11 Cara Ekstrem Guru Pantau Murid Agar Nggak Nyontek. Ketat Banget, Udah Kayak Legging Macan~

Agar murid nggak nyontek

Berat untuk mengakui bahwa menyontek sudah menjadi budaya pendidikan zaman sekarang. Nggak cuma di Indonesia, di belahan bumi lain, budaya curang semacam ini juga terjadi. Inilah yang membuat guru miris ketika masa ujian datang.

Advertisement

Menyuruh murid untuk nggak menyontek itu susah. Makanya, para guru menyiasatinya dengan berbagai cara. Dan ada beberapa guru yang menerapkan cara ekstrem mengawasi muridnya ujian. Cara ini sepertinya bakal sukses bikin murid selihai apapun nggak berkutik!

1. Dalam posisi sejajar, susah bagi guru mengawasi gerak-gerik murid. Dengan mengambil posisi lebih tinggi, guru bisa melihat semuanya

2. Cara lain yang lebih paten mengontrol agar murid nggak menyontek ialah dengan memakai โ€˜kotak ujianโ€™ buatan. Nengok dikit, ketahuan!

Buat ngomong juga susah. via www.boredpanda.com

Advertisement

3. Sekadar ngumpulin doang mah kadang masih ada yang curang. Kumpulin, tapi ada absennya bikin murid mikir-mikir lagi kalau bohong

Tandain aja sia yang nggak ngumpulin. via www.boredpanda.com

4. Rupanya kotak ujian termasuk alat yang sering digunakan. Gampang juga sih bikinnya

Dari kardus mi instan bisa. via www.boredpanda.com

5. Kalau mau murah sih pakai koran. Ini juga bikin muridnya tahu kabar apa yang sedang aktual hari ini ๐Ÿ˜€

Ujian sambil baca koran. via www.boredpanda.com

Advertisement

6. Ya, ampun! Sampai disuruh pakai celana dalam gitu. Mau masuk tentara harus jujur dan pintar!

Biar nggak ambil kunci jawaban dari saku. via www.boredpanda.com

7. Ternyata menutupi wajah murid sudah dilakukan sejak dulu. Bukti budaya menyontek itu ada sejak dahulu

Di mana-mana sama. via www.boredpanda.com

8. Sedia payung sebelum ujian. Biar nggak nyontek sekaligus nggak kehujanan pulangnya

Biar nggak kehujanan juga. via www.boredpanda.com

9. Zaman sudah canggih, guru barat awasi muridnya pakai drone. Kalau ada yang mencurigakan langsung disamperin drone

Gurunya modal banget. via www.boredpanda.com

10. Begini cara orang Cina mencegah nyontek saat ujian. Dicek dulu pakai alat deteksi metal

Udah kayak masuk bandara. via www.boredpanda.com

11. Teknologi VAR nggak cuma ada di Liga Inggris, tapi juga saat menyontek ๐Ÿ˜€

Pakai CCTV dong via www.boredpanda.com

Mengawasi banyak murid sering kali bikin guru kelimpungan. Daripada cuma memantau pakai mata telanjang, alat pencegah dibutuhkan. Paling nggak, kalau ada gerakan mencurigakan, jadi kelihatan semuanya. ๐Ÿ˜€

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE