“Waduuuh. Anjiiiiir. Aaaaaaak… gimana nih? Ditaruh dimana nih muka gue? Aaaaaaaaaaaaaaaaaaa”

“Berisik. Kenapa sih?”

“Ini lagi stalking, dan nggak sengaja kepencet like di status fesbuknya. Padahal bukan status baru, udah lama. Malu kaan.. hiks!”

“Stalking mantan?”

“Bukan, pacar barunya mantan.”

“Zzzzzzzzzzzzzz”

Stalking media sosial mantan kadang sah-sah aja sih, asal kamu udah siapkan hati dan mental baja. Tapi bukannya tanpa masalah, stalking seringnya meninggalkan jejak dan ketahuan. Sedih dan malu pastinya. Pas stalking, kekhilafan memang kadang tak bisa dihindari. Mulai dari ngga sengaja nglove di instagram sampai kepencet like di facebook. Ngga masalah sih kalau yang kelike itu status atau foto baru, tapi kalau yang udah berminggu-minggu atau bertahun-tahun lalu gimana. Duh~

Advertisement

Tapi kalau niat stalkingmu tak tertahankan, kamu bisa ikuti strategi dari Hipwee ini. Karena segala hal yang dilakukan di dunia ini ada cara, trik, kiat, dan strateginya, pun begitu dengan stalking.

1. Ati-ati sama kursormu, kepencet sekali habislah riwayatmu~

perhatiin cuy~

perhatiin cuy~ via darienol.blogspot.co.id

Ini kalau kamu stalking Twitter via PC atau laptop. Sebelumnya, alihkan perhatian pada jumlah followernya dulu. Lalu yang kudu kamu inget, usahakan kursor selalu berada diatas, jangan biasakan kursor mondar-mandir, takutnya nanti kalo kursor berada didekat tanda follow yang mengakibatkan kepencet follow jadi following. Kan usahamu kemarin buat unfollow sama sok-sokan ngeblock akun mantan jadi sia-sia.

Lalu, jangan sekali-kali kursor berada di antara tombol retweet ataupun favorite. Karena salah pergerakan aja bisa menimbulkan dampak yang luar biasa, hingga jangka waktu yang tiada terkira. Masih mending yang kepencet tombol retweet, masih bisa ditunda. Lah kalo favorite, notifications si dia akan berbunyi, dan pasti jejak kamu akan ketahuan. Okee, gapapa kepencet favorite di tweet-tweet yang barusan ditweet, tapi jangan sampai kepencet favorite di tweet bulan lalu atau malah tahun lalu, Fixed, bakalan habis riwayatmu! Dia bakal ngira kamu masih ngga bisa move on dari dia.

2. Pun begitu dengan Facebook, kursormu jangan pernah diarahkan ke bawah secara membabi buta, itu salah besaaaar!

ikutin, jangan nafsu aja diikutin!

ikutin, jangan nafsu aja diikutin!

Advertisement

Meski di Facebook nggak ada tombol retweet maupun favorite, Facebook mempunyai tombol like dan colek (iya, colek!). Dan percayalah, di Facebook jebakan justru semakin banyak. Ya bayangin aja, kepencet colek aja bisa dikira kamu kegenitan. Dikiranya ngajak balikan! Waduh!

Nah, waktu kamu mau baca atau membuka isi komentar atau sesimple ingin tahu siapa aja yang ngelike satusnya, jangan mengarahkan kursor ke bawah secara membabi buta, itu SALAH. Tapi ikutilah garis merah berjalan, di situlah titik aman pergerakan kursor. Jauh dari tombol colek, like dan share. Kemudian jika komentar udah kebuka, kembalikan lagi kursor keatas dengan hati-hati, inget, banyak tombol like di area komentar. Jika sudah, kalian bisa membacanya dengan aman, nyaman dengan sedikit snack dan secangkir teh hangat.

3. Beralih ke Path, ini masih dalam tahap aman. Karena notifikasi “visited” udah ngga lagi ada

stalking tanpa harus visit

stalking tanpa harus visit via autotekno.sindonews.com

Kabar bahagia bagi kamu semua, yang masih suka stalking mantan di Path. Notifkasi visited udah ngga ada lagi, jadi mungkin kamu merasa aman kalau mau stalking Path mantan itupun kalau ngga diunfriend sih. Tapi meski gitu, kamu harus tetap waspada. Karena stalking di Path ngga menutup kemungkinan untuk ngga sengaja menekan tanda love, laugh, atau bahkan frowned. Jadi tetap waspada ya.

Nah biar hal-hal tidak diingankan itu terjadi, kamu bisa coba cara lain stalking Path tanpa perlu visit. Caranya gampang, tinggal tap kolom search yang berada di atas aplikasi. Disitu kamu tinggal ketik nama mantan yang pengen kamu kepoin. Dan taraaaa…aktivitas dia di Path bakal keliatan deh. Tapi ingat yaa kamu dan dia masih harus temenan di Path. Kalau kamu udah diunfriend, yaudah gigit jari ajaaa..

4. Kalau di Instagram, lewat desktop aja deh lihatnya. Kalau lewat smartphone, awas jangan sampe tap dua kali~

ati ati kelove

ati-ati kelove via core0.staticworld.net

Stalking Instagram dia nih, kepo sama wajahnya di tahun-tahun yang lalu gitu (stalkingnya kejauhan -_-), mending lewat desktop aja. Daripada kalau lewat HP ngga sengaja kamu tap dua kali di fotonya. Tahu kan akibatnya apa. Masa harus Hipwee jelasin ~

5. Setelah ‘rutinitas’ stalkingmu kelar, jangan lupa bersihkan riwayat pencarian supaya nggak ketahuan pacarmu yang sekarang

hapus hapus

hapus hapus via pad2.whstatic.com

Hal terakhir yang kudu jadi bagian dari ritual stalkingmu, ketika kamu selesai dari stalking jangan lupa untuk membersihkan riwayat pencarian, baik itu di Facebook, Twitter, Path, dan semua tentangnya harus kamu hapus dari riwayat gadget. Hal ini untuk menghindarkanmu dari temen yang tahu kalau kamu stalking mantan, lalu temen kamu itu bilang sama mantan kamu. Wah kalau itu semua kejadian kan bisa bahaya banget. Jadi ketahuan deh kalo kamu nggak bisa move on #ehh

Lalu, bagaimana cara agar history stalkingmu nggak ketahuan? Nyalakan mode penyamaran / incognito. Buka aplikasi Dolphin dengan cara menekan logo Dolphin pada home screen atau app drawer (menu semua aplikasi pada perangkat) kamu. Lalu, buka menu settings, pilih privacy and personal data, dan nyalakan mode private. Ketika dinyalakan, gadget kamu nggak akan menyimpan riwayat oenjelajahan, kata sandi, dan halaman web yang sering kamu kunjungi. Kamu amaaan~

6. Biar nggak ketahuan kanan kiri depan belakang, perhatikan pula screen protectormu. Pilih yang gelaaaap biar nggak kelihatan

pilih yang gelap~

pilih yang gelap~ via www.gradientshop.com

Screen protector atau anti gores dapat dikatakan sebagai aksesoris yang wajib dipakai oleh smartphone touchscreen. Kebayang dong bagaimana jeleknya layar smartphone kamu kalau tidak ada benda satu ini. Layar ponsel kamu tentu akan terlihat banyak goresan atau bahkan retak. Lebih dari itu, ia juga akan memperburuk keadaan kalau stalkingmu ketahuan orang di sebelah. Makanya, pilih yang pas.

Pilih yang gelap atau lebih dikenal dengan anti spy.Dengan begini, kamu nggak perlu kesel-kesel lagi sama temen-temenmu yang bahkan suka ngintipin kalau kamu lagi chat sama gebetan. Anti gores jenis anti spy dapat membuat layar sulit dilihat dari arah samping. Yey! Selamat….

7. Tapi paling bagus kamu emang harus berhenti stalking sekarang juga! Udah sih anggep aja dia nggak penting

daripada begini kan?

daripada panik begini kan? via daraprayoga.com

Rasa penasaran itu candu. Stalking itu nagih. Ketika kamu mulai sekali buat stalking, maka akan ada stalking-stalking berikutnya menyusul, lalu kegiatan itu mulai masuk to-do-list kamu setiap hari. Nah, daripada hidupmu semur-umur ngga tenang, yaudah sih berhenti stalking ajaaa.

“When you start stalking, you can’t stop. You just can’t.”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya