Sederet Aktivitas ini Bisa Dilakukan Jika Dunia Beralih ke Metaverse. Sudah Siap?

Meskipun nggak bertemu secara langsung, kita bakal tetap bisa berinteraksi di dunia Metaverse

Belakangan ini perbincangan soal Metaverse tengah ramai dibahas publik. Awal mula perbincangan Metaverse ini dimulai sejak Facebook melakukan rebranding nama perusahannya menjadi Meta. Metaverse sendiri merupakan dunia digital yang penggunanya bisa berinteraksi satu sama lain secara real time dan beraktivitas dengan pengguna lain menggunakan avatar atau representasi grafis dari penggunanya.

Advertisement

Santer beredar pula bahwa perubahan yang dilakukan Facebook tersebut mengikuti ambisi Mark Zuckerberg yang ingin mengembangkan platform yang membawa aktivitas sehari-hari ke dalam dunia virtual. Nah, apabila ambisi dari petinggi Facebook ini benar tercapai, maka sederet aktivitas sehari-hari ini bisa kamu lakukan di dunia Metaverse.

ADVERTISEMENT

1. Kamu bisa banget nonton konser di dalam dunia Metaverse ini

Aktivitas di Metaverse

Aktvitas di Metaverse, konser | Credit: Instagram @justinbieber

Dengan menggunakan avatar atau representasi grafis, baik penonton ataupun penampilnya bisa berinteraksi lebih secara langsung layaknya menonton konser secara offline. Mungkin saat ini konser virtual sudah banyak dilakukan para musisi berkaitan dengan pandemi Covid-19 ini. Namun, para penonton belum bisa berinteraksi layaknya seperti konser offline. Musisi ternama yang sudah melalukan konser di dunia Metaverse ini adalah Justin Bieber.

ADVERTISEMENT

2. Pasangan yang ingin menikah dengan cara anti-mainstream, bisa coba pernikahan di dunia Metaverse

Aktivitas di Metaverse

Aktivitas di Metaverse, pernikahan | Credit: CNNIndonesia

Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan di dunia Metaverse adalah menggelar acara pernikahan. Cara ini bisa kamu pilih ketika kamu ingin menggelar acara pernikahan di kala pandemi Covid-19 belum berakhir.

Advertisement

Buat kamu yang penasaran, salah satu pasangan asal India bernama Dinesh Sivakumar Padmavathi dan Janaganandhini Ramaswamy telah menyelenggarakan pernikahan mereka pada 5 Februari di dunia Metaverse dengan tema Harry Potter. Pernikahan pasangan ini menjadi yang pertama kali diselenggerakan di Metaverse.

Tak kalah menarik dari penrikahan secara langsung, para tamu undangan sejumlah 500 dalam pernikahan tersebut bisa berdansa bersama dan berganti-ganti avatar. Lebih menariknya, suvenir yang dibagikan kepada tamu undangan pernikahan ini berupa NFT.

ADVERTISEMENT

3. Olahraga di dunia Metaverse menambah pengalaman berolahraga menggunakan kacamata virtual reality (VR)

Aktivitas di Metaverse

Aktivitas di Metaverse, olahraga | Credit: ft

Advertisement

Meskipun e-sport kini sudah marak di berbagai dunia, tetapi pengalaman berolahraga di dunia Metaverse belum dirasakan oleh banyak orang. Jika e-sport biasa dilakukan saat kamu sedang bermain game berbasis internet, tetapi pengertian e-sport di dunia Metaverse tidaklah sama.

Berolahraga di dunia Metaverse memberikanmu pengalaman berolahraga sesungguhnya dengan lawan mainmu di dunia virtual dengan memanfaatkan kecanggihan kacamata virtual reality (VR). Salah satu contohnya, Informatics Academy (Singapura) telah memberikan pendidikan e-sport bola pingpong yang menggunakan kecamata oculus atau kacamata virtual reality (VR) tersebut.

ADVERTISEMENT

4. Kamu juga bisa bersekolah di dunia Metaverse. Kamu hanya perlu hadir menggunakan avatar saja untuk bersekolah

Aktivitias di Metaverse

Aktivitas di Metaverse, sekolah | Credit: venturebeat

Dunia Metaverse juga memungkinkan kamu bersekolah secara virtual, tetapi tetap merasakan seperti hadir di dalam ruang kelas seperti biasa. Dunia Metaverse juga mampu membantu seseorang dalam mengikuti pelatihan atau beragam kegiatan lainnya di dunia pendidikan.

Sebagai contoh, ketika seorang mahasiswa kedokteran sedang melakukan pendidikan kedokteran  bisa melakukan praktik bedah dengan alat dan pasien virtual. Dengan kecanggihan dunia Metaverse ini, sekolah ataupun bidang pendidikan lainnya tetap bisa berjalan efisien meskipun tak bisa secara langsung.

ADVERTISEMENT

5. Berbelanja apapun di dunia Metaverse dapat dilakukan dengan dompet kripto

Aktivitas di Metaverse

Aktivitas di Metaverse, shopping | Credit: timesofisrael

Transaksi perbelanjaan di dunia Metaverse pun bisa dilakukan dengan menggunakan dompet kripto. Pada dunia Metaverse, dompet kripto yang populer digunakan adalah MetaMask. Namun, nantinya dompet kripto yang digunakan juga menyesuaikan platform Metaverse yang digunakan, karena terkadang setiap platform Metaverse memiliki token kripto tersendiri yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

ADVERTISEMENT

6. Buat kamu gamers, sudah bisa merasakan sensasi bermain game di dunia Metaverse

Aktivitas di Metaverse

Aktivitas di Metaverse, game | Credit: google play

Saat ini sudah banyak games yang telah menerapkan Metaverse, salah satu game yang mendekati Metaverse adalah Roblox dan Sandbox. Roblox sendiri memungkinkan seseorang untuk membuat game sendiri menggunakan mesin milik Roblox itu sendiri.

Sementara itu, Sandbox menawarkan pemain untuk mendapatkan pengalaman virtual, adapun item game dari Sandbox ini berdasarkan NFT serta berbasis Blockchain dan DeFi. Para gamers bisa membangun dan mendesain avatar mereka sendiri untuk beraktivitas dalam game tersebut. Jika kamu bermain game tersebut, maka kamu bisa membayangkan kehidupan saat dunia nyata ini berpindah ke dunia Metaverse.

Selain sederet aktivitas di atas, saat ini juga tengah ramai diperbincangkan publik soal pelaksanaan ibadah haji dan umroh yang bisa dilakukan di dunia Metaverse. Namun, perlu diketahui bahwa aktivitas ibadah haji dan umroh tidak dapat dilakukan. Keberadaan Ka’bah di dunia Metaverse hanya memungkinkan umat muslim untuk melihat Hajar Aswad secara virtual, sebelum ziarah ke Makkah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE