Beberapa tahun ke belakang ini fenomena cowok berjanggut lagi marak di dunia. Anggapan cowok jadi terlihat lebih dewasa bakal melekat selama janggut masih menempel gagah pada wajah. Padahal di zaman dulu, cowok berjanggut sering disebut seperti kakek-kakek atau bapak-bapak. Ternyata seiring berjalannya waktu, tren penampilan wajah cowok pun berubah. Janggut jadi riasan wajib buat cowok.

Menyangkut penampilan lawan jenisnya, cewek – yang bisa dibilang sebagai makhluk paling concern soal penampilan dalam hal ini punya pandangan sendiri. Bagi mereka, cowok berjanggut selalu memiliki nilai tambah yang tentu saja berhasil mencuri perhatian. Keuntungan punya janggut nggak hanya sesempit itu, tapi juga terdapat manfaat lain. Apa saja ya? Mari simak ulasan berikut ini yuk!

1. Kulit cowok selalu terjaga dengan baik dari paparan sinar UV. Jarang deh komedo menempel pada wajah

nggak usah takut kalau kena sinar UV lagi via www.tumblr.com

Bulu-bulu janggut awalnya mungkin bikin cowok risih, tapi sebenarnya bermanfaat sekali bagi wajah. Hal ini karena keberadaan janggut bisa menjadi pelindung kulit wajah dari serangan sinar UV. Komedo-komedo yang biasanya bersarang pada wajah bisa dihindari karena adanya janggut. Bahkan, hal negatif yang dibawa sinar UV seperti kanker kulit juga bisa dicegah. Kalau udah begini cewek mana yang nggak makin tertarik?

2. Bukan komedo saja yang dicegah, tapi tumbuhnya jerawat juga berkat adanya janggut

nggak perlu mencukur habis via hairblog.org

Advertisement

Lagi-lagi soal penampilan. Ternyata bukan hanya komedo saja yang kemunculannya bisa dicegah, tapi tumbuhnya jerawat juga. Saat cowok sering mencukur bulu-bulu halus pada wajah, maka potensi berjerawat makin besar dan kulit pun terlihat agak kemerahan. Hal ini karena goresan-goresan pada kulit wajah akibat pencukuran bisa menjadi jerawat.

Sedangkan kalau memelihara janggut (nggak usah panjang-panjang, cukup yang kecil-kecil mungil saja) malah menjaga kulit wajah, karena cowok nggak perlu mencukur bulu-bulu sampai habis. Dengan begitu tak ada goresan-goresan bekas pencukuran yang akan menimbulkan jerawat.

3. Siapa yang sadar kalau janggut bisa jadi penyaring dari segala alergi yang mau masuk tubuh?

kayak Adipati Dolken via www.bintang.com

Manfaat satu ini kamu dapatkan kalau janggutmu terawat dengan bersih. Makanya, kamu harus pelihara dengan baik bulu-bulu halus pada wajah agar fungsi janggut sebagai pelindung kesehatan tubuh tetap bekerja. Janggut yang terawat bersih bakal mencegah masuknya alergi ke dalam tubuh dan kesehatan kamu bakal terjaga. Tuh, siapa yang menyangka?

4. Cowok memang jadi terlihat lebih dewasa, tapi bukan berarti mudah keriput gara-gara janggut!

wajahmu tak lekang oleh waktu via www.instagram.com

Bagi cewek, kadar dewasanya cowok makin menjadi saat mereka memutuskan memelihara janggut. Bukan cuma wajahnya saja yang terlihat matang, tapi juga pembawaan cowok demikian halnya. Meski kaum adam boleh merasa tak ada yang berbeda kecuali janggutnya saja, namun kemunculan bulu-bulu halus pada wajah memberikan efek secara menyeluruh bagi cewek.

Begitupun dengan kemunculan keriput yang bakal ada seiring bertambahnya usia. Paparan sinar matahari yang selalu menyinari wajah ketika beraktivitas outdoor nggak bakal menyebabkan kandungan kolagen dalam kulit rusak. Dengan adanya janggut, maka proses tumbuhnya garis-garis keriput bakal melambat. Cowok tetap terlihat dewasa tanpa adanya keriput!

5. Pede itu penting buat cowok. Karena segala hal yang ingin diraih pasti awalnya harus pede dulu

penuh percaya diri via www.bintang.com

Dalam meraih cita-cita, tentu setiap orang butuh kepercayaan diri (pede) yang kuat, terutama cowok. Sebagai kepala rumah tangga nanti, pede berperan penting buat cowok saat ingin mencapai keinginan. Jadi, para cowok berjanggut ini bakal mudah melakukannya dalam meraih apapun karena mereka punya pede yang kuat. Mulai dari soal cewek hingga cita-cita di masa depan.

6. Kesan berwibawa tentu bikin cowok nggak mudah dianggap remeh. Hal ini bisa diciptakan hanya dengan janggut saja lho ~

jadi terlihat berwibawa via www.bintang.com

Tanpa disadari, kesan berwibawa dalam diri cowok dapat muncul salah satunya dari janggut. Pembawaannya akan terlihat lebih menarik dan tak mudah diremehkan orang. Bukan cuma cewek yang menoleh, tapi orang lain pun akan tertarik menjadi kolega maupun relasi dalam pekerjaan. Gimana?

Cowok berjanggut saat ini mudah sekali ditemui. Hal ini nggak lain karena mereka sadar akan manfaat yang didapat. Toh, bukan hanya dari segi kepuasan batin digilai para cewek, tapi kesehatan kulit wajah dan tubuh juga terjaga dengan baik. Buat kamu yang belum berjanggut, yakin masih ragu?