6 Grup K-Pop dengan Konsep Virtual atau Artificial Intelligent. Menarik Banget!

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan sebuah kecerdasan yang dibuat manusia kemudian dimasukkan ke dalam komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. AI semakin menjamur pada masa ini. Berbagai perabotan atau perangkat keras semakin banyak menggunakan kecerdasan buatan ini untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Tidak hanya itu saja, bahkan AI juga sudah mulai merambah ke dunia hiburan.

Advertisement

Dunia hiburan Korea Selatan sudah mulai menyematkan konsep virtual atau AI saat ini. Beberapa grup K-Pop pun mulai bermunculan dengan konsep virtual. Konsep yang unik ini pun menjadi salah satu kunci sukses para artis. Konsep virtual ini mulai diterapkan dari faktor estetika hingga genre musik mereka. Penasaran grup K-Pop mana saja yang terinspirasi dengan konsep AI? Yuk, simak selengkapnya berikut ini Sohip!

1. Naevis (Aespa)

Aespa

Aespa | Credit : IG @aespa_official

Girl band besutan SM Entertainment ini beranggotakan 4 (empat) orang. Keempat orang tersebut adalah Karina, Giselle, Winter, dan Ningning. Debut pertama mereka dimulai pada 17 November 2020 dengan ditandai lahirnya single Black Mamba. Semua member Aespa ini memiliki versi “avatar” bernama FLAT. Versi avatar mereka masing – masing juga dilibatkan pada saat pemotretan hingga produksi musik.

2. K/DA

K/DA

K/DA | Credit : IG @kda_music

Girl band K/DA juga beranggotakan 4 (empat) orang, yaitu Ahri, Akali, Evelynn, dan Kai’Sa. K/DA dikembangkan oleh Riot Games yang merupakan perusahaan di belakang layar League of Legends. K/DA mulai diluncurkan di kejuaraan League of Legends dengan penampilan live augmented reality dari single debut mereka, “Pop/Stars”.

Advertisement

3. Mave

MAVE

MAVE | Credit : IG @mave_official_

Metaverse Entertainment juga ikut mengembangkan konsep AI di dunia hiburan dengan menciptakan girl band bernama MAVE. MAVE beranggotakan SIU, Zena, Tyra, dan Marty. Girl band yang satu ini baru saja memulai debut mereka pada tanggal 23 Januari 2023 lalu dengan single pertama berjudul PANDORA serta album bernama PANDORA’S BOX. MAVE memiliki konsep virtual yang berbeda dengan K-Pop virtual lainnya. Nama MAVE sendiri diambil dari Make a New Wave, sehingga memiliki arti bahwa girl band yang satu ini akan membawa gelombang baru di dunia industri musik K-Pop.

4. Saejin Superkind

Saejin Superkind

Saejin Superkind | Credit : IG @your.saejin

Saejin adalah anggota virtual pada boy bond SUPERKIND yang merupakan visual gabungan dari Jaehyun dan Eunwoo. AI Saejin yang dimunculkan oleh Deep Studio Entertainment ini terinspirasi dari penyanyi virtual tahun 1998 bernama Adam. Sempat diketahui bahwa sosok Saejin sebelumnya merupakan model di TikTok dan Instagram.

5. Eternity

Eternity

Eternity | Credit : IG @eternity_aiia

Eternity merupakan K-Pop girl band pertama yang beranggotakan 11 (sebelas) orang. Debut mereka telah dimulai pada 22 Maret 2021 lalu dengan meluncurkan video klip pertama berjudul I’m Real. Eternity merupakan girl band virtual hasil besutan perusahaan AI bernama Pulse9. Pulse9 menggunakan teknologi deep real AI untuk mengembangkan 11 karakter Eternity ini.

Advertisement

6. Apoki

Apoki

Apoki | Credit : IG @imapoki

VV Entertainment juga ikut menghebohkan dunia musik virtual Korea Selatan dengan mendebutkan Apoki. Apoki merupakan virtual artis, penyanyi, dancer, serta youtuber yang memulai debutnya pada 22 Februari 2021 lalu. Single pertama Apoki berjudul GET IT OUT juga diluncurkan ketika awal debut. Diketahui Apoki sebenarnya ditujukan untuk menjadi virtual influencer sebelumnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE