Bayangkan saja, orang yang hidup seratus tahun lalu pasti akan mengira bahwa zaman ini penuh keajaiban. Ah nggak usah jauh-jauh, tanya saja kakek dan nenekmu, mereka pasti bilang kalau dunia sekarang sangat jauh berbeda dari zaman mereka dulu. Munculnya smartphone, Internet, kemajuan yang canggih di bidang transportasi, bahkan teknologi pengobatan semuanya sangat memudahkan manusia. Kita yang hidup di zaman sekarang pun mulai berandai-andai dengan kemajuan apa yang selanjutnya akan kita hadapi.

Dunia imajinasi audio visual biasanya terwujud melalui film-film. Di mana lagi kita akan mencurahkan dan berbagi cerita soal imajinasi kalau bukan melalui film. Dari film-film inilah kadang kita selalu berkhayal soal kemajuan teknologi yang bakal jauh lebih memudahkan hidup kita saat ini. Imajinasi pun membawa kita pada sebuah ekspektasi kemajuan teknologi yang mungkin saja bisa kita miliki. Apa ajasih teknologi canggih, keren, nan legendaris yang ada dalam film yang seringnya berharap kita miliki? Yuk simak uraian Hipwee berikut!

1. Pintu kemana saja di animasi Doraemon adalah yang paling legendaris. Siapa juga yang nggak mau buka pintu langsung sampai

Sekalinya buka pintu, eh…udah di Hawai aja! via aminoapps.com

Kalau beneran ada pintu kemana saja, pasti nggak ada macet deh. Bayangkan saja mobilitas orang-orang sudah nggak perlu pakai alat transportasi, tinggal buka pintu langsung sampai. Mungkin pemilik bisnis transportasi umum bakalan bangkrut, tapi bumi bebas dari kelangkaan bahan bakar dan polusi udara menurun.

Kalau khayalannya berlanjut, kita akan membayangkan bumi ini yang kembali sejuk karena bebas global warming. Film Doraemon memang memberikan kita contoh imajinasi yang luar biasa ya guys. Meskipun hingga saat ini hal tersebut masih tergolong mustahil untuk diwujudkan.

2. Ingat fim Her besutan Spike Jonze? Teknologi software yang memungkinkan kita nggak kesepian bener-bener bikin ngiler para jomblo

Pacaran sama software asyik nggak ya? via agoodmovietowatch.com

Di film “Her” ada sebuah software yang memungkinkan kita agar tidak kesepian dan selalu punya teman ngobrol kapan pun kita mau. Software ini sudah dilengkapi teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang memungkinkan dia untuk berkembang. Hasilnya, ngobrol sama si AI ini kayak benar-benar seperti mengobrol dengan sosok nyata.

Tentu saja selain bisa dijadikan teman curhat bisa juga dijadikan tempat berkeluh kesah dan menceritakan semua hal. Sementara manusia sekarang makin individualis aja, software ini bakal berguna banget secara psikologis buat mereka yang kesepian. Bahkan di filmnya, akhirnya tokoh utama jatuh cinta dengan si AI lho!

3. Kadang berkhayal untuk membantu mereka yang punya disabilitas dengan teknologi di Robocop. Orang yang kehilangan tangan dan kakinya saja bisa jadi keren

Coba kalau ini benar-benar dikembangkan, pasti seru via cinema.everyeye.it

Robocop menceritakan seorang polisi yang jadi korban ledakan dan kehilangan hampir seluruh anggota tubuhnya. Yang tersisa hanyalah otak dan jantung saja. Namun berkat teknologi yang canggih, polisi ini pun memiliki tubuh robotik yang bisa ia gunakan untuk membasmi kejahatan. Bahkan jauh lebih kuat dibandingkan manusia pada umumnya. Bayangkan saja kalau kecanggihan cangkok anggota tubuh ini bisa diterapkan di kehidupan nyata, pasti akan sangat memudahkan penyandang disabilitas untuk bisa berjalan, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya.

4. Ketika penyesalan datang, kadang kita ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaikinya. Seringnya kita pun berharap bakalan ada beneran mesin waktu

Kalau kamu bisa menjelajah waktu, kamu bakal pergi ke tahun berapa? via filmconcertslive.com

Sudah banyak film yang menggambarkan bagaimana kita bisa kembali ke masa lalu, seperti Back to the Future dan Predestination. Bahkan ingatkah kalian yang semasa kecil menonton petualangan Zidan dan Pak Haji di Lorong Waktu? Dari dulu umat manusia memang bermimpi untuk bisa pergi ke masa lalu dan ke masa depan. Kan seru tuh bisa melihat keadaan dunia yang jauh berbeda dengan era kita. Nah demi mewujudkan itu, berbagai penelitian sudah dilakukan untuk bisa menciptakan sebuah alat yang memungkinkan kita berpindah ke dimensi waktu lain. Sayangnya, sampai sekarang kenyataan belum berpihak sama imajinasi kita ya, guys.

5. Mobil terbang di film Blade Runner, impian banget buat menghadapi kemacetan yang semakin menjemukan

Harrison Ford waktu muda keren banget! via shatthemovies.com

Kamu yang dulu pernah nonton Blade Runner pasti takjub dan keheranan sama keadaan dunia di film tersebut. Banyak inovasi di bidang teknologi yang keren dan sangat membantu. Nah salah satu teknologi dari Blade Runner yang sangat kita butuhkan saat ini adalah mobil terbang. Ketika sedang macet-macetan di jalan, seringnya kita pun gemes dan berharap pengen terbang aja. Sayangnya teknologi transportasi terbang saat ini baru hanya pesawat dan helikopter aja. Itu pun membutuhkan tanah lapang untuk terbang dan mendarat. Duh kapan ya mobil terbang a la Blade Runner ini benar-benar diaplikasikan di dunia nyata?

Ngomong-ngomong soal Blade Runner, sekuel film ini, yaitu Blade Runner 2049, sudah mulai tayang di bioskop sejak tanggal 6 Oktober kemarin lho. Kali ini nggak hanya Harrison Ford yang akan menyuguhkan aksi terbaiknya, tapi juga ada Ryan Gosling dan Jared Letto. Yuk cek trailernya di bawah ini!

6. Semua pasti tahu robot lucu Baymax di film Big Hero Six. Selain lucu, robot ini juga bisa jadi personal healthcare kita, pasti seru kan

Ih lucu banget! via variety.com

Beda dengan robot lain, Baymax tampil dengan bentuk super lucu tapi tetap punya faedah besar di bidang kesehatan. Kalau punya Baymax, kamu nggak perlu lagi pergi ke dokter saat sakit. Baymax lah yang akan menangani segala keluhan kesehatanmu. Ini paling cocok buat kamu yang nggak punya ‘seseorang’ yang selalu memedulikan kesehatanmu loh *Ups. Ah, kapan ya ada personal healthcare semacam Baymax, pasti sangat berguna nih.

Nonton film Sci-Fi memang asyik-asyik nyebelin ya. Asyik karena kisahnya seru banget, nyebelin karena kita dibikin iri dengan banyaknya teknologi luar biasa yang disuguhkan. Salah satunya adalah Blade Runner 2049 ini nih. Bila di era Blade Runner pertama yaitu 30 tahun sebelumnya ada mobil terbang, kira-kira di Blade Runner 2049 ini ada alat-alat canggih apa saja ya?

Ayo luangkan waktu buat nonton dan ajak keluarga dan teman. Kapan lagi deh nonton the legendary Harisson Ford beradu akting dengan Ryan Gosling dan artis ternama lainnya dalam satu film keren?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya