Desas-desus akan dirilisnya filmnya Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) telah terhembus sejak lama. Kabar tersebut diperkuat dengan pernyataan Mira Lesmana, produser film tersebut, yang akan memproduksi film drama cinta tersebut di bulan Oktober tahun ini.

Sayangnya, dari berita yang membahagiakan tersebut ada sedikit kabar yang kurang menyenangkan. Di film AADC 2 nanti, Ladya Cheryl yang berperan sebagai Alya memastikan tidak bisa ikut ambil bagian. Ladya ingin fokus pada studinya. Lantas akan ada yang kurang di film AADC 2 nanti, karena meski bukan pemeran utama peran dan sosok Alya sangat penting dalam film Ada Apa Dengan Cinta.

1. Alya merupakan sosok pendiam dalam geng Cinta karena punya latar belakang keluarga yang berat, tapi karena itu dia menjadi paling dewasa.

Paling dewasa via haqiachmad.wordpress.com

Dalam film Ada Apa Dengan Cinta, tokoh utama yang bernama Cinta (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) memiliki empat sahabat dari SMA yang selalu bersama. Salah satu sahabat Cinta ini bernama Alya. Dikisahkan, Alya merupakan sosok remaja yang pendiam dibanding teman-teman Cinta yang lainnya. Sifat Alya ini dipicu karena latar belakang keluarganya yang berantakan. Ayah Alya diceritakan sebagai seorang suami yang suka memukul istri dan anaknya. Makanya, Alya cenderung pendiam dan sering melamun. Namun, latar belakang yang keras itu justru menjadikan Alya sebagai sosok yang paling dewasa dibanding teman-temannya yang lain.

2. Keberadaan karakter Alya menyelipkan pesan penting di film AADC: kekerasan dalam rumah tangga yang berdampak pada anak.

Ada pesan dibalik kisah cinta remaja via chirpstory.com

Advertisement

Alya memang bukan tokoh utama dalam film AADC, tetapi kehadiran Alya ini memperkuat cerita dan pesan yang diangkat film ini. AADC merupakan film bernuansa drama remaja yang bercerita tentang kisah cinta remaja SMA yang berbeda latar belakang. Namun, tak seperti film drama Indonesia kebanyakan yang melulu tentang cinta, ada banyak pesan yang diselipkan dalam film ini. Salah satu pesan tersebut dibawa oleh Alya. Di sini diceritakan Alya akhirnya mencoba bunuh diri karena tak tahan dengan kondisi keluarganya yang terus menerus berkelahi. Yup, secara implisit, AADC ingin mengangkat tema kekerasan dalam rumah tangga yang bisa berdampak sangat fatal bagi anak.

3. Sosok Alya yang dewasa membuat Cinta sering curhat ke Alya dan jadi sahabat Cinta yang paling dekat.

Alya selalu bisa menenangkan via soulofjakarta.com

Bisa dibilang, Alya adalah sahabat yang paling dekat dengan Cinta. Ketika ada masalah dengan keluarga, Alya selalu curhat dan pergi ke rumah Cinta. Sebaliknya, Cinta sering curhat ke Alya tentang segala hal. Sepertinya hanya kepada Alya, Cinta tak dapat menyembunyikan perasaan yang sedang dialaminya. Saat Cinta marah-marah karena dicuekin Rangga waktu awal kenalan, Alya yang mencoba menenangkan emosi Cinta di saat teman-teman lain malah mengompori.

4. Hanya Alya yang memahami perasaan Cinta ke Rangga sejak awal.

Paham perasaan Cinta ke Rangga via wolipop.detik.com

Hubungan Cinta dan Rangga pun sebenarnya telah terendus oleh Alya. Ketika Cinta sedang ngobrol dengan Rangga tentang buku  ‘Aku’ karya Sumanjaya, Alya yang kebetulan melihat. Dari situ, Alya sudah paham bahwa sahabatnya itu menaruh perhatian lebih pada cowok yang disebut-sebut Cinta sebagai ‘tipe cowok yang harus dijauhi’ dalam buku curhat mereka.

5. Cuma Alya yang tahu kalau Cinta pernah jalan bareng Rangga.

Paling tahu kalau Cinta jalan bareng Rangga via m.liputan6.com

Ketika Alya ke rumah Cinta untuk curhat dan kabur sebelum kena pukulan ayahnya, Alya mendapati Cinta tengah bermain gitar dengan melagukan puisi Rangga. Alya pun memancing Cinta bercerita soal Rangga, hingga Cinta pun nggak sengaja keceplosan kalau dia sudah jalan bareng Rangga. Dan Cinta pun meminta Alya untuk merahasiakan hal tersebut pada ketiga sahabat lainnya.

Alya pun sangat mengerti keadaan Cinta. Ketika Alya di rumah sakit dan Cinta meminta maaf karena telah membohonginya, Alya pun bisa paham kalau Cinta berbohong karena nggak ingin ketahuan bahwa dia telah pergi dengan Rangga.

6. Alya juga yang nego ke petugas bandara agar Cinta bisa masuk mengejar Rangga.

Yang bikin adegan ini ada via fuadmisbah.com

Sikap Alya yang bijaksana mampu menyelesaikan segala kepanikan yang dialami Cinta. Pada saat Cinta dan kawan-kawan mengejar Rangga ke bandara, mereka dihadang oleh petugas bandara. Mereka dilarang masuk karena bukan penumpang. Untungnya, Alya berinisiatif untuk ngobrol baik-baik dengan petugas. Hasilnya, Cinta diizinkan untuk masuk ke bandara dan mengerjar Rangga sebelum cowok cuek itu berangkat ke New York.

7. Entah bagaimana jadinya AADC 2 tanpa sosok Alya yang sudah melekat dengan tampang Ladya Cheryl.

Kurang satu bakal kurang lengkap! via www.kompasiana.com

Tentunya ada sedikit perasaan kecewa bagi penggemar AADC ketika mendapat kabar bahwa Ladya Cheryl, pemeran Alya, tidak dapat ikut bermain dalam AADC2. Ibarat kisah-kisah dongeng, cerita pangeran dan putri tanpa ibu peri terasa kurang lengkap. Lalu, bagaimana kah? Riri Riza, sutradara yang akan menggarap Ada Apa Dengan Cinta 2 ini menyiasati keabsenan Ladya Cheryl? Kalau tokoh Alya nggak ada, pasti kurang seru. Sebaliknya, kalau digantikan dengan pemain berbeda pasti chemistry-nya kurang dapat dong!

Jadi, tokoh Alya enaknya diapain?