Mengabadikan momen dengan kamera sudah menjadi budaya bagi sebagian besar orang. Seperti nggak ada batasan usia, dari anak-anak sampai orang dewasa pun kerap mengabadikan momen dengan berfoto. Terlebih saat ada momen menarik seperti misalnya saat berkumpul bersama teman-teman. Mengabadikan foto berkelompok atau banyak orang dari kamera depan ini dikenal dengan sebutan groufie.

Selain selfie, saat ini groufie sudah menjadi aktivitas yang sering dilakukan banyak orang. Seperti sudah mewabah, di mana saja: restoran, pasar malam, di bioskop, dan sebagainya, sering kamu temui aktivitas foto bersama ini. Namun, ada hal yang mesti kamu perhatikan saat melakukan groufie. Sejatinya, nggak semua momen bisa kamu gunakan untuk melakukan groufie. Seperti di momen-momen ini, sebaiknya kamu jangan melakukan groufie, karena itu hanya akan membuatmu …

1. Jangan sekali-kali melakukan groufie di pemakaman orang. Selain karena norak, juga karena nggak sopan!

Foto di kuburan alm. Olga Syahputra: udah norak, nggak sopan lagi! via twitter.com

Advertisement

Kehilangan sesorang tentu memberi bekas kesedihan yang mendalam bagi yang ditinggalkan. Banyaknya kenangan kerap kali membuat yang ditinggalkan sulit untuk menerima kenyataan. Singkatnya butuh waktu menenangkan diri untuk ikhlas meneria suratan takdir. Maka dari itu, pemakaman adalah prosesi sakral yang mesti dihormati. Berfoto groufie di sela kesedihan orang merupakan tindakan yang kurang sopan dan nggak bijak untuk dilakukan.

2. Mengabadikan momen sih boleh-boleh saja, namun tahu waktu dong. Jangan kayak begini, ya!

Salah momen! via www.rickey.org

Beberapa kali tentu kamu pernah mendengar—atau bahkan menemui—beberapa orang yang groufie ketika sedang terjadi musibah, entah itu kecelakaan atau bencana. Hal ini sangat meresahkan karena tindakan itu sama sekali nggak menghormati orang yang sedang tertimpa musibah. Saat ia sedang mendapatkan kesulitan mereka malah bersenang-senang. Apalagi kalau pas terjadi kecelakaan, ya mbok dibantu gitu lho! Bukannya malah foto. Jangan dilakukan, ya, Guys!

3. Jangan sekali-kali berfoto di tempat-tempat ekstrem, kalau mau celaka seperti ini!

Keselamatan yang utama, plis! via www.tribunnews.com

Berita duka sempat terdengar bulan Desember lalu. Akibat kekonyolan remaja yang berfoto bersama di samping rel kereta api, seorang remaja putri tewas tersambar kereta api. Kejadian ini terjadi di Purworejo. Banyak warganet menyesalkan hal tersebut sebab tindakan remaja yang sangat membahayakan diri mereka itu hanya untuk eksistensi diri dan mencari sensasi. Ya, kejadian ini bisa sama-sama kita jadikan pelajaran, supaya lebih bijak dalam melakukan groufie.

4. Selain betapa pentingnya memilih waktu, pemilihan tempat juga mesti diperhatikan, Guys. Salah-salah bisa seperti ini nih 🙁

Sereeem! via hello-pet.com

Advertisement

Bicara mengenai momen, berarti juga bicara soal waktu dan tempat. Momen-momen yang pas untuk diabadikan memang nggak bisa kita duga dan rencanakan sehingga harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Namun meskipun begitu penting kiranya untuk memerhatikan waktu dan lokasi saat momen itu datang. Jangan sampai momen foto dua cewek di atas kamu alami juga, ya. Nanti salah-salah orang di foto jadi tiga jumlahnya. Hiii, sereeem!

5. Kalau di momen ini sebenarnya boleh-boleh saja sih, tapi mempelai prianya diajak juga dong 😀

Sedih dicuekin. 🙁 via www.tribunnews.com

Menikah tentu menjadi momen spesial bagi semua orang. Banyak orang memilih mengabadikan momen sakral ini bersama saudara hingga kerabat dekat. Tapi hal ini kurang berlaku bagi mempelai pria yang belakangan foto pesta pernikahannya viral di media sosial. Pasalnya ia malah diabaikan oleh tamu dari teman istrinya yang pengen foto bersama. Sontak foto ini jadi bahan kelakar oleh para warganet di jagat maya. Kasihan, ya. 😀

6. Ketika di antara teman-temanmu terdapat satu orang yang usil, kamu mesti hati-hati. Apalagi kalau dia merusak momen kalian

Photobomber via www.smosh.com

Pasti ada di antara teman-temanmu, satu orang yang usilnya kelewat batas. Meski sering menghibur, namun kerap kali justru menjengkelkan. Contohnya saat kita sedang foto bersama di tempat yang bagus dengan gaya yang maksimal, eh … si usil ini merusak semuanya. KZL.

7. Saat kamu sedang bersama pacarmu, tapi tiba-tiba muncul mantanmu dan mengajak foto bareng. Jangan pernah melakukan hal ini, ya!

Cari aman saja via www.republika.co.id

Kamu pasti pernah dong berada di momen ini. Ketika mantan dan pacar ada di satu momen atau acara yang sama. Nah, untuk menjaga keharmonisasian hubunganmu dengan pacar, mending cari aman saja deh dengan nggak ikut berfoto bersama. Kalaupun memang terpaksa, jangan ambil posisi di sebelah mantanmu kalau kamu nggak ingin melihat muka pacarmu murka.

8. Dan yang terakhir, jangan lakukan groufie saat kamu sedang sendirian. Kalau sendiri kan namanya selfie!

Nah, kalau terjadi yang seperti ini mungkin baru benar via stirileprotv.ro

Masih banyak orang yang masih salah kaprah dengan menyebut foto bersama dengan sebutan selfie. Termasuk kamu mungkin? Foto sendiri dengan kamera depan itu disebut selfie atau swafoto, sementara berkelompok itu groufie. Ingat, ya, Guys! 😀

Nah, itulah 8 momen yang harus kamu hindari untuk mengambil foto bersama atau groufie. Karena nggak jarang orang mengalami celaka saat asal-asalam mengambil gambar diri mereka. Ya, karena mereka nggak memerhatikan momen dan waktu yang pas. Btw, kamu pernah melakukan groufie di momen yang seperti apa, Guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya