Setelah 6 Tahun, Metallica Umumkan Rilis Album Baru dan Konser Dunia 2 Tahun Sekaligus

Belum lama ini, panggung musik dunia kembali mendapat kabar baik. Pasalnya, grup band metal legendaris, Metallica resmi mengumumkan akan merilis album terbaru. Kabar ini jadi angin segar di kalangan penggemar dan penikmat musik metal mengingat Metallica sudah 6 tahun lamanya nggak merilis single atau album baru.

Advertisement

Yang lebih menyenangkan lagi, Metallica juga akan menyapa para penggemar lewat konser yang akan mereka selenggarakan. Tak tanggung-tanggung, konser mereka kali ini sudah dijadwalkan untuk dua tahun sekaligus mulai dari 2023 sampai 2024 mendatang.

Lagu Lux Æterna jadi lagu yang pertama kali dirilis untuk obati kerinduan penggemar setelah 6 tahun terakhir

Lux Æterna

Lux Æterna | Credit: Instagram @metallica

Pengumuman Metallica akan merilis album baru memang cukup mengejutkan penggemar. Tanpa banyak gembar-gembor sebelumnya, Metallica lansgung mengunggah deretan poster di Instagram resmi mereka yang berisi informasi judul single dan album terbaru sekaligus jadwal tur konser.

Album terbaru Metallica diberi judul 72 Seasons Metallica dan akan dirilis pada 14 April 2023 mendatang. Namun sebelum itu, mereka lebih dulu merilis single pertama dari album tersebut yang bertajuk Lux Æterna, Senin (28/11). Video klip musiknya juga sudah bisa kamu tonton di kanal YouTube Metallica.

Advertisement

Lux Æterna jadi lagu yang pertama kali dirilis Metallica setelah tahun 2016 lalu melahirkan album Hardwired. Dengan durasi 3:31 menit, Lux Æterna tampaknya lebih singkat bila dibandingkan dengan sebagian besar lagu Metallica yang berdurasi di atas 6 menit. Namun hal tersebut nyatanya nggak jadi soal bagi para penggemar. Mereka justru membanjiri kolom komentar YouTube Metallica dengan pujian terhadap lagu tersebut dan juga untuk Metallica sendiri yang tetap eksis sejak tahun 1981.

Vokalis Metallica ungkap makna di balik judul album 72 Seasons. Ada hubungannya dengan pencarian jati diri manusia

Album 72 Seasons

Album 72 Seasons | Credit: Instagram @metallica

Selalu ada cerita di balik musik yang dihasilkan oleh para musisi. Nggak cuma soal lirik lagu, pemilihan judul untuk album pun menarik untuk ditelusuri. Seperti pada album terbaru Metallica kali ini, sang vokalis James Hetfield membeberkan makna di balik judul album 72 Seasons. Hetfield bilang, 72 musim itu sama dengan 18 tahun pertama dalam hidup sebelum manusia menginjak usia dewasa.

Advertisement

“72 musim. 18 tahun pertama hidup kita yang membentuk diri kita yang sebenarnya atau yang justru salah. Konsep bahwa kita diberi tahu ‘siapa kita’ oleh orang tua kita. Kemungkinan mencari tahu tentang kepribadian seperti apa kita ini,” jelas Hetfield, dilansir dari Variety (28/11).

Pengalaman masa kecil, bagi Hetfield, nyatanya begitu tertanam kuat dalam pikiran manusia hingga bisa membentuk kepribadian dan pandangannya terhadap kehidupan. Namun, manusia selalu punya pilihan untuk memaknai masa kecil itu. Apakah sebagai luka masa lalu yang menghambat masa depan atau malah jadi pembelajaran untuk terus bertumbuh jadi versi terbaik diri sendiri.

“Saya pikir bagian paling menarik dari ini adalah studi lanjutan tentang keyakinan inti tersebut dan bagaimana hal itu mempengaruhi persepsi kita tentang dunia saat ini.

Sebagian besar pengalaman dewasa kita adalah pemeragaan atau reaksi terhadap pengalaman masa kecil. Tahanan masa kanak-kanak atau membebaskan diri dari ikatan yang kita bawa,” katanya.

Dengan pemaknaan sedalam itu, kira-kira hasil albumnya bakal gimana, ya? Sambil menunggu April 2023 tiba, kita bisa melihat-lihat dulu 12 deretan lagu yang akan mengisi album 72 Seasons ini. Berikut daftar lengkapnya.

  1. 72 Seasons
  2. Shadows Follow
  3. Screaming Suicide
  4. Sleepwalk My Life Away
  5. You Must Burn!
  6. Lux Æterna
  7. Crown of Barbed Wire
  8. Chasing Light
  9. If Darkness Had a Son
  10. Too Far Gone?
  11. Room of Mirrors
  12. Inamorata

Metallica juga sudah siapkan jadwal konser M72 World Tour. Bakal manggung 2 malam di setiap kota

Jadwal konser Metallica 2023-2024

Jadwal konser Metallica 2023-2024 | Credit: Instagram @metallica

Salah satu band metal paling populer di dunia ini juga sudah menyiapkan konser besar-besaran untuk menyapa para penggemar. Kali ini, konser Metallica akan digelar mulai 27 April 2023 hingga 27 September 2024 di Eropa, Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Menariknya, setiap kota masing-masing akan mendapatkan dua pertunjukan musik berbeda, dengan set panggung dan pertunjukan pembuka yang berbeda pula. Kalau udah legend, memang beda, ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE