5 Alasan Kenapa Terkadang Cowok Nyaman dengan Kesendirian. Bukan Semata-mata Nggak Laku!

Alasan cowok sendirian

Setiap orang pasti membutuhkan yang namanya rasa cinta, afeksi, dan ketergantungan dengan orang lain. Semua itu biasanya tergabung dalam sebuah jalinan atau hubungan satu dengan lainnya atas dasar ikatan hati atau perasaan. Namun, rupanya nggak semua orang bisa merasa nyaman dengan adanya seorang pasangan lo. Begitu juga dengan sebagian kaum cowok yang memilih untuk lebih nyaman dengan kesendiriannya.

Advertisement

Sayangnya, keadaan yang satu ini membuat kaum cowok yang memilih untuk sendiri merasa memiliki berbagai macam stigma yang nggak enak didengar dari orang lainnya. Ada yang bilang kalau nggak laku, kebanyakan milih, dan lain sebagainya. Padahal, beberapa cowok memilih untuk nyaman hidup sendiri tanpa pasangan itu ada hal yang melatarbelakangi lo. Berikut ini adalah alasan logisnya.

1. Punya pengalaman buruk saat menjalin hubungan. Terkadang rasa traumanya bisa bertahan lama sih

Ilustrasi cowok single / Credit: Redoakrecovery via www.redoakrecovery.com

Ngomongin tentang trauma yang bikin hati jadi nggak enak, sekarang siapa sih orang yang mau mengulangi kejadian itu? Ya, trauma menjadi salah satu alasan kenapa beberapa cowok di luar sana memilih untuk tetap sendiri dibandingkan sibuk cari pasangan. Jangan salah, yang namanya cowok itu juga punya hati yang bisa memiliki rasa takut lo. Hal ini seperti yang telah dipelajari oleh beberapa ahli dalam temuannya yang terbit pada Evolutionary Psychological Science tahun 2018 silam.

2. Masih pengin untuk menikmati masa lajang, apalagi kalau punya banyak teman yang seru

Masih ingin menikmati masa lajang / Credit: Pinterest via www.pinterest.com

Dalamnya hati seseorang memang nggak ada orang lain yang tahu sih, begitu pula yang terjadi pada cowok. Meski terkenal sering blak-blakan dengan teman lainnya, tapi siapa sangka jika cowok terkadang punya keinginan untuk masih menikmati masa lajangnya. Terlebih jika cowok tersebut punya banyak teman yang seru. Memang terkadang bagi beberapa orang memiliki teman lebih berarti dibandingkan dengan memiliki pasangan sih.

Advertisement

3. Tekanan dari budaya perjodohan yang masih kental. Ingat, cowok juga sering jadi korban dalam hal ini lo!

Ilustrasi cowok curhat dengan temannya / Credit: Narconon via www.narconon.org

Banyak yang menyangka kalau budaya perjodohan ini selalu merugikan pihak cewek aja. Padahal, dalam faktanya cowok pun kerap kali menjadi korban dalam hal ini. Salah seorang peneliti bernama Menelaos Apostolou dalam rangkumannya di laman Evolutionary Psychological Science tadi menyebutkan bahwa salah satu alasan kenapa beberapa cowok nyaman dengan rasa sendiri adalah adanya tekanan dari budaya ini. Bayangin aja, kamu udah suka banget sama seseorang, tapi keluargamu menolak cuma karena mereka ingin menjodohkanmu. Kesel, kan? Pelariannya pasti memilih untuk sendirian aja dulu daripada harus berdebat sama semuanya.

4. Insecure untuk selalu bisa membuat pasangan jadi nyaman. Ini susah banget lo!

Cowok juga bisa insecure / Credit: Parentmap via www.parentmap.com

Namanya juga punya pasangan, udah pasti harus sepaket dengan berbagai macam konsekuensi di belakangnya. Salah satunya adalah bagaimana kita bisa membuat pasangan kita selalu merasa nyaman. Bagi sebagian cowok, hal kayak gini mungkin terasa begitu bikin pusing dan nggak jarang membuat rasa insekuritasnya kian tinggi. Itulah mengapa sebagian cowok memilih untuk menghindari persoalan-persoalan yang satu ini karena memang nggak gampang sebenarnya.

5. Masih berjuang dengan ketidakpastian. Ingat, cowok juga bisa digantungin perasaannya lo

Ilustrasi cowok single / Credit: Wallpapertip via www.wallpapertip.com

Menurut Menelaos Apostolou juga, salah satu persoalan yang nggak kalah memengaruhi sebagian cowok untuk memilih tetap sendiri adalah keadaan di mana dirinya masih berjuang dengan ketidak pastian. Banyak orang beranggapan bahwa yang selalu menggantungkan perasaan itu adalah pihak cowok. Padahal, dalam kontek hubungan yang melibatkan hati, cowok juga bisa menjadi korban yang digantungkan perasannya.

Sekarang udah semakin paham kan, kenapa beberapa cowok di luar sana lebih nyaman atau memilih untuk menikmati kesendiriannya? Ada banyak alasan masuk akal yang di baliknya, jadi bukan sekedar karena nggak laku. Makanya kalau ada teman cowokmu yang saat ini single, jangan dijadikan bahan ejekan. Toh, yang punya pasangan pun belum tentu bahagia~

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE