5 Hal Konyol dan Ngeselin yang Dirasakan Anak Warnet Generasi Awal. Pernah Gini juga Nggak?

Anak warnet generasi awal

Sebagai anak bandel, anak nakal, dan penuh dengan rasa penasaran di era tahun 2000-an pertengahan, tentu udah nggak asing lagi dengan masa-masa di mana warung internet (warnet) berjaya pada masa awal kemunculannya. Pada saat itu banyak orang rela menghabiskan waktunya untuk bermain internet di tempat tersebut, entah untuk mengerjakan tugas atau sekadar iseng aja buat mengenal teknologi. Maklum, zaman itu yang namanya jaringan internet belum masif kayak sekarang dan belum banyak internet rumahan seperti saat ini.

Advertisement

Bahkan nggak jarang juga sebagian orang di masa itu beli vocer internetan seharian penuh dan akhirnya sampai nginep di warnet juga. Konyol bangetlah pokoknya, kalau diingat-ingat kembali. Bagi kamu yang dulu udah pernah melewati momen-momen bersejarah tersebut, tentunya udah nggak asing lagi dong dengan deretan hal kocak, konyol, dan sekaligus ngeselin seperti yang ada di bawah ini? Yuk, bernostalgia!

1. Main ke warnet cuma buat melakukan hal-hal nggak berfaedah, kayak misalnya main mencocokkan nama pasangan biar tahu tingkat keserasiannya berapa persen. Ngapain sih? 🙁

Salah satu hal yang dulu sering banget dilakukan sebagian orang ketika ke warnet adalah aktivitas absurd yang satu ini. Alih-alih ngerjain tugas, mengunduh lagu atau film, tapi malah cuma main gim. Udah gitu, terkadang gimnya sama sekali nggak berfaedah pula. Lagian juga ngapain sih, kita dulu sempet-sempetnya iseng main gim mencocokkan nama pasangan, biar tahu seberapa persen tingkat keserasian kita dengan dia? Mau gimana lagi, namanya aja kaget sama teknologi pasti ada-ada aja kelakuannya.

2. Udah seneng ngambil gim di warnet, pas sampai rumah dibuka ternyata yang di-copy ke flashdisk cuma shortcut-nya aja 🙁

Selain itu, yang kerap terjadi khususnya pada bocil-bocil di masa itu adalah anggapan bahwa meng-copy fail gim hanya shortcut-nya aja sudah bisa dimainkan pada perangkat lain. Alhasil, ketika sampai rumah semua angan-angan untuk main gim sepuasnya seketika langsung pudar, lantaran fail yang di-copy sama sekali nggak bisa dibuka. Nggak cuma kurang kerjaan sih, kelakuan yang satu ini kalau diingat-ingat juga bikin malu sendiri. Masih gaptek banget, ya? Hahaha. 😀

Advertisement

3. Ditegur penjaga karena buka YouTube. Karena zaman segitu emang jaringan internet masih lelet banget, kalau ada satu orang yang buka YouTube, auto geger satu warnet 😀

Operator warnet / Credit: Kaskus via www.kaskus.co.id

Yakin deh, dari sekian banyak yang membaca tulisan ini, pasti sebagian besar dari kita pernah ditegur sama penjaga atau operator warnet kala itu cuma gara-gara keseringan buka YouTube. Itu masih mending, yang lebih parah adalah ketika seluruh penghuni warnet tahu kamu lagi buka YouTube, nggak ada kompromi lagi pasti langsung dimusuhi habis-habisan.

Ingat sendirilah, ya, zaman segitu yang namanya jaringan internet masih terbatas banget. Kalau ada yang download atau buka YouTube pasti yang lain jadi terganggu.

4. Lagi asyik-asyik chatting di mIRC, keganggu berisiknya para bocil yang lagi main gim. Berasa warnet kayak medan tempur!

Kejadian yang satu ini memang bisa disebut sebagai salah satu hal yang paling ngeselin dan kerap terjadi di masa awal kejayaan warnet sih. Bayangin aja, kamu lagi enak-enak chatting sama gebetan, lagi mainan Friendster, tiba-tiba dari bilik sebelah kirimu teriak-teriak karena perkara gim—padahal gim semacam Zuma dll. lo. Nggak berhenti sampai di situ aja, biasanya pun bakal ada sahutan dari bilik lain yang bikin warnet berasa kayak medan tempur. Pusing!

Advertisement

5. Sering banget jadi pelaku atau korban aplikasi Netcut. Kalau ketahuan langsung dimusuhin seisi warnet

Aplikasi Netcut / Credit: Semuasukasaya via semuasukasaya.wordpress.com

Siapa pun yang pada zaman itu udah mengenal aplikasi Netcut, itu artinya dia adalah penguasa seluruh isi warnet di mana pun. Apalagi kalau isi warnet kebanyakan cuma bocah-bocah kecil, udah pasti gampang banget dikibulin. Bagi yang belum tahu, Netcut adalah aplikasi untuk memotong jaringan internet ke komputer lain sehingga kecepatan koneksinya masuk ke dalam komputermu semua. Nah, ini nih dulu yang sering banget jadi sumber keributan, terkadang jadi korban, tapi nggak jarang juga jadi pelakunya. 😀

Nggak nyangka, sekarang teknologi udah semaju sekarang ini, ya. Pantes aja, kalau mengingat masa-masa tersebut rasanya geli dan malu sendiri. Tapi, terkadang masa-masa itu bikin kangen juga sih, masa di mana warnet masih berjaya dan bikin kita selalu lupa jalan pulang ke rumah karena terlalu nyaman di depan monitornya yang masih berbentuk tabung itu. 😀

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE