Memutuskan untuk memakai hijab memang sebuah komitmen besar buat seorang cewek Muslim. Kain yang dijulurkan untuk menutup rambut, leher, dan dadamu itu tidak bisa kamu lepas begitu saja sesukanya. Selain harus konsisten, kamu pun harus siap dengan tuntutan orang-orang di sekitar yang kadang diluar dugaan.

Kalau tuntutannya demi kebaikan sih nggak apa-apa. Tapi kadang tercetus pertanyaan-pertanyaan absurd yang ditujukan ke kamu, cewek berhijab yang bikin geleng-geleng kepala. Bukannya apa-apa sih. Saking absurd dan anehnya kadang pertanyaan-pertanyaan ini bikin kamu diem lama. Terus ketawa dalam hati karena lucu dengernya :))

1. Panas nggak sih pakai hijab? Kepalamu keringetan?

Panas nggak sih? via chibepoosham.com

Pertanyaan ini semacam pertanyaan paling standar yang pasti datang ke kamu saat pertama kali mengenakan hijab. “Panas nggak sih? Kalau keringetan gimana?”

Buat kamu yang berhijab sebenarnya nggak akan ngerasa panas, gerah, atau gimana-gimana lho. Kalau udah niat sih ya biasa aja…

2. Kamu keramas nggak?

…errrr via www.tumblr.com

Serius. Pertanyaan ini pernah dilayangkan ke sebut saja Nisa, oleh seorang bule yang penasaran. Cuma karena kepalanya terus tertutup bukan berarti cewek berhijab nggak keramas juga :)) Malah kebanyakan cewek berhijab meluangkan waktu dan tenaga lebih buat merawat rambut yang cenderung lebih lembab karena tertutup terus.

3. Jadi kalau udah punya suami, boleh lepas hijabnya?

Gimana? via www.hautehijab.com

Temen bule cewek berhijab: Kenapa pake hijab?
Cewek berhijab: Soalnya rambut, leher dan dadaku nggak boleh dilihat selain sama Ayah, Suami dan saudara laki-lakiku.
Temen bule cewek berhijab: Oooooh….. jadi kalau udah punya suami nanti boleh lepas hijab gitu?

Ini logikanya gimana coba. Mau ngejelasin kok ya susah. Nggak dijelasin nanti tambah salah :))

4. Kalau traveling gimana? Boleh sendirian nggak?

Boleh! Asal… via id.pinterest.com

Anggapan bahwa cewek berhijab mesti ditemani untuk pergi jadi pemantik utama munculnya pertanyaan ini. Memang benar sih, ada aturan kalau sebaiknya cewek itu pergi ditemani saudara sedarahnya. Tapi jaman sekarang kalau memang aman, kenapa nggak?

Hijab seharusnya tidak merenggut kebebasanmu. Justru setelah berhijab semestinya kamu akan merasa lebih terlindungi karena kamu punya kontrol lebih terhadap tubuhmu. Lagian kan kamu bisa memilih pergi ke negara-negara yang ramah, toleran dan punya populasi Muslim yang besar. Australia, terutama di kota Sydney contohnya. Sebagai salah satu negara bagian yang punya populasi Muslim terbesar di Australia kamu nggak perlu ragu untuk solo traveling ke sana.

5. Ribet nggak cari makanan halal atau cari tempat sholat kalau traveling?

Kalau ke Sydney sih bisa via elmosawi.tumblr.com

Lagi-lagi, jawabannya tergantung kamu pergi ke mana. Setiap mendapat pertanyaan macam ini rasanya kamu ingin menunjukkan itinerary yang sudah kamu buat untuk perjalananmu ke Sydney. Mulai dari ikut Sydney Harbour Cruise lewat Circular Quay, menikmati ikon Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge, lalu ngemil di Neptune Palace yang menyediakan makanan halal.

Masjid Surry Hills yang membuatmu nyaman ibadah via id.pinterest.com

Untuk urusan sholat juga nggak ribet sebetulnya. Di Sydney ada 2 masjid besar di tengah kota, Surry Hills dan Masjid Zetland. Sydney juga punya Masjid yang lebih besar dan jadi tempat berkumpulnya komunitas Muslim dari berbagai negara. Berjarak 15 km dari Sydney ada Masjid Lakemba yang juga bisa kamu kunjungi.

6. Mahal dong kalau traveling? ‘Kan nggak bisa sharing kamar…..

Kalau pakai bunk bed ya nggak masalah via www.hostelz.com

Asal pilih kamar bertipe dorm dengan tipe tempat tidur bunk bed sebenarnya nggak masalah kok. Toh kamu juga bisa pakai hijab langsung pakai yang simpel untuk tidur, jadi nggak perlu khawatir kelihatan rambutnya oleh orang yang tidak kamu inginkan.

7. Pernah nggak ada perasaan nyesel atau pengen lepas hijabnya?

Pernah merasa menyesal? NOT! via www.tumblr.com

Hehe. Pertanyaan macam ini bukan cuma sekali dua kali datang. Terutama saat dihadapkan pada situasi yang menuntutmu untuk beradaptasi dengan cepat. Waktu lagi traveling, contohnya. Tantangan mencari makanan halal, tempat ibadah, sampai cuaca yang nggak bisa diperkirakan kadang bikin orang penasaran lalu menanyakan hal ini.

Sebagai cewek berhijab kamu cuma akan senyum lalu gelengin kepala aja. Banyak kok alternatif yang bisa dicoba. Traveling ke Sydney di tengah tahun ini deh contohnya. Udara Sydney di pertengahan tahun yang nggak begitu panas tapi juga nggak dingin akan terasa pas dan nyaman di tubuhmu. Nggak akan ada masalah kegerahan atau kedinginan, dengan atau tanpa hijab di kepalamu. Pilihan makanan halal dan tempat ibadah yang tersedia juga akan memudahkan perjalananmu. Nyesel memutuskan mengenakan hijab cuma karena takut ribet? Ya nggak lah…..

Hayo, siapa cewek berhijab yang juga pernah ditanyai dengan 7 pertanyaan absurd ini? Gimana pendapatmu, bikin kesel atau malah bikin ketawa geli?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya