Beberapa waktu belakangan, publik di Tanah Air dihebohkan dengan keputusan salah satu selebriti, Rina Nose yang berhenti berhijab. Keputusan ini tentu saja menuai beragam reaksi dari masyarakat. Sebagian orang menghormati keputusan presenter yang tengah naik daun ini. Tapi nggak sedikit yang menyayangkan dan merasa kecewa karena Rina kembali membuka hijab yang menutup kepalanya itu.

Isu perpindahan agama muncul setelah Rina Nose memutuskan untuk membuka kembali hijab yang telah dipakainya selama satu tahun terakhir

Isu pindah agama via www.instagram.com

Salah satu spekulasi yang paling mencuat terkait keputusan Rina Nose melepas hijabnya adalah tentang dirinya yang berpindah agama atau keyakinan. Ada yang menyebut Rina menjadi ateis terkait salah satu unggahannya beberapa bulan lalu tentang masyarakat Jepang yang tidak memiliki kepercayaan terhadap Tuhan. Tentu ini tiba-tiba saja dikaitkan dengan keputusan Rina melepas hijab. Tapi yang paling mengejutkan adalah ada seorang warganet yang mengunggah ucapan selamatnya terhadap Rina Nose yang disebut telah berpindah agama menjadi Katolik dan memiliki nama suci Roselina Nurina Permata Putri.

Banyaknya pertanyaan yang mengharapkan kejelasan isu tersebut akhirnya membuat Rina buka suara

Klarifikasi Nisa Nose via www.instagram.com

Advertisement

Isu yang berhembus tersebut akhirnya diklarifikasi oleh Rina sendiri melalui akun Instagramnya. Ia mengaku masih seorang muslim. Dan ia mengakui bahwa nggak mungkin kesempurnaan alam semesta dan kehidupan yang begitu indah terbentuk sendiri secara kebetulan tanpa peran Tuhan. Artinya, Rina juga menolak disebut ateis seperti yang dituduhkan padanya.

Banyak orang menganggap atau menyebut saya pindah agama/murtad atau atheis. Dan “murtad” adalah sebutan yang sangat tdk enak didengar, jika anda setuju. Terlebih saya seorang muslim. Jadi bagaimanapun, saya pikir konyol tentang sebutan itu. Mohon maaf.. 🙏🏻
—Dan satu lagi utk sebutan “atheis”, anda tolong pahami dulu arti dan maksud istilah itu. Atheis itu sebutan bagi yg tdk percaya tuhan. Salah satu anggapan kaum atheis, dunia atau kehidupan ini terjadi secara kebetulan semata tanpa ada peran tuhan/sang pencipta. Sedangkan jelas sangat tidak mungkin kesempurnaan ciptaan alam semesta dan kehidupan yg begitu indah dan selaras ini terjadi begitu saja terbentuk sendiri secara kebetulan tanpa ada peran zat yang maha agung, maha sempurna, sang pencipta.. Bukan bermaksud menggurui. Sekali lagi mohon maaf..

Tapi kembali lagi, ada saja orang tak bertanggung jawab yang malah memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari keuntungan

Muncul akun palsu via www.instagram.com

Isu-isu bohong yang disebarkan untuk “memanas-manasi” keputusan Rina melepas hijab ini nggak sampai di situ. Setelah mengklarifikasi bahwasanya dirinya nggak pindah keyakinan atau agama, tiba-tiba saja muncul kembali sebuah akun Instagram yang mengatasnamakan Rina Nose. Dengan nama akun @rinanosenew, si pembuat akun mengklaim bahwa itu adalah akun Instagram Rina yang baru, tapi dengan menggunakan nama suci yang diisukan sebelumnya, yaitu Roselina Nurina Permata Permata Putri. Dalam akun tersebut diperlihatkan foto-foto Rina disertai ayat yang dikutip dari Alkitab.

Advertisement

Rina akhirnya mencoba mengklarifikasi keaslian akun tersebut. Ia menyatakan bahwa akun itu palsu. Pembuat akun ini tentu saja adalah orang-orang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. Ia sengaja “menggoreng” isu pindah agama Rina agar mendapatkan atensi orang banyak, sehingga ia bisa memanfaatkan hal itu demi keuntungannya sendiri.

Sebagai warganet yang bijak, tentu saja kita jangan mudah percaya dengan ini. Tapi tak bisa dimungkiri, masih ada yang percaya dengan isu-isu seperti di atas. Mereka percaya saja bahwa itu adalah akun baru Rina Nose setelah berpindah agama. Padahal, untuk membedakan apakah itu akun asli atau palsu cukup mudah.

Akun selebriti yang asli dan utama biasanya memiliki tanda centang biru atau berstatus verified. Jika punya dua akun, si selebriti ini biasanya akan mengumumkan bahwa ia memiliki akun lain (seperti Anji yang memiliki dua akun). Kalau tidak, maka hampir dapat dipastikan bahwa itu bukanlah akun asli. So, jangan mudah dipancing sama isu-isu murahan kayak gini ya guys. Apalagi kalau yang bersangkutan sudah mengklarifikasi kebenaran isunya. Nggak cuma kasihan sama si artis yang diisukan, tapi kasihan sama kamunya juga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya