Jika melihat tingkah laku para artis di televisi, yang terpikir mungkin adalah dunia hiburan yang penuh gegap-gempita. Di tengah kesibukan, mereka selalu menyempatkan diri untuk bersenang-senang dengan pergi berlibur atau menghabiskan waktu sejenak bersama kerabat. Hal tersebut buat kamu mengira kalau selebriti Tanah Air tak mementingkan pendidikan. Terutama mereka yang terkenal sebagai pelawak, penyanyi dangdut, presenter, dan selebriti lain yang lebih dikenal karena faktor humorisnya.

Padahal jika kamu telusuri, sebenarnya para figur publik ini menempuh pendidikan akademis yang oke juga lho. Di balik kesibukannya yang tiada akhir, mereka menyempatkan diri untuk beberapa jam dalam seminggu menimba ilmu di bangku perkuliahan. Para artis memang sering diremehkan karena program yang dibawakan pada stasiun televisi (tv) dinilai tak berbobot, lagu-lagunya dianggap tak mengandung pesan baik, dan kekonyolannya bikin masyarakat nggak menyangka kalau mereka akademisi juga. Siapa saja mereka? Silahkan simak ulasan berikut ini ya.

1. Siapa sangka kalau Aming adalah lulusan salah satu kampus favorit seperti ITB?

anak itb

anak itb via www.brilio.net

Awal kemunculan Aming memang menyedot perhatian publik. Dirinya yang pandai membawa diri saat melawak bersama komedian lain dengan gaya kemayu bikin masyarakat sukses terhibur. Hal ini membuat namanya langsung melejit dan makin dikenal publik. Oleh karena itu, siapa sangka jika pelawak yang juga memiliki bakat akting keren ini adalah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dari Fakultas Seni Rupa dan Desain? Aming berhasil diwisuda pada 3 Maret 2007 dengan skripsi berjudul “Eksplorasi Serat Pandan dengan Teknik Tenun/Anyaman”. Gelar S1 ini pun dia dapatkan setelah menempuh pendidikan selama 7 tahun di ITB.

2. Selera humornya yang membuat banyak orang tertawa membuat orang nggak mengira kalau Almarhum Budi Anduk adalah lulusan UI

anak ui

anak ui via www.dream.co.id

Advertisement

Budi Anduk memang telah meninggal, namun lawakannya selalu akan dikenang. Tingkah laku dan celetukannya ketika mengisi program TV komedi Tawa Sutra berhasil mengundang gelak tawa. Hal ini tentu banyak yang nggak menyangka kalau pelawak yang menjadi figuran dalam program Ngelaba ini mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia (UI) Fakultas Ilmu Budaya.

3. Cagur – Calon guru yang terbentuk sejak kuliah di UNJ

“Kami bertiga sepakat menggunakan nama Cagur alias calon guru, berhubung semua anggotanya mahasiswa UNJ yang dulu bernama IKIP,” ujar Narji, 

seperti dikutip dari tabloidnova.com

Grup lawak satu ini telah dibentuk sejak di bangku kuliah. Denny, Narji, dan Wendy sama-sama menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Awalnya Denny dan Narji yang sama-sama mengambil jurusan ekonomi ini sering melawak di kelas . Ketika ada lomba lawak, mereka pun ikutan dan memutuskan untuk menambah personil lagi jadi 3 orang biar lebih seru. Setelah memilih Sapto, tak lama posisinya digantikan oleh Wendy dari jurusan seni rupa. Terbukti, walau tak jadi pengajar mereka memiliki karier gemilang di dunia hiburan sebagai pelawak dan presenter.

4. Cak Lontong merupakan alumni ITS. Wah pantas saja dia jadi panelis keren pada program komedi TV ya

anak its

anak its via twitter.com

Salah satu panelis program TV komedi Indonesia Lawak Klub (ILK) ini adalah alumni dari jurusan teknik elektro Institus Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) angkatan 1989. Kiprahnya sebagai pelawak dikenal karena celotehan-celotehan humornya yang cerdas dan nggak asal berucap. Cak Lontong sendiri sejak kuliah memang tergabung ke dalam ludruk Tjap Toegoe Pahlawan dan sempat mengisi acara komedi di salah satu stasiun TV swasta Tanah Air jauh sebelum hadir dalam ILK. Di sisi lain, dirinya juga sempat jadi konsultan teknik di perusahaan milik Jepang. Wow!

5. Ada Saipul Jamil dari Universitas Bung Karno bergelar sarjana hukum. Padahal dulu ingin menempuh pendidikan di fakultas kedokteran

anak ubk

anak ubk via www.kapanlagi.com

Menjadi penyanyi dangdut dan seringkali mengisi berbagai program acara tv tak membuat Saipul Jamil melupakan pendidikan. Terbukti pada 2013 lalu, seleb yang sekarang masuk penjara lantaran kasus pelecehan seksual ini mendapatkan gelar Sarjana Hukum di Universitas Bung Karno. Agak ironis ya. FYI, sebenarnya mantan suami Dewi Persik ini juga awalnya ingin masuk ke Fakultas Kedokteran.

6. Di balik berbagai program acara TV konyolnya, ternyata Uya Kuya adalah jebolan SMAN 8 Jakarta dan Ilmu Politik UI lho

anak ui

anak ui via www.kapanlagi.com

Uya Kuya memang lebih dikenal sebagai presenter dengan program acara yang laku di pasar, tapi minim kualitas. Namun di baliknya, mantan personil grup musik Tofu ini merupakan alumni sekolah unggulan Indonesia yakni SMAN 8 Jakarta dan jebolan FISIP UI dengan jurusan Ilmu Politik. Dari latar belakang pendidikannya, tentu kita mengharapakan bahwa presenter yang telah memiliki 2 anak ini bisa membuat program-program kreatif lainnya yang tetap punya substansi.

7. Tak puas bergelar Sarjana Hukum dari Universitas Bung Karno, Julia Perez melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar S2-nya dalam bidang hukum di Universitas Jayabaya

anak ubk juga

anak ubk juga via hot.detik.com

Jika melihat tingkah laku Julia Perez (Jupe) dalam berbagai program TV seperti program komedi, gosip, atau acara musik, awalnya mungkin kamu bakal bingung doi tumbuh dengan lingkungan seperti apa sebenarnya. Sikap konyol dan celotehan-celotehan yang mengundang tawa penonton ternyata berasal dari seorang Jupe yang kini sedang menempuh pendidikan magister hukum di Universitas Jayabaya. Sebelumnya, pada 2015 lalu aktris yang juga penyanyi dangdut ini mendapat gelar S1 mengambil jurusan hukum di Universitas Bung Karno dengan nilai skripsinya A. Di tengah kesibukannya yang cukup padat, tentu mengatur waktu menyelesaikan 4 tahun pendidikan S1 dan lanjut S2 bukan hal yang mudah.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!