Punya binatang peliharaan, selain membantu mengurangi stres, juga melatihmu buat sabar dan nggak gampang emosi. Banyak banget benefit dan manfaat psikologi yang bisa kamu dapatkan saat memutuskan untuk mengadopsi hewan dengan penuh kasih sayang. Meski awalnya ribet, lama-lama jadi sayang.

Namun kendalanya tentu saja ada. Seperti misalnya kamu nggak bisa ngerti apa yang diinginkan hewan peliharaanmu, apa yang dia rasakan, apa yang dia nggak suka, walau rasanya kamu pengen banget bisa ngomong sama mereka. Tenang, berbagai peneliti dan ahli di bidang ini sudah banyak merumuskan arti gestur hewan biar kamu lebih memahami dan bisa ‘berkomunikasi’ dengan mereka. Dilansir melalui Brightside, berikut Hipwee Hiburan bakal menguraikan makna gestur anjing buatmu.

1. Kalau anjingmu menengadah dan memperlihatkan perutnya seperti minta dielus, artinya ia sudah punya kepercayaan padamu

Bukannya lagi manja, ia justru pengen menunjukkan dia percaya padamu. via www.dogvills.com

2. Nah, anjing sedang minta diperhatikan, kalau kepalanya bersandar di lututmu sambil menatap langsung ke wajahmu. Minta disayang-sayang nih~

Memang lagi manja, lagi pengen dimanja~ via brightside.me

3. Ketika telinga anjing tegak ke depan, dan ekornya sedikit horisontal, berarti ia sedang penasaran terhadap sesuatu

Kamu siapa, aku di mana? via brightside.me

4. Ketika sedang ngajak bermain tapi lama-lama anjingmu terlihat menjilat hidungnya berkali-kali, tandanya dia capek tuh, bosan, dan butuh beristirahat

Bang, udahan dong, capek akutu! :(( via brightside.me

5. Penting nih, kalau telinga anjingmu tegak ke depan, matanya terbuka lebar, ekornya horisontal, digerakkan sedikit, dan berdiri tegak di depanmu, berarti ia sedang memberikan sebuah peringatan entah bahaya atau bukan

Berusaha memberikamu peringatan tentang apa yang ia khawatirkan. via brightside.me

6. Hati-hati kalau mata anjing terbuka lebar, mulut terbuka hingga kelihatan giginya, sampai ekornya yang diangkat ke atas. Bisa berarti ia sedang marah

Apalagi kalau hidung dan kepalanya ikut berkerut, hmm, buruan pergi deh~ via brightside.me

7. Sebaliknya kalau posisi badan anjing merendah, ekornya diturunkan, dan pandangan matanya memendek, berarti ia sedang takut dan merasa nggak berdaya

Duh, jadi kasian liatnya. :(( via www.cuteness.com

8. Ada kalanya kamu tahu, apakah anjing peliharaanmu senang ketika diajak main. Kalau kaki depan ditekuk, mulut terbuka, dan lidahnya terjulur, artinya dia ceria~

Patut bangga nih kalau hewan peliharaanmu senang. via jetpetresort.com

Advertisement

Meski kamu bukanlah pengamat binatang atau pawang yang sudah berpengalaman, paling nggak kamu kini bisa mulai paham apa yang sedang berusaha ditunjukkan oleh sobat kecilmu itu. Biar nggak ada salah paham di antara kalian, kan. Masa sama mantan sudah salah paham, sama hewan peliharaan juga? Hmm~ :p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya