Suka Duka Sekolah di Sekolahan Swasta, Anak ‘Luar Negeri’ Pasti Paham Rasanya

Anak sekolah swasta

Kita semua tahu bahwa umumnya sekolah formal di Indonesia dibagi menjadi dua jenis, yaitu sekolah negeri dan juga sekolah swasta. Keduanya memiliki beberapa perbedaan tersendiri baik dari segi sekolah itu sendiri maupun dari siswa-siswanya. Nah, ngomongin perbedaan tersebut, ada sederet perasaan suka dan duka yang dialami oleh keduanya. Kali ini, Hipwee Hiburan bakal membahas gimana suka dan dukanya menjadi anak sekolah swasta.

Advertisement

Pasalnya, anak-anak sekolah swasta ini terkadang punya keunikannya dan dunianya sendiri-sendiri yang mungkin nggak dialami oleh anak sekolah negeri. Kalau kamu pernah menuntut ilmu di bangku swasta, pasti nggak asing lagi sama sederet hal yang bakal menjadi kenangan masa sekolah seperti di bawah ini~

Sering jadi bahan ejekan anak-anak lain, apalagi kalau satu geng isinya anak negeri semua

Ilustrasi anak swasta / Credit: Pexels Patrick Case

Jadi anak ‘luar negeri’ alias anak swasta itu terkadang kesel juga, apalagi kalau lagi nongkrong bareng teman-teman yang bersekolah di sekolahan negeri. Setiap ada hal-hal yang aneh dari kita pasti langsung dihubung-hubungkan karena kita bersekolah di sekolahan swasta. Pokoknya segala hal yang dianggap aneh oleh mereka ini seolah-olah berasal karena kita sekolah di tempat swasta. Marah sih nggak juga, cuma gemes aja jadinya. Hih!

Bayarnya mahal banget, tapi biasanya sebanding dengan fasilitas yang didapat sih~

Ilustrasi bangunan sekolah swasta / Credit: Pexels Meliani Driss

Nggak dimungkiri lagi kalau biaya pembayaran sekolah negeri dengan sekolah swasta memang biasanya jauh lebih mahal sekolah swasta. Ibaratnya, biaya satu semester di sekolahan swasta kadang bisa untuk membayar di sekolah negeri sampai lulus. Hal kayak gini nih yang bikin orang tua kita pusing banget tiap mau bayar SPP. Tapi mau gimana lagi, mau nggak mau juga harus tetap dibayar. Meski begitu, fasilitas di sekolah swasta biasanya juga jauh lebih banyak dibandingkan sekolah negeri. Wajar lah~

Advertisement

Tapi, teman-temannya biasanya sih lebih beragam latar belakangnya

Temannya lebih beragam / Credit: Pintek via pintek.id

Ada susahnya, ada pula bahagianya. Bersekolah di sekolahan swasta membuat kita memiliki banyak teman dengan berbagai macam latar belakang. Mulai dari etnis hingga agama, semuanya benar-benar lengkap. Meski di sekolahan negeri pun ada juga, tapi keberagamannya memang jauh lebih banyak anak-anak sekolah swasta. Ini tantangan sekaligus kebahagiaan tersendiri, karena dengan begitu kita juga semakin paham kalau orang-orang yang ada di sekitar kita itu nggak cuma kayak kita-kita ini aja. Kamu juga bakalan semakin paham gimana perbedaan itu ada dan tercipta, dan bahkan mungkin sebelumnya belum pernah lihat dan rasakan sebelumnya. Ada yang bilang sih, kalau sikap toleransi anak sekolah swasta itu nggak perlu diragukan lagi.

Udah gitu kalau pas pensi enak banget, soalnya sering ngadain acara gede-gedean. Biasa, sekolah swasta terkenal banyak duitnya

Ilustrasi pensi / Credit: Infopensi via infopensi.com

Karena imagenya yang lebih mentereng dan lebih tajir dibandingkan dengan sekolah negeri pada umumnya, anak sekolah swasta seringkali punya kehebohannya tersendiri. Salah satunya yang bikin seneng adalah ketika mengadakan pensi sekolah. Kalau anak negeri biasanya cuma bisa mengundang band-band lokal daerah yang kecil-kecil, beda halnya dengan anak swasta yang sering ngundang band berskala nasional. Udah gitu kalau pensi nggak nanggung-nanggung pula. Terkadang bikin tenda dan panggung gede-gedean di sekolah, dan kadang juga menyewa tempat di luar sekolahan. Namanya juga anak swasta, memang terkenal karena banyak duitnya sih~

Meski begitu, nggak semua anak-anak sekolahan swasta kayak gitu juga kok. Ada lo, anak sekolah negeri yang tajirnya juga melebihi anak swasta, banyak pula yang lebih pinter, dan nggak sedikit pula sekolah negeri yang kalau mengadakan pensi bisa lebih gila dibandingkan anak-anak sekolah swasta. Tapi memang nggak dimungkiri lagi sih, kalau anak-anak yang bersekolah di sekolahan swasta pasti lekat dengan sederet hal di atas tadi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE