Menjadi seorang wanita dewasa jelas bukan menjadi perkara yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dikorbankan dan diusahakan dengan baik serta sungguh-sungguh. Seperti yang dikemukakan oleh seorang penulis fiksi dan nonfiksi asal Amerika ini. Ada banyak sekali hal yang harus kamu tahu saat ada di usia yang benar-benar matang, yakni usia yang menginjak angka 30.

Seperti dilansir dari Bright Side, adapun hal-hal berikut ini yang perlu kamu tahu saat menginjak usia 30. Yuk, simak bareng Hipwee di bawah ini!

1. Di usia matang tersebut kamu harus tahu bagaimana cara jatuh cinta tanpa harus kehilangan diri sendiri

tak lagi perlu mengorbankan diri. via www.meridiancampusfamilydental.com

Advertisement

Kamu mungkin sudah sering mendengar kisah banyak orang yang harus kehilangan dirinya karena jatuh cinta. Meski terdengar seperti nggak mungkin, nyatanya memang nggak satu atau dua orang saja yang merasakannya. Boleh jadi ungkapan cinta itu buta memang benar adanya. Cinta seolah bisa membutakan diri sendiri yang secara nggak langsung membuat kamu merasa kehilangan pribadimu. Nah, di usia yang bisa dikatakan sudah matang, kamu harus tahu bagaimana cara jatuh cinta yang baik tanpa harus lagi sampai merasa kehilangan diri sendiri. Dengan itu, kamu akan menemukan sebaik-baiknya cinta dari orang lain, juga dari dirimu sendiri.

2. Kamu juga perlu tahu bagaimana caranya bertahan hidup seorang diri, sekalipun jika kamu nggak menyukai hal itu

berani sendiri… via elseptenario.blog

Hidup sendiri bagi banyak orang mungkin bukan menjadi sesuatu hal yang gampang. Terlebih bagi kamu yang tumbuh dalam sifat manja dan kenyamanan hidup bersama dengan orang lain. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, hal itu mau tak mau harus dipersiapkan. Saat sudah memasuki awal usia 30-an, kamu perlu tahu bagaimana caranya bertahan hidup seorang diri, sekalipun kamu tak menyukainya.

3. Jangan sampai ketinggalan melatih diri untuk tahu bagaimana rasanya memiliki seorang anak

Belajar juga untuk jadi orangtua. via www.addinghome.com

Kamu pasti sudah paham jika di usia 30 tahun kamu sudah memasuki masa-masa produktif untuk menjadi orangtua. Kamu jelas harus bisa mulai menempatkan diri sebagai orangtua. Nggak cuma itu, kamu juga sudah mulai mencari tahu apa saja yang akan kamu lakukan dan apa yang bisa kamu berikan untuk anak-anakmu. Kamu pun perlu memahami kalau peran satu ini tidaklah mudah, makanya nggak salah kalau kamu benar-benar perlu mempersiapkannya dengan matang.

4. Kamu tak perlu lagi minta maaf atas kesalahan yang tidak kamu perbuat

I’m so sorry~ via ikitsuku.net

Advertisement

Kalau kamu adalah seseorang yang nggak enakan dan suka minta maaf, sekalipun hal tersebut bukan kesalahanmu, maka kamu perlu mengubahnya. Sebab, di usia 30 tersebut, kamu memang nggak lagi perlu meminta maaf atas kesalahan yang bukan bersumber dari kamu. Bukan mengajarkan untuk sombong atau apapun sebutannya, justru hal tersebut yang akan menjadikan dirimu memiliki sosok yang berwibawa dan juga bijaksana. Jadi, minta maaflah hanya atas kesalahan yang memang kamu lakukan.

5. Bagaimana cara berhenti dari pekerjaan, memecahkan masalah dengan partner, serta menghadapi teman tanpa merusak persahabatan juga perlu dipikirkan

wanita dewasa…. via www.wattpad.com

Sebagai orang dewasa yang harusnya memiliki kebijaksanaan dalam bertindak dan mengambil sikap, hal-hal yang berhubungan erat dengan orang lain jelas harus diperhatikan. Kamu harus tahu dengan baik bagaimana caranya memutuskan untuk berhenti kerja yang baik dan sesuai dengan prosedur. Kamu juga perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah dengan partnermu. Selain itu kamu perlu paham bagaimana menghadapi berbagai keadaan bersama teman tanpa merusak persahabatan.

6. Kamu juga harus tahu betul kapan waktunya kamu harus berusaha keras dan kapan kamu memang harus pergi

semua ada waktunya… via www.telegram.ee

Seseorang yang sudah menginjak usia dewasa juga harus memahami betul ragam waktu yang akan dihadapi. Salah satunya, kamu harus tahu betul waktu di mana kamu harus benar-benar berjuang keras. Dan, kamu perlu memahami juga kapan waktunya kamu harus pergi. Sebab, dua hal tersebut jelas sangat berbeda dan nggak bisa disamakan.

7. Dan, yang pasti kamu perlu memahami kenapa banyak orang dewasa lain mengatakan jika kehidupan baru saja dimulai pada usia ke 30

hidup baru! via press-suvenir.ru

Satu hal yang pasti harus kamu pahami adalah perkataan orang dewasa lainnya ketika mereka mengatakan jika sebenarnya hidupmu baru saja dimulai pada usia ke 30. Yap! Kamu benar-benar harus paham dan menerima kalau memang fase tersebut merupakan masa baru untuk dilalui dengan kehidupan dewasa yang sebenar-benarnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya