Sekolah dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai sebuah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar, serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sudah jelas jika kemudian segala bentuk proses untuk menambah ilmu dilakukan di dalam sana. Ya, nggak bisa dipungkiri juga kalau sekolah memang menjadi tempat yang menyenangkan untuk didatangi, meski mungkin bagi sebagian orang itu justru sebaliknya.

Bisa jadi, bagi sebagian orang, terlebih anak-anak, sekolah menjadi tempat yang menyeramkan, karena guru yang galak, tugas yang banyak, ujian yang mendadak, atau bahkan hanya karena ruang kelas yang membosankan. Tetapi, seperti dilansir dari Buzzfeed, rasanya sekolah bisa saja nggak lagi menjemukan kalau dibangun seperti ini.

Advertisement

Yap! Di bawah ini ada beberapa sekolah yang kayaknya justru buat anak-anak betah dan nggak mau pulang. Cekidot!

1. Belajar sambil terbang di dalam pesawat!

Sekolahnya di pesawat.

Sekolahnya di pesawat. via desastresaereosnews.blogspot.co.id

Bagian dalam alias ruang kelasnya seperti ini:

Sekolah pribadi di Rustavi, Georgia mengusung filosofi bahwa kreativitas seseorang harus terbang secepat kilat. Untuk itu, kepala sekolah yang bersangkutan, Gari Chapidze, memutuskan untuk membawa pesawat Yakovlev Yak-42 ke sekolah mereka pada 2012 lalu. Pesawat tersebut pun lalu diubahnya menjadi sebuah ruang kelas ramping dengan kapasitas 20 orang anak usia TK. Wow! Anak-anak itu pasti senang, sebab mereka bisa belajar sambil (seolah-olah sedang) terbang.

2. Siapa bilang di sekolah nggak bisa main air? Di sana bisa banget!

kecipak-kecipuk!

kecipak-kecipuk! via architizer.com

Advertisement

Rasanya hampir tiap anak suka bermain air. Ya, seperti bisa dipastikan kalau nggak ada anak yang nggak suka untuk main dan melompat-lompat dalam genangan air. Berangkat dari hal itulah lantas sekolah yang bernama Dai-Ichi Yochien di Kumamoto, Jepang, membuat rancangan khusus di dalam sekolah mereka. Sekolah tersebut didesain agar bisa mengumpulkan air hujan sehingga para siswa bisa merasa sedikit bahagia jika badai habis datang menerpa. Uh, menyenangkan!

3. Indonesia pun punya sekolah bambu yang asyik banget suasananya

sekolah bambu asli Indonesia!

sekolah bambu asli Indonesia! via sh.house.163.com

Nih mejanya:

Asyiiiiik!

Asyiiiiik! via www.savoteur.com

Green School ini ada di Bali-Indonesia. Dan sesuai dengan namanya, sekolah ini dibangun dengan segala sesuatu berunsur alam. Dimulai dengan lingkungan yang alam banget, ditambah dengan bahan-bahan alami untuk membangunnya. Uniknya, sekolah tersebut memiliki dua bangunan yang dipisahkan oleh sebuah sungai, dan untuk menyeberanginya ada sebuah jembatan bambu. Wow! Selain itu, sekolah itu pun memiliki kebun organik yang dikelola oleh para siswa, serta sumber energinya memanfaatkan tenaga surya, lhoRasanya nyaman banget sekolah di sana.

4. Sekolah yang tanpa ruangan kelas. Terus belajarnya di mana?

Nggak ada kelasnya~

Nggak ada kelasnya~ via www.k1.ua

Salah satu sekolah di Denmark yang bernama Orestad Gymnasium punya konsep yang cukup unik. Mereka nggak memiliki ruang kelas yang membuat para siswa merasa dikurung. Justru, sekolah tersebut menyediakan kelas terbuka yang dilengkapi dengan sofa lengkap dengan bantal empuknya. Hal tersebut dilakukan nyatanya bukan tanpa alasan, pihaknya menginginkan agar para siswa di sana memiliki tanggung jawab lebih pada pendidikan mereka sendiri. Para guru pun hanya mengisi kelas setengah hari saja, selanjutnya proses belajar mengajar dilakukan secara digital dengan menggunakan komputer, iPad, dan aplikasi dari Google.

5. Ini dia sekolah idaman para siswa yang sebenarnya

unik juga sih~

unik juga sih~ via faithandform.com

Bagian dalam sekolah:

dalamnya asyik banget~

dalamnya asyik banget~ via porvir.org

Mungkin tiap-tiap anak memiliki sekolah idamannya masing-masing. Dan itulah yang coba diwujudkan di desa Sangkhlaburi, Thailand. Sekolah tersebut dibangun sesuai dengan keinginan dari anak-anak setempat. Sekolah itu pun lantas diperuntukkan bagi anak yatim piatu di sana.

6. Ruang kelas ini terbuat dari kontainer bekas!

dari bekas kontainer? wow~

dari bekas kontainer? wow~ via dsignsomething.com

Di Afrika Selatan, sebuah sekolah dibangun dari kontainer bekas. Ya, bagi anak-anak yang memang kurang mampu mereka bisa menikmati proses belajar mengajar di dalam sana. Sekolah yang terlihat manis ini pun jadi kian menyenangkan karena memiliki area bermain yang luas! Ah, asyik sekali!

7. Jelas dong kalau sekolah di sini nggak usah lagi takut minta pulang karena kegerahan 🙂

rasanya sejuk di sana....

rasanya sejuk di sana…. via driverosd.wordpress.com

Di taman kanak-kanak Fuji Yochien, Jepang, nggak ada tembok atau dinding yang seolah membatasi pergerakan para siswanya. Bisa dikatakan bangunan sekolah tersebut pun cukup unik, di mana sekolah berbentuk melingkar dan terdapat pohon yang tumbuh di bagian tengahnya. Selain itu, siswa di sana dibiasakan untuk menata sendiri ruang kelas sesuai dengan yang mereka inginkan.

Itu dia sederet sekolah yang memang memiliki keasyikan nan paripurna. Rasanya sih bakal betah di sekolah kalau begitu adanya. So, apa kamu mau balik lagi jadi anak sekolahan? Hihi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya