7 Hal ini Seharusnya Wajar Dilakukan Cowok, Tapi Sering Dinyinyirin Karena Dianggap Nggak Macho

Bukan hanya terjadi sama cewek, tuntutan dan tekanan sebagai cowok seolah juga jadi masalah akibat anggapan-anggapan masyarakat yang keliru. Selama ini cowok-cowok sering dituntut untuk tampil macho dan maskulin, pokoknya gahar dan nggak lembek. Sayangnya anggapan soal maskulin aja seringkali nggak tepat, jadi seolah tuntutan buat cowok jadi nggak masuk akal. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut tentang keluh kesah cowok.

1. Mengenakan pakaian atau punya barang berwarna pink, sering dibilang feminin. Katanya kecewek-cewekan

Cowok dengan baju warna pink / Credit: Theunstitchd

Advertisement

Sebenarnya warna pink sendiri punya sejarah yang panjang kenapa bisa diidentikkan dengan cewek. Konon banyak campur tangan trik marketing di dalamnya yang bikin seolah warna ideal buat cowok itu yang sedikit gelap seperti biru dan hitam. Sedangkan buat cewek yang terang, seperti pink dan ungu. Padahal warna nggak punya jenis kelamin. Hmmmm~

2. Cowok bawa tisu dibilang lenjeh. Terus lap ingus harus pakai apa dong, daun kelor?

Cowok pakai tisu / Credit: themanual

Tisu juga bukan peralatan yang ditujukan buat cewek. Buat mengelap bekas makanan hingga kotoran, tentu cowok juga pakai tisu dan sapu tangan. Entah sejak kapan tisu selalu identik dengan cewek dan selalu cewek yang bawa ke mana-mana. Kalau cowok yang bawa tisu ke mana-mana katanya kurang gahar. Hmm, masa sih harus lap ingus pakai daun kelor kalau sedang flu?

3. Ada yang sering bilang, “Ih, cowok kok payungan?” Lalu, untuk menghindari air hujan cowok harus pakai terpal gitu?

Cowok memakai payung / Credit: Freepik

Mau cowok atau pun cewek, kalau hujan, ya, pasti akan kebasahan. Nah, wajar dong kalau cowok berjaga-jaga bawa payung ke mana-mana biar bisa menembus hujan? Kalau payung dibilang nggak macho, lantas bagaimana caranya cowok menghindari kehujanan? Pakai terpal?

Advertisement

4. Pakai skin care dan perawatan sedikit, langsung disinisin sampai dikira punya orientasi sek*ual tertentu. Kan, cowok cuma ingin tampil glowing, salah?

Siapapun berhak merawat diri / Credit: Cnn

Semakin merawat diri, cowok juga bakal semakin enak dilihat. Makanya wajar aja deh kayaknya kalau cowok juga punya keinginan untuk terlihat lebih baik. Ketampanan dan kecantikan adalah hak segala bangsa, kan?

5. Begitu tahu teman cowoknya ada yang pakai parfum berbau bunga-bungaan, langsung dibilang nggak ‘cowok’ banget. Kalau memang sukanya bau-bau wangi bunga gimana dong?

Siapa tahu satu selera sama ceweknya / Credit: dapperconfidential

Apakah kamu punya teman cowok yang suka pakai parfum bau permen karet? Nggak apa-apa, biarkan dia menggunakan apa yang dia suka. Meski rasanya nggak cocok, tapi semua orang berhak wangi. Daripada dia nggak pakai, kan?

6. Menangis adalah hal yang wajar buat semua manusia, tapi kadang kalau yang nangis cowok, dianggap lembek. Terus kalau sedih cowok harus gimana, berjoget?

Cowok bersedih / Credit: Enterpreneur

Advertisement

Layaknya manusia pada umumnya, ada kalanya cowok juga merasakan kepedihan yang mendalam. Cowok juga ada yang perasa. Jadi wajar kalau menangis. Masa sih setiap ada masalah cowok harus joget-joget buat melampiaskan kesedihan?

7. Bahkan kalau ada cowok yang takut hantu, sampai takut hewan tertentu, dibilang cemen. Nggak semua cowok itu cenayang dan pawang hewan deh

Cowok bukanlah spesies yang bakal melindungi semua manusia dari serangan penampakan hantu, bahkan hewan-hewan tertentu. Ada kalanya kalau cowok terancam, mereka juga merasakan takut. Selama ini mungkin ada yang menahan-nahan rasa takut dan jadi cowok sok berani. Sebenarnya karena mereka juga enggan dituduh cemen sih.

Sebenarnya cowok atau cewek bisa jadi merasakan tekanan yang sama dalam masyarakat. Terkadang sesuatu yang nggak kita suka terpaksa kita terima karena kita nggak ingin dikucilkan di masyarakat. Bagaimanapun, tetaplah kuat dan jadi diri sendiri!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE