungkin buat seru-seruan aja kali ya. Yang penting musiknya asyik dan anak-anak yang nonton bisa jatuh cinta.

Sebenarnya masih banyak sih potongan lagu anime Jepang yang lucu-lucu atau gak nyambung dari jaman kita SD dulu. Ada nggak yang sampai sekarang masih nyantol di kepalamu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya