“Ciyeee… Awas-awas, ada jones lewat. Jomblo ngenes udah lama!”

Hush! Jangan sembarangan membully orang jomblo, ya! Gitu-gitu, jomblo ngenes juga manusia. Sama-sama makan nasi kayak kamu, kecuali kalau dia diet nasi. Sama-sama pernah ngerasain jomblo juga, hayo ngaku!

Advertisement

Kamu tahu gak sih? Di balik kejombloannya yang ngenes dan sudah terlalu lama, ternyata ada kualitas-kualitas terbaik yang dipunyainya? Bahkan kualitas-kualitas itu belum tentu dipunyai oleh orang-orang yang selama ini mulus-mulus aja jalan percintaannya atau doyan gonta-ganti pasangan. Karenanya pula, dia sangat amat layak dijadikan pasangan seumur hidup yang menggenapi. Mau tahu gak?

1. Karena dia lama banget menjomblo, gak usah ragukan track recordnya. Dia gak pernah PHP kok!

Kagak ada ceritanya dia kayak gini

Kagak ada ceritanya dia kayak gini via giphy.com

Ya iya dong! Karena dia udah begitu lama jomblo, emang siapa sih yang mau dia mainin hatinya? Gak ada kan? Ini jadi bukti nyata kalau dia bukan player dan bisa dipercayai untuk menemanimu seumur hidup.

2. Sering dicemooh teman karena jomblonya belum kadaluarsa membuktikan dia punya kesabaran.

Sabar, sabar

Sabar, sabar via giphy.com

“Dikatain jomblo? Biasa, aku rapopo kok!”

Advertisement

Mungkin kamu atau teman-teman si jones ini, gak pernah ada maksud untuk mengejek dan nge-bully. Bisa jadi cuma bercanda atau menyentil sedikit si jones biar segera memikirkan perihal pasangan hidup. Tapi kalau si jones ini bukan orang yang penyabar, bisa jadi dia mencak-mencak dan mengamuk. Oleh karenanya, sabar adalah kekuatan utama si jomblo.

Kalau mau iseng, coba hitung sendiri berapa kali dia dicemooh. Mungkin kamu gak bakal ingat saking seringnya. Tapi dia sabar-sabar aja dan stay cool tuh.

3. Mungkin jomblonya karena dia belum bisa move on. Berarti kalau dijadiin pacar, dia setia dong!

Peter cinta mati sama si Gwen

Peter cinta mati sama Gwen via giphy.com

Kebanyakan jomblo ngenes masih setia dengan status “single” karena emang dia belum berhasil move on dari bayang-bayang masa lalunya. Kalau gitu, sudah jelas dong si jones ini adalah tipikal orang yang setia. Orang yang udah jadi masa lalunya aja masih dipikirin, gimana kamu yang akan jadi masa depannya?

Kalau kamu memang sedang jatuh cinta sama jones yang punya sejarah seperti ini, dekati aja dia perlahan-lahan. Ketika kamu sudah berhasil masuk ke kehidupannya, dia gak bakal ke mana-mana selain ke hatimu.

Jomblo aja dia awet, gimana kalau udah pacaran?

4. Beberapa jones diberitakan telah bunuh diri karena patah hati. Kalau kamu berhasil menemukan yang tidak demikian, mungkin dia adalah jawaban atas segala kegundahan hatimu.

Senyum terus

Senyum terus via giphy.com

Beberapa orang yang memilih bunuh diri karena alasan putus cinta atau patah hati tersebut, kemungkinan sudah merasa pesimis duluan. Soalnya dia udah kadung cinta mati sama seseorang, terus takut gak bisa menemukan cinta lainnya lagi. Makanya mereka memilih bunuh diri supaya gak terus-terusan mengingat pencuri hatinya.

Tapi kalau kamu nemu jones yang setelah putus cinta, namun gak pernah terbesit sedikit pun untuk bunuh diri, bisa jadi dia adalah sosok pendamping hidup untukmu. Alih-alih pesimis dan bunuh diri, dia malah berusaha keras bangkit. Dia juga optimis menatap masa depan dengan terus memantaskan diri. Kalau kamu berhasil menemaninya hingga ia bisa-bisa benar-benar pantas, bukankah masa depanmu akan jadi menggembirakan?

5. Level kesetian si jones bahkan tak bisa diragukan lagi. Dia paham benar kalau hati bukanlah boneka. Nyatanya dia bukan tipe yang setelah putus, langsung dengan cepatnya menclok-menclok ke hati lain.

Gak pernah kepikiran buat gonta-ganti

Gak pernah kepikiran buat gonta-ganti via giphy.com

Kalau mau, si jones ini bisa-bisa aja bertingkah ala Don Juan. Habis putus, menggaet lagi cowok/cewek lain dengan begitu cepat. Baru beberapa waktu jalan, eh dia pindah lagi ke hatinya orang lain. Tapi gak semua jones kayak begitu, tuh.

Dia paham benar kalau hati manusia itu bukanlah boneka yang bisa dimainkan seenak dan sepuasnya.

Dari sini kita gak cuma melihat kadar setianya aja. Tapi bagaimana ia juga telah bertingkah laku sebagaimana layaknya manusia dewasa dan bijaksana. Cepat-cepat putus dan bergonta-ganti pasangan bukanlah perilaku dewasa dan bijaksana, malah terkesan kekanakan. Oleh karenanya, dengan pemikiran sematang-matangnya dia tak mau melakukannya.

6. Terlalu lama sendiri menjadikan si jomblo tahu bagaimana mengatur waktu dan kegiatannya. Gak ada ceritanya dia posesif sama pacar barunya nanti.

Kerja dong!

Kerja dong! via giphy.com

Selama hatinya hidup menyendiri, si jones sudah terlatih mengisi hari-harinya dengan macam-macam kegiatan. Semuanya itu dilakukan supaya ia tidak terus-terusan kepikiran masa lalu dan galau. Kalau kamu mau tahu, perjuangan mereka supaya bisa melupakan kenangan dengan mantan itu, gak mudah loh! Mereka harus bisa mengontrol diri, menahan emosi, dan memanajemen otak supaya terus sibuk.

Kalau dia nanti punya pacar baru yang kelak akan jadi jodohnya *amin*, dia gak akan posesif. Dia juga gak melulu minta diperhatikan setiap detik lewat telepon atau sms. Karena sudah tahu dan terbiasa bagaimana caranya menciptakan waktu berkualitas sendiri, dia tahu kapan dan di mana ia bisa bermanja-manja dengan kekasih barunya.

7. Bersama si jones, gak ada lagi marah-marah karena gak bisa menemani ke suatu tempat. Soalnya, si jones terlatih mandiri!

Gak terus-terusan minta ditemani

Gak terus-terusan minta ditemani via giphy.com

“Sayang, maaf ya. Nanti aku gak bisa nemenin belanja.”

“Loh? Kenapa?”

“Aku ada meeting mendadak. Si bos pulang, sidak, terus bikin evaluasi.”

“Ahhh… Kamu kok gitu sih? Sukanya ingkar janji. Pacar macam apaan?”

Percakapan seperti itu gak akan lagi terjadi kalau kamu memacari si jones. Soalnya si jones sudah terbukti nyata hidup mandiri tanpa pasangan. Mau belanja, sendiri. Nonton film sendirian, gak masalah. Datang ke pesta pernikahan, tinggal cari teman satu geng buat berangkat bareng. Gak ada masalah deh kalau kamu tiba-tiba harus membatalkan janji karena acara mendadak.

“Sayang, maaf ya. Nanti aku gak bisa nemenin belanja.”

“Loh? Kenapa?”

“Aku ada meeting mendadak. Si bos pulang, sidak, terus bikin evaluasi.”

“Oh ya udah. Aku bisa ajak si Yane kok. Gak masalah. Dia juga selo ini. Semangat ya, yang!”

8. Kalau kamu berhasil jadi pacar (bahkan pasangan hidup) si jomblo, dia akan bersyukur banget. Kamu gak bakal disia-siain.

Ekspresi syukurnya

Ekspresi syukurnya via giphy.com

Karena dia telah lama menjomblo, bersiap-siaplah ketika kamu ada di hatinya! Soalnya kamu akan jadi karunia terbesar untuknya yang gak akan disia-siakan. Bahkan jangan heran kalau dia berniat serius denganmu hingga maut memisahkan. Di saat tertentu, apa yang kamu inginkan selalu dikabulkannya. Bisa jadi itu adalah bentuk keseriusannya untuk membangun masa depan denganmu.

9. Si jomblo ini bisa jadi calon orang sukses di masa depan. Selama masih menjabat status jomblo, dia selalu mengisi waktu dengan hal-hal dan ilmu bermanfaat.

Kalau sudah sukses, makin awesome

Kalau sudah sukses, makin awesome via giphy.com

Mungkin sekarang aja dia jomblo dan kelihatan gak ada apa-apanya. Tapi coba lihatlah dia lima hingga sepuluh tahun lagi. Ketika dia punya sifat optimis dan sabar seperti disebutkan pada poin-poin sebelumnya, yakinlah dia bisa jadi orang yang sangat sukses. Bukan tidak mungkin ia akan jadi the next Chairul Tanjung, Ardi Bakrie, dan nama-nama sukses lainnya.

Ditambah lagi selama status jomblo masih melekat di dadanya, ia giat mengisi waktunya dengan hal-hal bermanfaat. Seperti mengikuti organisasi, mengambil proyek, mengerjakan event, berkompetisi di lomba, hingga mengisi waktu luang dengan hal-hal remeh seperti membaca buku atau majalah. Bukankah skill dan ilmunya jadi semakin bertambah, dibandingkan hanya meratapi nasib, ingin bunuh diri, atau menyita perhatian dari lain jenis demi jadi pacarnya?

So, apakah kamu masih meragukan kualitas dari para jones alias jomblo ngenes? Masih mau terus-menerus membully mereka? Pikir ulang deh! Kalau mereka nanti sukses, punya pasangan yang sama suksesnya, dan bahagia, bisa-bisa kamu malu lho!

Pokoknya, semangat terus para jomblo! Jangan lupa memantaskan diri, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya