Viral Potret Anak-Anak Renang di Sungai Depan Plaza Indonesia, Fenomena Unik Sekaligus Miris

Anak-anak renang di sungai

Sebuah foto unik baru saja beredar luas dan viral di berbagai macam media sosial, khususnya Instagram dan juga Twitter. Foto yang belakangan diketahui diambil oleh seorang warganet Instagram bernama Priyombodo itu menunjukkan sebuah potret beberapa anak-anak tengah asik menikmati kegembiraan berenang di selokan. Uniknya, kegiatan tersebut dilakukan para bocah itu di sungai depan bangunan megah pusat perbelanjaan Plaza Indonesia.

Advertisement

Tak butuh waktu yang lama, fenomena langka ini akhirnya menyebar ke berbagai macam media sosial setelah berhasil diunggah ulang oleh beberapa akun. Banyak yang menganggap bahwa apa yang dilakukan para bocah ini adalah hal yang unik, tapi sekaligus juga miris. Terlepas dari apapun itu, foto yang diambil oleh Priyombodo ini benar-benar memberikan banyak sudut pandang dan cerita di baliknya sih.

Dulu mungkin potret bocah bermain di sungai adalah hal yang biasa, tapi beda ceritanya dengan sekarang ini, apalagi di kota-kota besar

Ilustrasi keceriaan mandi di sungai / Credit: Fotokita via fotokita.grid.id

Melihat beberapa waktu ke belakang, fenomena anak-anak kecil bermain di sungai dengan asiknya mungkin adalah sebuah hal yang biasa aja dan nggak perlu dibesar-besarkan. Apalagi bagi anak-anak yang lahir sebagai generasi 90-an, melihat jernihnya sungai untuk dijadikan lahan bermain adalah hal yang lumrah dan kerap terjadi. Tapi, beda ceritanya jika dibandingkan dengan foto yang sedang viral tersebut. Sama-sama berenang sih, tapi bukan di sungai, lha wong sebutannya aja selokan. Sebenarnya bukan hal yang mengherankan sih, apalagi fenomena tersebut terjadi di kota-kota besar yang notabene memang udah sedikit banget lahan-lahan hijau yang bisa dijadikan tempat bermain untuk anak-anak.

Bagi mereka, hal ini bisa jadi kebahagiaan tersendiri. Di sisi lain, hal menunjukkan betapa ruang bermain anak-anak telah tergeser saat ini

Potret bocah berenang di selokan / credit: Instagram Priombodo via www.instagram.com

Fenomena unik yang satu ini tentunya membuat kita melihat kejadian tersebut dari berbagai macam sisi dan sudut pandang. Bagi anak-anak itu sendiri, aktivitas tersebut mungkin merupakan bentuk kebahagiaan masa kecil tersendiri. Hidup di kota megah setidaknya masih bisa menemukan lahan bermain meski bisa disebut jauh dari yang namanya layak. Sedangkan, di sisi lain foto tersebut menunjukkan ketimpangan sosial yang begitu tinggi dan bagaimana ruang bermain untuk anak-anak telah tergeser dengan kemajuan zaman. Jangankan nemu sungai bersih dan asri buat berenang ramai-ramai, lha wong bisa main bola tanpa harus dekat-dekat dengan jalan raya aja mungkin sekarang jadi hal yang susah kok.

Advertisement

Melihat potret para bocil ini kita juga bisa paham sih kalau orang-orang itu ternyata juga bisa bahagia dan kaya dengan caranya masing-masing

Plaza Indonesia / Credit: Theparadise via www.theparadise-group.com

Terlepas dari bagaimana macam-macam persepsi publik, lewat potret unik yang satu ini kita bisa memahami bahwa ternyata orang-orang itu bisa menciptakan sendiri bagaimana kebahagiaan dan kemewahan mereka. Meski berada tepat di samping gedung megah yang menjadi salah satu ikon tempat orang-orang berada berbelanja barang-barang mewah, anak-anak ini tetap menemukan rasa bahagianya sendiri. Tapi kalau ngomongin dari segi sosial, jelas ini kelihatan timpang banget, apalagi jika mengingat bagaimana kualitas air di selokan atau sungai-sungai di Jakarta.

Semoga kelak dengan berlangsungnya kemajuan zaman, anak-anak di masa depan tetap bisa menemukan tempat bermainnya, ya. Kasihan banget kalau beberapa waktu mendatang anak-anak kita cuma bisa lihat gedung-gedung tinggi yang mungkin untuk memasukinya aja mereka kurang mampu.

Ikuti Instagram @wolesjon biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE